12 March 2018

5 Cara Hilangkan Jerawat

5 Cara Hilangkan Jerawat

Halodoc, Jakarta – Suka merasa gemas dengan jerawat bandel yang muncul dan ogah untuk minggat? Biasanya, menjelang menstruasi wanita mengalami jerawat yang bengkak, memerah dan meradang. Menurut data yang diperoleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, 65 persen wanita mengalami kondisi jerawat yang memburuk saat menstruasi.

Selain hormon, penyebab jerawat lainnya adalah debu, kotoran yang menempel di wajah dan males dibersihkan. Membiarkan makeup semalaman mengendap di wajah tanpa dibersihkan juga menyebabkan timbulnya jerawat. Selain juga menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit sehingga jadinya kulit wajah bukannya makin bagus tapi jadi iritasi.

Sebelum kamu cari tahu cara menghilangkan jerawat, ketahui dulu apa yang menjadi penyebab jerawat kamu muncul. Secara umum sih, kalau kamu mengalami jerawat bandel, ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kenyamanan kamu.

  1. Perawatan di Salon

Di era sekarang ini semakin banyak perawatan salon yang menawarkan penyembuhan jerawat secara efisien. Facial adalah salah satu jenis perawatan salon yang paling umum untuk kesehatan kulit wajah. Pada tipe perawatan ini, jerawat akan dirangsang keluar, kemudian dikeluarkan lalu diberikan antibiotik. Biasanya kulit wajah akan memerah, sedikit membengkak baru bagus kemudian setelah perawatan. Pastikan kamu melakukan perawatan di salon yang tepat dan higienis, ya. (Baca juga 6 Tips Perawatan Kulit di Malam Hari)

  1. Salep

Ada banyak salep antijerawat yang bisa kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit dan problem jerawatmu. Tipe-tipe jerawat bermacam-macam, ada yang komedo saja, jerawat batu, jerawat yang memerah, jerawat bernanah, jerawat yang kecil-kecil namun banyak dan menyebar di area kulit wajah dan lain-lain. Masing-masing tipe jerawat punya penanganan yang berbeda, ini juga yang menentukan salep seperti apa yang kamu butuhkan.

Untuk problem jerawat yang meradang dan tak sembuh-sembuh bisa kamu konsultasikan di Halodoc. Lewat fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol via Video /Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store!

  1. Menjaga Pola Makanan

Memerhatikan pola makan juga menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat. Coba kamu perhatikan, biasanya ketika mengonsumsi makanan apa jerawat akan muncul dan membandel? Beberapa orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap makanan tertentu. Ada yang biasa saja kalau makan cokelat tapi ada yang langsung bereaksi dahsyat melalui bentol-bentol di wajah. Biasanya sih makanan seperti cokelat, kacang, kulit ayam goreng sangat cepat merangsang munculnya jerawat.

Minum air kelapa murni setiap hari tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga bagus untuk kecantikan. Mencerahkan kulit, termasuk menghilangkan jerawat dan mengempiskan radang pembengkakan yang biasanya butuh waktu lama untuk mengatasinya.

  1. Rutin Membersihkan Wajah

Terutama buat kamu yang menggunakan transportasi umum, selalu basuh wajah setiap kali balik dari luar. Debu dan polusi menutup pori-pori wajah yang bila tidak dibersihkan akan menjadi cikal bakal jerawat. Membersihkan wajah sebelum tidur juga membuat pori-pori terbuka dan bernapas sehingga membantu regenerasi kulit.

  1. Pengobatan Alami

Selain pengobatan medis ada juga cara menghilangkan jerawat melalui natural, misalnya jeruk nipis, tomat dan lidah buaya. Caranya cukup sederhana, tinggal dioleskan saja ke bagian yang berjerawat semalaman baru dicuci bersih. Cara menghilangkan jerawat lainnya terutama meredakan radang jerawat adalah dengan mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat suam-suam kuku yang sebelumnya dibubuhi garam. Tapi perlu diingat, bahwa cara ini tidak cocok untuk semua pemilik jenis kulit. Pastikan dulu kalau kulit kamu tidak alergi, ya.