18 March 2019

Konsumsi 3 Makanan Ini Agar Fungsi Otak Tetap Terjaga

Konsumsi 3 Makanan Ini Agar Fungsi Otak Tetap Terjaga

Halodoc, Jakarta - Makanan yang kamu konsumsi dapat memberi dampak baik dan buruk bagi otak. Maka dari itu, terdapat beberapa makanan yang mempunyai dampak untuk menjaga fungsi otak. Makanan yang dikonsumsi dapat berdampak langsung pada kemampuan seseorang untuk berpikir, belajar, dan memasukkan ingatan ke memori.

Makanan untuk otak yang baik adalah yang sehat dan padat nutrisi, sehingga seseorang dapat merasakan lebih banyak energi. Disebutkan bahwa terdapat hubungan antara nutrisi tertentu terhadap peningkatan kinerja kognitif. Makanan yang sehat juga dapat melindungi sel-sel otak dari degenerasi yang dapat menurun sejalan dengan bertambahnya usia.

Selain itu, makanan yang sehat dapat menjaga fungsi otak dapat menunda onset atau mengurangi gejala dari kondisi, seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Otak membutuhkan sekitar 20 persen kalori pada tubuh, sehingga butuh banyak nutrisi untuk mempertahankan konsentrasi tiap hari saat beraktivitas.

Terdapat beberapa bahan makanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami demensia seperti pemanis buatan, daging olahan, atau roti tawar. Disebutkan bahwa pemanis buatan dapat menyebabkan resistensi insulin yang akhirnya menyebabkan degenerasi otak dan demensia. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan manis secara lebih teratur.

Daging olahan juga dapat menyebabkan demensia pada seseorang. Hal tersebut karena senyawa kimia karsinogenik di dalamnya dapat membahayakan otak, sehingga mengganggu memori seseorang. Setelah itu, roti tawar juga dapat sebabkan demensia, karena dapat membuat lonjakan gula darah, sehingga menyebabkan demensia di masa depan.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Tingkatkan Konsentrasi Otak

Makanan yang Dapat Menjaga Fungsi Otak

Terdapat beberapa makanan yang dapat menjaga fungsi otak, supaya otak tidak mengidap demensia dini. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat berguna untuk menjaga fungsi otak adalah:

  1. Ikan

Salah satu makanan yang dapat menjaga fungsi otak adalah ikan. Hal tersebut karena ikan mengandung omega-3 yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan omega-3 dapat membantu untuk membangun membran tiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak yang disebut neuron.

Selain itu, banyak mengonsumsi ikan yang membuat kadar omega-3 yang tinggi dapat meningkatkan aliran darah di otak. Omega-3 yang tinggi dapat memberi dampak pada kemampuan berpikir yang lebih baik. Beberapa ikan yang mengandung banyak kandungan omega-3, yaitu:

  • Ikan salmon.
  • Ikan tua.
  • Ikan kembung.
  • Ikan sarden.

Baca Juga: Kebiasaan Berjalan Kaki Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak

  1. Cokelat Hitam

Salah satu makanan yang dapat berguna untuk menjaga fungsi otak adalah cokelat hitam. Kandungan dari cokelat tersebut mengandung flavonoid yang berguna sebagai antioksidan. Hal tersebut sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penurunan kognitif yang berhubungan dengan usia dan penyakit otak, seperti demensia.

Flavonoid pada cokelat dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang berhubungan dengan memori. Dengan mengonsumsi cokelat hitam, otak kamu dapat mengalami peningkatan plastisitas otak yang sangat penting untuk faktor belajar dan memberikan manfaat lain pada otak.

  1. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik yang dapat meminimalisir penurunan kognitif sejalan dengan bertambahnya usia. Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat kamu konsumsi adalah kacang kenari, hazelnut, kacang almond, kacang mede, kacang tanah, biji wijen, dan selai kacang.

Baca Juga: Tips Untuk Tingkatkan Daya Ingat

Itulah beberapa makanan yang dapat berguna untuk menjaga fungsi otak. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal fungsi otak, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!