• Home
  • /
  • Konsumsi Yoghurt untuk Obat Sariawan, Seberapa Ampuh?

Konsumsi Yoghurt untuk Obat Sariawan, Seberapa Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Konsumsi Yoghurt untuk Obat Sariawan, Seberapa Ampuh?

Halodoc, Jakarta – Jika kamu mengalami sariawan, jangan anggap sepele kondisi ini. Sariawan dapat menyebabkan luka atau peradangan pada bibir maupun mulut yang menyebabkan pengidapnya mengalami kondisi yang tidak nyaman atau nyeri. Sariawan yang tidak diatasi dengan tepat dapat menyebabkan pengidapnya kesulitan makan, minum atau berbicara.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Meskipun penyakit sariawan tidak menular, segera atasi ini agar gejala yang kamu alami dapat berkurang. Cara untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengompres bagian sariawan. Yoghurt juga diketahui mampu mengatasi kondisi sariawan. Namun, seberapa efektif mengonsumsi yoghurt untuk mengatasi sariawan?

Benarkah Yoghurt Efektif untuk Sariawan?

Penyakit sariawan menjadi salah satu kondisi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya cedera pada bibir dan mulut akibat penggunaan kawat gigi, menyikat gigi terlalu kencang, kebiasan menggigit mulut dan lidah, mengunyah makanan terlalu keras, dan memiliki gangguan pada struktur gigi.

Dilansir dari Healthline, sariawan dapat disebabkan oleh faktor perubahan hormon, khususnya pada wanita yang sedang menstruasi dan menjalani masa kehamilan. Selain itu, mengalami gangguan tidur dan stres yang tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami sariawan.

Selain itu, sariawan dapat disebabkan oleh adanya infeksi akibat paparan virus, bakteri, dan juga jamur. Umumnya, pengobatan sariawan dilakukan secara mandiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Lalu, benarkah yoghurt dapat mengatasi sariawan secara efektif?

Dilansir dari Healthline, yoghurt menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sariawan. Hal ini disebabkan bakteri baik dalam yoghurt dapat mengatasi dan mencegah sariawan yang disebabkan oleh bakteri. 

Melansir dari Very Well Health, sebaiknya saat kamu mengalami kondisi sariawan tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang lembut dan tidak keras. Nah, yoghurt dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang memiliki tekstur lembut bagi pengidap sariawan.

Baca juga: Madu untuk Obat Sariawan, Seberapa Efektif?

Lakukan Ini Agar Sariawan Tidak Semakin Parah

Dilansir dari National Health Service UK, sariawan menjadi salah satu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Umumnya, sariawan pulih dalam waktu kurang dari 2 minggu. Namun, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter gigi jika kamu mengalami sariawan yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Jika kamu mengalami pembengkakan di sekitar sariawan, kemerahan, dan rasa nyeri menjadi lebih parah, lebih baik segera ke rumah sakit terdekat. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa sariawan mengalami infeksi dan perlu mendapatkan penanganan medis.

Jika kamu mengalami sariawan, lakukan cara ini agar sariawan dapat pulih dan terhindar dari gejala yang semakin parah, yaitu:

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi bagi tubuh disarankan untuk mempercepat proses pemulihan sariawan yang dialami.

  2. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi dan kamu terhindar dari mulut kering yang dapat memparah kondisi sariawan.

  3. Rajin membersihkan area mulut, seperti gigi dan lidah agar sariawan yang terdapat pada area mulut tidak terinfeksi oleh bakteri.

  4. Konsumsi makanan yang lembut dan hindari mengonsumsi makanan yang memiliki rasa dominan asin serta pedas.

  5. Lakukan sikat gigi secara perlahan dan gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Sariawan Bisa Menandai 6 Penyakit Ini

Itulah cara yang bisa dilakukan agar sariawan yang kamu alami tidak semakin parah. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan istirahat dan berhenti merokok untuk menghindari kondisi yang semakin parah.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Mouth Ulcers
Very Well Health. Diakses pada 2020. Non-Irritating Food for Mouth Sore Sufferers
Healthline. Diakses pada 2020. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Mouth Ulcers and How to Treat Them