Ketahui 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Masturbasi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
masturbasi, kegiatan seksual

Halodoc, Jakarta - Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang menyehatkan dengan sedikit efek samping. Aktivitas ini umum dilakukan sebagian orang dan merupakan cara alami untuk melepaskan ketegangan seksual yang dirasakan. Banyak klaim aneh seputar masturbasi yang merajalela, salah satunya adanya seseorang bisa menjadi buta. Sebenarnya, ini yang terjadi pada tubuh saat masturbasi.

Meskipun memiliki efek samping yang sedikit, tetapi jika kegiatan seksual ini sering dilakukan, bisa saja merusak hubungan pribadi dengan pasangan. Meski begitu, kegiatan yang satu ini merupakan tindakan yang normal dan menyehatkan.

 

Baca juga: Sudah Tahu Dampak Negatif dari Masturbasi? Ini Dia Jawabannya!

 

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Masturbasi Dilakukan?

Kegiatan seksual yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Saat melakukannya, ini yang terjadi pada tubuh:

  1. Meringankan stres yang dirasakan. Dalam hal ini, masturbasi akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres dalam jumlah kecil. Hal ini dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  2. Kualitas tidur menjadi lebih baik. Dalam hal ini, masturbasi akan melepaskan sistem saraf yang tegang pada otak, sehingga tidur menjadi lebih nyenyang.

  3. Masturbasi akan mengeluarkan virus dan bakteri dari dalam rahim. Jika seseorang tengah mengidap infeksi saluran kemih, dengan aktivitas seksual yang satu ini, penyakit dapat mereda.

  4. Perasaan santai dan rileks setelahnya, sehingga suasana hati mengalami peningkatan.

  5. Memperkuat otot pelvis. Pada wanita, otot ini akan berkaitan dengan sistem reproduksi.

  6. Menghadirkan perasaan senang. Masturbasi layaknya bercinta dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin, yaitu hormon pembuat bahagia.

  7. Meningkatkan hubungan seksual pada pasangan. Masturbasi akan meningkatkan libido seseorang. Dalam hal ini, kamu dapat meningkatkan kualitas berhubungan seksual dengan pasangan.

Pasangan menikah yang berkomitmen untuk menunda kehamilan juga dapat melakukan cara ini untuk melepas ketegangan seksual dan hasrat berhubungan intim. Selain itu, cara yang satu ini akan menghindari dari infeksi menular seksual yang disebabkan oleh hubungan intim.

 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sering Masturbasi Bisa Kena Kanker Prostat

 

Kenali Mitos yang Beredar Seputar Masturbasi

Beberapa mitos yang beredar tentang masturbasi, tetapi kebenarannya tidak terbukti. Berikut ini 10 mitos yang kerap beredar seputar masturbasi:

  • Masturbasi tidak menyebabkan kebutaan.

  • Masturbasi tidak menyebabkan impotensi di kemudian hari.

  • Masturbasi tidak menyebabkan disfungsi ereksi.

  • Masturbasi tidak menyebabkan menyusutnya penis.

  • Masturbasi tidak menyebabkan bentuk penis berubah.

  • Masturbasi tidak menyebabkan penurunan jumlah sperma.

  • Masturbasi tidak menyebabkan infertilitas atau kemandulan pada wanita.

  • Masturbasi tidak menyebabkan gangguan kejiwaan pada pelakunya.

  • Masturbasi tidak menyebabkan kelemahan fisik pada pelakunya.

Bahkan, kegiatan seksual yang satu ini masih dilakukan oleh beberapa pria dan wanita yang telah melakukan pernikahan. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang menyenangkan. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat dan efek samping dari mastubasi, kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan sampai salah kaprah dan percaya dengan berita yang beredar di luaran, ya.

 

Baca juga: Sering Masturbasi Bisa Picu Kanker Testis, Benarkah?

 

Masturbasi merupakan cara yang sehat, alami, dan aman untuk menyenangkan diri sendiri. Masturbasi mungkin memiliki banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh. Jika dilakukan secara wajar, aktivitas seksual yang satu ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. Seseorang bebas menikmati kesenangan diri sendiri tanpa adanya rasa bersalah atau malu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Masturbation Effects on Your Health: Side Effects and Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Are there side effects to masturbation?