30 May 2017

Kenali 5 Penyebab Kambuhnya Asma

Kenali 5 Penyebab Kambuhnya Asma

Halodoc, Jakarta - Asma merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya peningkatan respon terhadap saluran napas yang ditandai dengan adanya penyempitan saluran napas dan keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran napas yang menimbulkan mengi, bengek, gejala batuk, dan sesak. 

Asma merupakan penyakit turunan, bukan menular. Jadi, jika seseorang memiliki keluarga dengan riwayat asma, maka Anda pun memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengidap asma juga. Misalnya  salah satu dari orang tua Anda memiliki penyakit asma ada kemungkinan besar, Anda bisa juga mengidap penyakit asma.

Penyakit asma bisa kambuh kapan saja dengan menunjukkan tanda secara tiba-tiba atau perlahan-lahan. Supaya asma tidak kambuh, ada baiknya pengidap menjauhi 5 hal yang bisa menjadi pendorong asma kambuh, seperti yang diuraikan di bawah ini.

Faktor Makanan
Penyebab kambuhnya asma bisa dilatarbelakangi oleh makanan seperti junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, coklat, dan kacang yang mengandung alergen, atau minuman dingin.

Faktor Emosional
Ketidakstabilan emosi yang disebabkan oleh adanya masalah tertentu bisa menjadi penyebab kambuhnya asma. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan beban pikiran dan tekanan mental seseorang terganggu.

Faktor Lingkungan
Asma bisa muncul karena pengaruh lingkungan yang kotor seperti adanya asap dan debu. Pengaruh asap kendaraan, asap rokok, dan debu juga menjadi faktor penyebab asma. Sebaiknya terapkan pola hidup sehat dengan cara bersihkan rumah sesering mungkin agar debu tidak terhirup saat Anda bernapas. Tak lupa untuk menjauhkan diri dengan benda-benda pencetus alergi misalnya bantal atau boneka berbulu halus serta kasur berbahan kapuk yang dapat menjadi tempat berkumpulnya debu.

Udara Dingin
Penyebab kambuhnya asma lainnya adalah penyakit asma bisa makin parah jika pengidap berada di ruangan dingin atau daerah di pegunungan yang memiliki suhu udara dingin.

Flu
Penyakit flu bisa menyebabkan produksi lendir di sekitar saluran pernapasan menjadi banyak. Tentunya kondisi ini bisa memicu terhambatnya saluran pernapasan, akibatnya pengidap asma akan mengalami sesak napas.

Agar penyakit asma tidak kambuh, sebaiknya pengidapmencari tahu dan memahami apa saja yang menjadi penyebab kambuhnya asma. Mulai dari kondisi kesehatan, makanan hingga benda-benda yang bisa memicu asma kambuh harus diketahui penderita. Kemungkinan serangan asma bisa kambuh setelah berkunjung ke pantai, mengonsumsi makanan tertentu, atau datang mengunjungi keluarga yang memiliki peliharaan anjing.

Saat asma atau penyakit lainnya menyerang, ada saja orang yang tak bisa dengan mudah dan cepat pergi ke dokter untuk memeriksakan diri atau mendapatkan tindakan medis dari dokter karena berbagai alasan. Misalnya tidak bisa pergi ke rumah sakit tanpa adanya pendamping, jauhnya jarak dari rumah ke rumah sakit, atau masalah jalanan yang macet.

Berdasarkan dari beberapa kendala mendapatkan penanganan medis  yang mungkin saja terjadi akibat alasan di atas, oleh karena itu, Halodoc sebagai aplikasi berbasis online hadir untuk memberikan layanan kesehatan. Halodoc platform yang menjadi penghubung antara dokter dengan pengguna, dengan cara komunikasi tatap muka langsung dengan chatvideo call/voice  dari gadget Anda. Caranya Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Halodoc di Google Play untuk pengguna android dan App Store.

Sebelum para dokter yang ada di Halodoc berkomunikasi dengan para pengguna, para dokter harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Halodoc. Dokter yang ada di Halodoc adalah dokter yang udah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia/IDI dan Konsil Kedokteran Indonesia/KKI. Jumlah dokter yang telah praktik di Halodoc sudah lebih dari ribuan dokter di seluruh Indonesia. Untuk biaya diskusi dengan dokter, biasanya dokter yang menentukan nominal jumlah tarif per telepon. Di Halodoc juga melayani pesan obat dan vitamin dan bisa langsung diantarkan dalam waktu kurang dari satu jam. Pembayarannya pun boleh cash on delivery. Layanan khusus obat ini sangat aman untuk digunakan pembeli. Jadi Anda tak perlu khawatir.