Kadar Paratiroid Turun, Penyebabnya 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kadar Paratiroid Turun, Penyebabnya 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya kondisi stres yang dapat menyebabkan seseorang alami depresi atau perubahan suasana hati yang begitu cepat. Kekurangan hormon paratiroid juga bisa sebabkan seseorang alami perubahan suasana hati yang begitu cepat. Selain itu, kekurangan hormon paratiroid juga mengakibatkan masalah pada ingatan.

Baca juga: Ini Efeknya Tubuh Kekurangan Paratiroid

Hormon paratiroid memiliki peran untuk menjaga keseimbangan kadar dua mineral yaitu kalsium dan fosfat. Hormon paratiroid diproduksi oleh kelenjar paratiroid di dalam tubuh. Ketika kelenjar paratiroid hanya memproduksi sedikit hormon paratiroid, kondisi ini dikenal dengan hipoparatiroid.

Ketahui Penyebab Seseorang Alami Hipoparatiroid

Umumnya, kondisi hipoparatiroid terjadi ketika kelenjar paratiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid yang memadai untuk tubuh. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami hipoparatiroid, seperti:

1. Memiliki Kelainan Genetik

Seseorang dapat mengalami hipoparatiroid karena faktor kelainan genetik. Kondisi ini menyebabkan seseorang lahir tanpa kelenjar paratiroid atau memiliki gangguan pada kelenjar paratiroid sejak lahir. 

2. Penyakit Autoimun

Seseorang yang alami penyakit autoimun sebabkan tubuh memproduksi sistem imun tubuh untuk melawan jaringan paratiroid yang dianggap sebagai benda asing pada tubuh.

3. Rendahnya Magnesium dalam Darah

Seseorang yang memiliki kadar magnesium rendah di dalam darah memengaruhi hormon paratiroid dalam tubuh. Hindari kondisi ini dengan tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Baca juga: Tidak Ingin Mengidap Hipoparatiroid? Cegah dengan 3 Cara Ini

4. Melakukan Pengobatan Radioterapi Kanker

Seseorang yang rutin melakukan pengobatan kanker dengan radioterapi berisiko tinggi alami gangguan hormon paratiroid, khususnya pengobatan radioterapi yang terfokus pada area wajah dan leher.

Gejala saat Alami Kondisi Hipoparatiroid

Sebaiknya perhatikan gejala yang muncul pada kondisi hipoparatiroid agar penanganan dapat dilakukan sejak dini. Pengobatan yang lebih cepat dilakukan mencegah komplikasi dan peluang pulih yang lebih besar.

Seseorang yang alami hipoparatiroid mengalami nyeri otot atau kram pada bagian otot wajah, kaki, perut, dan tungkai. Selain itu, mereka akan mengalami kondisi otot yang berkedut dan tegang pada beberapa area seperti mulut, tenggorokan, dan lengan. 

Depresi dan perubahan suasana hati yang disertai gangguan pada ingatan, kuku yang menjadi lebih kering, tubuh menjadi lemas dan kejang menjadi gejala lain dari kondisi hipoparatiroid. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda dari kondisi hipoparatiroid.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dapat mengalami kondisi hipoparatiroid dengan gejala seperti sakit kepala, muntah, dan mengalami masalah pada bagian giginya.

Baca juga: Ketahui Pemeriksaan untuk Mendiagnosis Hipoparatiroid

Komplikasi Hipoparatiroid

Pengobatan yang dilakukan untuk kondisi hipoparatiroid adalah menjaga kadar kalsium dan fosfor tetap normal. Konsumsi tablet kalsium karbonat dan mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hipoparatiroid.

Hipoparatiroid dapat mengakibatkan komplikasi jika tidak segera ditangani. Komplikasi yang dapat disebabkan oleh kondisi hipoparatiroid, seperti penurunan kesadaran, kejang, gangguan ginjal, aritmia atau gangguan detak jantung, gangguan pertumbuhan gigi, kesemutan pada area bibir, lidah serta jari tangan.

Hipoparatiroid dapat mengakibatkan komplikasi yang serius, seperti katarak, penumpukan kalsium pada otak yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, pada anak-anak, hipoparatiroid dapat sebabkan gangguan mental dan gangguan pertumbuhan yang sebabkan anak memiliki postur tubuh lebih pendek dibandingkan anak seusianya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Hypoparathyroidism
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hypoparathyroidism