26 June 2018

Terlalu Sering Berubah Pikiran? Jangan-Jangan Kena Penyakit Ini

terlalu sering berubah pikiran, perubahan suasana hati, gangguan mental

Halodoc, Jakarta – Membuat suasana nyaman untuk diri sendiri nyatanya sangat perlu dilakukan. Namun, terlalu sering berubah pikiran nyatanya membuat kamu akan semakin merasa bingung atau cemas. Tidak hanya diri kamu sendiri yang dibuat kewalahan dengan sikap terlalu sering berubah pikiran, orang-orang di sekitarmu tentu juga akan merasakan hal yang sama atau kesulitan ketika akan  membuat kesepakatan bersamamu.

Baca juga: Kenapa Harus Mencintai Diri Sendiri?

Sering Berubah Pikiran Bukan Gangguan Mental

Nyatanya, sikap ini bukanlah ciri dari gangguan mental. Sikap berubah pikiran ini tentu memiliki hubungannya dengan perubahan suasana hati. Namun tentu, sikap ini tidak hanya dipengaruhi oleh hormon saja. Sikap ini terjadi karena banyak hal yang memengaruhi diri kamu, seperti takut akan membuat keputusan yang salah, takut membuat keputusan yang tidak sesuai dengan lingkungan kamu, tidak tahu cara bersikap, dan yang paling parah adalah rasa tidak percaya diri yang kamu miliki sangat besar.

Tidak hanya itu, kurang tidur atau kurang istirahat juga akan membuat kamu tidak bisa membuat keputusan dengan baik, sehingga kamu akan terlalu sering mengubah pikiran kamu untuk suatu keputusan. Tidur adalah kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh kamu, karena pada saat tidur beberapa bagian tubuh kamu akan bekerja untuk memperbarui sistem kerja mereka. Tentu jika kamu kekurangan waktu tidur, kamu akan merasa kurang sehat dan tentu memengaruhi kamu dalam memutuskan sesuatu.

Beberapa Hal untuk Mengubah Sifat Sering Berubah Pikiran

  • Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah sifatmu yang satu ini. Kamu harus menyikapi setiap keputusan yang kamu buat dengan baik. Mulailah dengan tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi setelah keputusan dibuat. Lakukanlah sesuai dengan keinginan kamu dan jangan lupa untuk terus memupuk rasa percaya diri kamu. Kamu bisa berlatih untuk membuat keputusan dari hal-hal kecil di kehidupan kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  • Lakukan Semua Keputusan dengan Gembira

Perasaan yang gembira tentu akan membuat kamu merasa percaya diri. Tersenyumlah saat kamu akan menjalani keputusan yang telah kamu buat, karena dengan tersenyum tentu kamu akan dihindari beberapa perasaan yang membuat kamu tidak percaya diri. Dengan gembira atau tersenyum, kamu tidak hanya menunjukan ekspresi wajah saja, tetapi juga melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kamu merasa lebih baik.

  • Berikan Masukan Positif

Berikan masukan dan kata-kata positif yang dapat membantumu untuk mengatasi masalah kepercayaan diri. Memiliki suatu keputusan tentu lebih baik dibandingkan kamu hanya bernegosiasi dengan dirimu sendiri tanpa ada keputusan yang jelas.

Baca juga: Moody Ibu Hamil yang Paling Aneh dan Cara Mengatasinya

Rasa cemas dan stres berlebihan juga dapat membuat kamu terlalu sering mengubah pikiran kamu. Sebaiknya jika kamu mengalami hal ini lebih dari dua bulan, kamu bisa berkonsultasi pada psikiater atau dokter untuk bertanya lebih lanjut mengenai keluhan kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mengetahui jawaban atas keluhan kamu. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa langsung bertanya pada dokter ahli melalui Voice/ Video Call atau Chat untuk langsung mendapatkan jawaban. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui aplikasi App Store atau Google Play!