• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang sehat adalah keinginan semua orang. Tidak hanya wanita, kulit wajah yang sehat juga meningkatkan rasa percaya diri pria. Namun, banyak gangguan pada kulit wajah yang bisa dialami pria maupun wanita, salah satunya adalah jerawat.

Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat

Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, jerawat adalah masalah kulit yang muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati atau sebum yang berlebih. Umumnya jerawat yang muncul sebabkan peradangan pada kulit, bintik gelap, dan terkadang menyebabkan rasa panas atau nyeri ketika disentuh.

Inilah Beberapa Penyebab Jerawat

Dikutip dari National Health Service UK, masalah jerawat pada kulit wajah sering dikaitkan dengan kondisi perubahan hormon. Hormon tertentu menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak atau sebum yang berlebih pada kulit wajah. Kelebihan sebum atau sebum yang abnormal mengubah aktivitas bakteri kulit yang biasanya tidak berbahaya menjadi agresif. Kondisi ini yang sebabkan peradangan dan munculnya jerawat pada kulit.

Pada wanita, kondisi ini umum terjadi ketika mengalami masa kehamilan atau menstruasi. Kedua kondisi ini sebabkan perubahan hormon pada tubuh. Selain itu, kurangnya menjaga kebersihan wajah juga menjadi faktor lain yang meningkatkan seseorang alami jerawat pada kulit wajah.

Baca juga: Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Ketahui Beberapa Cara Hilangkan Jerawat

Lakukan beberapa cara ini untuk menghilangkan jerawat yang membandel, yaitu:

  1. Rutin Bersihkan Wajah

Menurut American Academy of Dermatology, rutin membersihkan wajah sebanyak minimal 2 kali dalam sehari dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah jerawat yang kamu alami. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang cocok dengan jenis kulit kamu agar jerawat dapat segera diatasi.

Nah, untuk hasil yang maksimal, jangan lupa bersihkan wajah sesaat setelah kamu bangun tidur, ketika beristirahat dan setelah kamu terpapar polusi dari luar ruangan. Tidak hanya wajah, sebaiknya rutin bersihkan kasur, sprei, dan bantal agar kotoran yang menempel tidak menyebabkan jerawat di kemudian hari.

  1. Penggunaan Krim Antijerawat

Kamu dapat menggunakan krim antijerawat untuk mengatasi masalah jerawat yang kamu alami. Tidak ada salahnya ikuti petunjuk tim medis atau dokter untuk penggunaan krim antijerawat. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter kulit mengenai penggunaan krim antijerawat yang tepat untuk kondisi kulitmu.

  1. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Selain membersihkan kulit wajah secara rutin, kamu bisa mengatasi jerawat dengan perbanyak mengonsumsi air putih. Memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh setiap harinya dapat membuat kulit kamu terhidrasi dengan baik. Melansir dari Healthline, kulit yang kering memicu minyak berlebih yang meningkatkan risiko jerawat. Jadi, tidak ada salahnya perbanyak konsumsi air perhari, agar kulit terhidrasi dan jerawat dapat hilang dengan perlahan.

  1. Jaga Pola Makan

Menurut American Academy of Dermatology, ketika kamu memiliki kondisi kulit yang berjerawat sebaiknya hindari mengonsumsi dairy product. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, antioksidan terkandung pada beberapa sayuran yang memiliki warna cerah, seperti paprika, bayam, dan buah beri.

Selain menjaga pola makan, beberapa sayuran dan buah juga dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, seperti alpukat, lemon, tomat dan timun. Kandungan vitamin di dalamnya mampu mengatasi jerawat yang membandel.

Baca juga: 3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

  1. Kurangi Tingkat Stres

Tingkat stres yang berlebihan juga memicu munculnya jerawat pada kulit wajah. Tidak ada salahnya untuk lakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan agar kondisi stres yang dialami dapat diatasi dengan baik.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat juga berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Tidak hanya mengganggu kesehatan kulit, jerawat dapat membuat seseorang alami penurunan rasa percaya diri hingga depresi.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat yang mudah untuk dilakukan. Ingat, rawat kesehatan kulitmu tidak hanya dari luar namun juga dari dalam kulit.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2019. 10 Things To Try When Acne Won’t Clear
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2019. Acne Clinical Guideline
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2019. Acne Can Affect More Than Your Skin
National Institute of Arthtritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Diakses pada 2019. Acne
Healthline. Diakses pada 2019. Does Drinking Water Help with Acne
National Health Service UK. Diakses pada 2019. Acne