Cek Hitung Eosinofil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Cek Hitung Eosinofil?

Sel darah putih merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel ini berperan dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan parasit. Tubuh memiliki lima jenis sel darah putih yang semuanya dihasilkan oleh sumsum tulang. Setiap sel darah putih tersebut dapat hidup dalam waktu mulai dari beberapa jam, hingga beberapa hari dalam aliran darah.

Nah, eosinofil adalah sejenis sel darah putih. Eosinofil disimpan dalam jaringan di seluruh tubuh dan dapat bertahan hingga beberapa minggu. Ada dua peran penting eosinofil dalam sistem kekebalan tubuh. Yang pertama, eosinofil menghancurkan kuman yang menyerang tubuh, seperti virus, bakteri, atau parasit, contohnya cacing tambang. 

Selain itu, eosinofil juga memiliki peran dalam respon inflamasi, terutama jika alergi terlibat. Peradangan sebenarnya bisa memberi dampak baik maupun buruk. Peradangan membantu mengisolasi dan mengendalikan respon imun di lokasi infeksi, tetapi menimbulkan efek samping berupa kerusakan jaringan di sekitarnya. Alergi adalah respons imun yang sering melibatkan peradangan kronis. Eosinofil memainkan peran penting dalam peradangan yang terkait dengan alergi, eksim, dan asma.

Cek hitung eosinofil adalah tes darah yang mengukur jumlah eosinofil dalam tubuh pasien. Kadar eosinofil abnormal sering ditemukan dalam tes hitung darah lengkap rutin.

 

Mengapa Melakukan Cek Hitung Eosinofil?

Dengan mengetahui jumlah dan jenis setiap sel darah putih yang ada di dalam tubuh, dokter bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan pasien. Hal ini karena peningkatan kadar sel darah putih dalam darah dapat menjadi indikator bahwa pasien memiliki penyakit atau infeksi tertentu. Peningkatan kadar sering berarti tubuhnya mengirimkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi.

Baca juga: Dampak Kelebihan Sel Darah Putih dalam Tubuh

 

Kapan Harus Melakukan Cek Hitung Eosinofil?

Dokter mungkin menemukan kadar eosinofil abnormal ketika diferensial hitung darah putih dilakukan. Tes diferensial hitung darah putih sering dilakukan bersamaan dengan hitung darah lengkap (CBC) dan menentukan persentase masing-masing jenis sel darah putih yang ada dalam darah. Tes ini akan menunjukkan apakah memiliki jumlah sel darah putih abnormal yang tinggi atau rendah. Perlu diketahui, jumlah sel darah putih dapat bervariasi tergantung pada penyakit apa yang dimiliki. Bila dari hasil tes diferensial hitung darah putih, didapati bahwa pasien memiliki kadar eosinofil yang tidak normal, maka dokter dapat menganjurkan cek hitung eosinofil.

Pasien mungkin saja memiliki hasil tes darah eosinofil yang tidak normal bila ia menunjukkan gejala seperti:

  • Sindrom Cushing, yang merupakan kelainan hormon.

  • Sindrom hipereosinofilik akut, yang menyebabkan kerusakan organ.

Dokter juga biasanya akan menganjurkan cek hitung eosinofil bila dicurigai adanya penyakit atau kondisi tertentu, seperti:

  • Reaksi alergi yang ekstrem.

  • Reaksi obat.

  • Infeksi parasit tertentu.

Baca juga: Alami Alergi Obat, Inilah yang Terjadi pada Tubuh

 

Bagaimana Melakukan Cek Hitung Eosinofil?

Bila dokter ingin mengetahui jumlah eosinofil absolut, pasien perlu menjalani tes darah. Selama tes, seorang petugas kesehatan akan memasukkan jarum ke salah satu pembuluh darah dan mengambil darah pasien. Setelah sampel darah dikirimkan ke laboratorium, seorang teknisi akan menambahkan cairan khusus pada sampel darah pasien. Hal ini memungkinkannya untuk melihat eosinofil dan menghitung berapa banyak jumlahnya dalam setiap 100 sel. Kemudian, teknisi akan mengalikan persentase itu dengan jumlah sel darah putih untuk mendapatkan jumlah eosinofil absolut pasien.

Baca juga: Begini Cara untuk Diagnosis Leukositosis

 

Di mana Melakukan Cek Hitung Eosinofil?

Cek hitung eosinofil bisa dilakukan di fasilitas kesehatan mana saja, mulai dari klinik atau puskesmas, rumah sakit, bagian unit gawat darurat (UGD), sampai laboratorium kesehatan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Eosinophil Count: What It Is and What It Means.
WebMD. Diakses pada 2020. Eosinophils and Eosinophil Count Test.