• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Bopeng Bekas Cacar Air, Atasi dengan Cara Ini

Kulit Bopeng Bekas Cacar Air, Atasi dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sering kali, bentol-bentol cacar air membekas pada kulit dan membuat kulit menjadi menghitam. Tidak heran, bekas ini muncul sebagai dampak dari rasa gatal yang terjadi saat cacar air menyerang. Bagi pemilik kulit sensitif, tentu bekas cacar ini sukar dihilangkan. Alhasil, penampilan menjadi kurang maksimal dan membuat kamu jadi kurang percaya diri. 

Cara Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar Air

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena bopeng bekas cacar air bisa dihilangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

  • Baking Soda

Natrium bikarbonat atau kerap dikenal dengan istilah baking soda memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibakteri serta antiinflamasi. Tidak hanya menghilangkan bopeng bekas cacar air, bahan satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Penggunaannya tidak sulit, kamu hanya perlu membuat adonan baking soda dan mengoleskannya pada area bekas cacar air. 

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Wajah Mulus dan Cerah

  • Pepaya

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan tubuh, buah berwarna oranye ini ternyata juga memiliki manfaat sebagai penghilang bekas cacar air. Bahkan, pepaya berfungsi untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan membantu mengangkat sel kulit mati. Campurkan pepaya, susu, dan gula merah hingga membentuk adonan dan oleskan pada bekas cacar yang mengganggu. Mudah bukan?

  • Oatmeal

Bahan satu ini sering menjadi menu sarapan karena memiliki banyak nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun, ternyata masih ada lagi manfaat oatmeal lainnya, termasuk sangat baik untuk kulit sensitif, kulit yang rentan terserang eksim, dan alergi, serta membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, kandungan antiperadangan dan antioksidan pada oatmeal memang baik untuk membantu penyembuhan gangguan kesehatan pada kulit. 

Baca juga: Manfaat Retinol untuk Kecantikan Kulit, Ini Buktinya

  • Minyak Kelapa

Mengatasi bopeng bekas cacar air juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan satu ini memang direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit, karena kandungan asam lemaknya yang bekerja secara efektif dalam mengatasi kerusakan pada kulit, merangsang terbentuknya kolagen, dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Lidah Buaya

Begitu pula dengan lidah buaya, yang berperan aktif dalam melembapkan dan membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga terhindar dari masalah kulit kering. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan asam aminonya pun mampu menyembuhkan kulit, sehingga banyak dimanfaatkan untuk produk perawatan rambut dan kulit. 

  • Sari Lemon

Selain bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, kandungan vitamin C pada lemon juga baik untuk kesehatan kulit karena sifat antioksidannya yang membuat kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Kamu tidak perlu menggunakan bahan tambahan untuk mengatasi bopeng bekas cacar air dengan sari lemon, cukup oleskan sari buah ini pada area bekas cacar, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. 

Baca juga: Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah, Ini Tipsnya

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bopeng bekas cacar air yang mengganggu penampilan. Penggunaan bahan-bahan di atas dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda di kulit kamu. Jadi, sebaiknya tanyakan pada dokter tentang penanganan pada kulit bopeng bekas cacar air sesuai jenis kulit kamu. Tidak sulit, pakai saja aplikasi Halodoc, kapan saja berobat ke rumah sakit atau bertanya pada dokter ahli, bisa kok!



Referensi: 
Natural Remedy Ideas. Diakses pada 2020. 10 Natural DIY Remedies for Chicken Pox Scars.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Chickenpox Scar Removal: Treatments and Home Remedies.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Home Remedies for Chickenpox.