Kenali 7 Makanan Sehat untuk Mencegah Xerophthalmia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kenali 7 Makanan Sehat untuk Mencegah Xerophthalmia

Halodoc, Jakarta – Menjalani pola  makan yang sehat menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit, salah satunya adalah xerophthalmia. Xerophthalmia adalah gangguan pada mata yang menyebabkan mata terasa kering. Tentu jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan permanen pada mata.

Baca juga: Ikuti Tips Ini untuk Mengobati Xerophthalmia

Kekurangan vitamin A atau retinol pada tubuh menjadi salah satu penyebab seseorang alami penyakit xerophthalmia. Padahal, banyak manfaat yang dirasakan dengan memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memiliki fungsi untuk memberikan nutrisi pada bagian lain dari mata, seperti kornea.

Ketahui Pengobatan Xerophthalmia

Penanganan kondisi xerophthalmia harus dilakukan agar kondisi ini tidak semakin memburuk. Penanganan yang dilakukan juga disesuaikan dengan gejala dan kondisi yang dialami oleh pengidap xerophthalmia.

Pengidap xerophthalmia umumnya mengalami gejala yang ditandai dengan mengeringnya bagian mata. Tidak hanya itu, xerophthalmia menyebabkan pandangan menjadi kabur, mata terasa cepat lelah, nyeri pada bagian mata, kelopak mata menjadi tebal, dan penurunan ketajaman pada penglihatan.

Jika kondisi ini dibiarkan, pengidap xerophthalmia memiliki batasan penglihatan dalam cahaya gelap bahkan pengidap tidak akan mampu melihat dalam kondisi cahaya yang redup. Tidak hanya itu, pada bagian mata muncul bercak bitot dan tukak kornea. Sebaiknya segera atasi kondisi xerophthalmia agar kondisi ini tidak menyebabkan kebutaan. Segera periksakan kondisi mata pada rumah sakit terdekat dan lakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan mata yang dialami.

Umumnya, xerophthalmia paling rentan dialami oleh anak-anak dan wanita hamil. Selain itu, orang-orang yang sulit untuk mencerna vitamin A juga rentan alami xerophthalmia, seperti pada pengidap penyakit celiac dan seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa mengistirahatkan mata, menghindari ruangan yang memiliki suhu kering hingga penggunaan obat-obatan. Selain itu, kamu juga penuhi vitamin A retinol yang dibutuhkan oleh mata agar kondisi ini dapat segera membaik.

Baca juga: Metode Pengobatan untuk Menyembuhkan Xerophthalmia

Makanan yang Baik untuk Pengidap Xerophthalmia

Namun, sebelum kamu mengalami kondisi xerophthalmia, penuhi kebutuhan vitamin A retinol sebagai pencegahan penyakit ini. Namun jangan asal mengonsumsi vitamin A, ketahui jenis-jenis vitamin A yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah penyakit xerophthalmia.

Vitamin A merupakan kandungan vitamin yang dapat larut dalam lemak. Tentu vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga kualitas penglihatan dan juga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A memiliki dua jenis yang berbeda, vitamin A yang berasal dari hewani dikenal sebagai retinol dan vitamin A yang berasal dari nabati dikenal sebagai beta karoten.

Tentu, untuk mencegah penyakit xerophthalmia kamu membutuhkan banyak vitamin A retinol yang berasal dari hewani. Ketahui makanan yang bisa bantu kamu untuk hindari penyakit xerophthalmia, seperti:

  1. Ikan;

  2. Keju;

  3. Hati sapi;

  4. Udang;

  5. Susu;

  6. Telur;

  7. Mentega.

Baca juga: Waspada, Kekurangan Vitamin A Picu Xerophthalmia

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui makanan yang menjadi sumber vitamin A beta karoten yang berasal dari nabati, seperti wortel, ubi jalar, kangkung, brokoli, paprika merah dan juga bayam. Konsumsi beberapa makanan tersebut dalam keadaan segar. Makanan yang dibekukan memengaruhi kualitas beta karoten dalam makanan tersebut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Foods High in Vitamin A
Medical News Today. Diakses pada 2019. Which Foods Are Rich in Vitamin A
Healthline. Diakses pada 2019. Xerophthalmia