• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Vaksin Campak/Rubella/Gondongan
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
vaksin-campak-rubella-gondongan-halodocvaksin-campak-rubella-gondongan-halodoc

Pengertian Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Vaksin campak, rubella, gondongan atau disebut juga vaksin MMR mengandung gabungan dari tiga virus penyebab penyakit tersebut yang sebelumnya sudah dilemahkan. 

Selain memberikan perlindungan dari penyakit gondongan, campak, dan rubella, vaksin yang kini telah mengalami perkembangan menjadi MMRV juga memberikan perlindungan terhadap penyakit cacar air. Pemberian vaksin campak dan rubella atau MR sendiri di Indonesia masuk dalam imunisasi wajib untuk bayi berusia 9 bulan. 

Ini karena pemerintah mengutamakan pencegahan penyakit rubella dan campak yang bisa berujung pada komplikasi yang serius dan berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Inilah mengapa, anak yang sudah mendapatkan vaksin MMR tetap disarankan untuk mendapatkan vaksin MR. 

Tujuan Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Tujuan pemberian vaksin yang berisi virus yang sudah dilemahkan ini adalah membantu merangsang sistem imunitas tubuh, untuk membuat antibodi yang efektif untuk melawan penyakit campak, rubella, dan gondongan yang berbahaya. 

Manfaat Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Selain memberikan perlindungan pada tubuh anak dari tiga jenis penyakit berbahaya tersebut, pemberian vaksin MMR juga bermanfaat untuk melindungi orang-orang yang tidak dapat diberikan vaksin ini. Misalnya, pengidap TBC, ibu hamil, kelompok orang yang memiliki reaksi alergi terhadap vaksin, atau kelompok orang dengan kelainan kekebalan tubuh. 

Kapan Harus Melakukan Vaksin Campak/Rubella/Gondongan?

Vaksin MMR bisa diberikan melalui program imunisasi anak. Dosis pertama biasanya diberikan ketika anak memasuki usia 12 sampai 15 bulan. Lalu, dosis kedua diberikan ketika anak masuk pada usia 4 sampai 6 tahun. 

Apabila anak baru menerima satu dosis vaksin campak, rubella, dan gondongan, bukan tidak mungkin tubuhnya tidak mendapatkan perlindungan penuh dari risiko ketiga penyakit tersebut. Selain itu, vaksin MMR juga disarankan untuk dilakukan pada orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin MMR atau baru menerima satu dosis. 

Adapun jeda pemberian vaksin dosis 1 dan 2 untuk dewasa adalah satu bulan. Kelompok orang yang disarankan untuk melakukan vaksin MMR yaitu:

  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan.
  • Memiliki rencana untuk datang ke wilayah yang sedang atau pernah mengalami wabah penyakit campak.
  • Petugas atau tenaga kesehatan. 

Prosedur Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Vaksin campak, rubella, gondongan diberikan melalui jarum suntik pada jaringan lemak secara subkutan atau di bawah permukaan kulit. Bagi anak, suntikan biasanya diberikan pada paha, sedangkan bagi remaja dan dewasa, suntikan diberikan pada lengan atas. 

Vaksin diberikan dengan dosis sebanyak 0,5 mililiter untuk satu kali suntikan. Tahapannya adalah:

  • Dokter akan membersihkan bagian yang hendak disuntik memakai kapas yang sudah diberi alkohol. 
  • Selanjutnya, dokter akan menjepit area kulit yang hendak disuntik, lalu menyuntikkan vaksin MMR. 
  • Dokter akan kembali memberikan kain kasa yang sudah diberi alkohol pada area bekas suntikan, untuk mencegah terjadinya perdarahan. 

Tempat Melakukan Vaksin Campak/Rubella/Gondongan

Vaksin MMR dapat dilakukan di klinik kesehatan, rumah sakit, puskesmas atau posyandu. Pastikan untuk selalu mengecek buku jadwal vaksin anak sehingga tidak tertinggal saat pemberian vaksin tersebut. 

Jika memiliki pertanyaan seputar vaksin MMR atau penyakit yang berkaitan dengan vaksin tersebut, tanyakan pada dokter spesialis anak di aplikasi Halodoc. Cek APp Store atau Play Store untuk download aplikasi Halodoc

Referensi:
NHS. Diakses pada 2022. MMR (measles, mumps and rubella) vaccine.
CDC. Diakses pada 2022. Measles, Mumps, and Rubella (MMR) Vaccination: What Everyone Should Know.
Healthline. Diakses pada 2022. The Truth About the MMR Vaccine.
MSD Mannuals. Diakses pada 2022. Immunization. Measles, Mumps, and Rubella (MMR) Vaccine.