• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kencangkan Payudara Secara Alami, Lakukan Cara Ini

Kencangkan Payudara Secara Alami, Lakukan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Selain rambut sebagai mahkota, payudara menjadi salah satu aset wanita yang tidak tergantikan. Meski tertutup, bagian tubuh ini tetap harus dijaga dan dirawat agar selalu tampak kencang dan tetap mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk para lelaki. Pasalnya, payudara kendur bukan lagi menjadi masalah baru, dan ini terjadi karena banyak hal tanpa disadari. 

Ketika wanita hamil, perubahan hormon akan membuat berat badan bertambah, begitu pula dengan ukuran payudara. Setelah melahirkan, tubuh akan kembali kurus, sehingga payudara rentan mengendur. Pertambahan usia juga dapat membuat ligamen dinding menjadi lebih lemah dan mengurangi elastisitas serta kekencangan pada payudara. 

Cara Mudah Kembalikan Kekencangan Payudara Secara Alami

Tidak perlu lagi khawatir, karena ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengembalikan elastisitas dan kekencangan payudara. Berikut ini di antaranya:

  • Yoga

Olahraga satu ini tidak hanya baik untuk kesehatan jiwa dan pikiran, tetapi juga membuat fisik menjadi terlihat lebih sempurna. Ada banyak pose dalam yoga yang membantu mengembalikan kekencangan payudara, terutama yang berfokus pada otot dada. Yoga adalah bentuk latihan yang baik jika kamu ingin mengencangkan otot dada dan payudara. 

Baca juga: Payudara Wanita Kencang, 8 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

  • Memijat Payudara

Memijat payudara juga membantu membuat payudara menjadi lebih kencang. Selama 15 menit setiap hari, berikan pijatan pada payudara dengan gerakan ke atas. Pijatan meningkatkan sirkulasi payudara, sehingga otot menjadi lebih kuat dan jaringan ikat yang lebih baik untuk menopangnya. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak almond. Pijat searah dan berlawanan arah dengan jarum jam untuk mendapatkan hasil payudara wanita kencang yang lebih maksimal. 

  • Jaga Pola Makan

Saat membicarakan tentang cara membuat payudara kencang secara alami, nutrisi menjadi hal yang penting. Payudara akan terangkat oleh otot bagian atas dan bawah. Apabila kamu mendapatkan asupan protein yang cukup, otot menjadi lebih kuat. Begitu pula jika kamu mendapatkan asupan kalsium, mineral, dan vitamin yang cukup. Jangan lupa, hindari mengonsumsi kafein terlalu banyak dan tidak merokok. 

Baca juga: Tidak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Bikin Payudara Kencang

  • Gunakan Bra yang Tepat

Ketika berolahraga, kamu harus mengenakan bra yang tepat, karena bisa membantu mencegah peregangan ligamen ketika berolahraga. Apabila kamu memiliki bentuk payudara yang besar, kenakan bra dengan tali yang lebih lebar. Bra harus pas di bagian dada untuk menyokong payudara dengan baik, jadi segera ganti dengan yang baru apabila bra kamu telah mengendur. 

  • Menggunakan Masker

Tidak hanya wajah, masker pun bisa membantu mengencangkan payudara. Kamu bisa menggunakan campuran minyak vitamin dan telur atau kombinasi antara telur dan mentimun. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil payudara kencang yang lebih maksimal. 

Baca juga: Bra Terlalu Ketat Sebabkan Kista Payudara, Benarkah?

Namun, kalau kamu ingin mendapatkan payudara yang kencang lebih instan, kamu bisa menggunakan bantuan medis. Namun, bicarakan terlebih dahulu pada dokter, sehingga kamu mendapatkan solusi terbaik dari pakar yang tepat. Gunakan aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya jawab dengan dokter ahli dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi ini. 

Referensi: 
Med-Health. Diakses pada 2020. Wanna Tight Breast? 8 Natural Ways to Help You!
Livestrong. Diakses pada 2020. Can You Tighten Sagging Breasts with Exercise?
Healthline. Diakses pada 2020. Natural and Home Remedies for Sagging Breasts.