• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Pantangan yang Harus Ditaati Pengidap Asam Urat

Ketahui Pantangan yang Harus Ditaati Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Pantangan yang Harus Ditaati Pengidap Asam Urat

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam urat (gout) adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Supaya gejalanya tidak kambuh, kamu wajib menghindari pantangan asam urat, terutama makanan yang tinggi purin. Sebab jika tidak dihindari, asam urat bisa terjadi tiba-tiba dengan gejala yang sangat nyeri, bengkak, kemerahan, dan nyeri di satu atau lebih persendian, dan paling sering di jempol kaki. 

Parahnya, saat kamu mengabaikan pantangan asam urat, serangan asam urat bisa terjadi hingga membuatmu terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Berat selimut di atasnya saja bahkan bisa terasa tak tertahankan. 

Baca juga: 4 Jenis Gejala Artritis Gout yang Perlu Diketahui 

Pantangan Asam Urat

Meksi gejala asam urat bisa datang dan pergi, ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah serangan tiba-tiba, terutama dengan menghindari pantangannya. Salah satu pemicu terbesarnya adalah pola makan yang buruk, seperti yang tinggi zat purin.

Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi ia juga ditemukan dalam makanan tertentu. Diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Diet asam urat bukanlah obatnya, tapi ini bisa menurunkan risiko serangan asam urat berulang dan memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa makanan pantangan asam urat yang perlu kamu waspadai atau bahkan dihentikan konsumsinya sama sekali:

Gula

Gula seperti fruktosa nyatanya bisa meningkatkan kadar asam urat. Fruktosa bisa ditambahkan ke beberapa makanan dan ia dapat meningkatkan kadar asam urat serum. Menghindari atau membatasi makanan tinggi gula ini dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Beberapa buah secara alami mengandung fruktosa tinggi, tetapi tidak semua jenis buah harus dihindari. Hal yang sebaiknya dihindari adalah jus buah, karena biasanya mereka diberi pemanis tambahan lainnya. Minuman lainnya yang perlu dihindari adalah soda dan minuman kaleng yang manis.

Makanan Olahan dan Karbohidrat Olahan

Untuk membantu mencegah gejala asam urat, sebaiknya batasi makanan dan minuman yang diproses tinggi dan makanan tinggi karbohidrat olahan. Makanan ini misalnya permen, makanan yang dipanggang dan kue kering, keripik, kerupuk, biskuit, permen, soda, es krim, roti putih, dan beberapa makanan olahan. 

Makan makanan yang diproses dan karbohidrat olahan dalam jumlah sedang tidak hanya akan membantu asam urat, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Artritis Gout

Daging Merah dan Daging Organ

Daging merah dan jeroan mengandung purin yang tinggi dan makan makanan ini meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan risiko serangan asam urat. Jaga agar asupan daging merah dan jeroan dalam jumlah yang rendah. Sementara itu, ayam memiliki jumlah purin sedang, dan karena itu harus dimakan dalam jumlah sedang.

Ikan dan Makanan Laut

Pantangan asam urat selanjutnya adalah makanan laut tertentu, karena ia mengandung purin tinggi. Oleh karena itu, harus dihindari dengan makanan yang ramah asam urat. Makanan laut lainnya mengandung purin sedang dan harus dibatasi. 

Bir dan Minuman Keras

Konsumsi alkohol telah lama dikaitkan dengan asam urat. Oleh karena itu, alkohol masuk dalam daftar pantangan asam urat dan disarankan untuk dihindari jika kamu mengidap asam urat. 

Asupan alkohol yang sering diketahui menyebabkan hiperurisemia kronis, meningkatkan risiko serangan asam urat dan asam urat. Karena itu, disarankan untuk menghindari beberapa alkohol, seperti bir, sama sekali dan konsumsi yang lain, seperti anggur, hanya dalam jumlah sedang.

Baca juga: Ini Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Itulah beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Jika kamu masih ingin tahu lebih banyak pantangan lainnya, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran kesehatan untuk menghindarkanmu dari serangan asam urat. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter di Halodoc, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gout.
Very Well Health. Diakses pada 2021. What Foods to Avoid With Gout.