• Home
  • /
  • Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Halodoc, Jakarta - Menjalani diet agar tetap konsisten itu gampang-gampang susah. Kamu yang terbiasa dengan pola makan sebelumnya harus beradaptasi dengan pola makan yang baru. Kamu harus lebih selektif, tidak lagi bisa makan ini itu, tidak lagi bisa makan kapan pun kamu mau. Selain makanan utama, kamu harus pilih-pilih makanan ringan. Memang menggiurkan, tapi kalau kamu kebablasan, bisa-bisa diet pun gagal. 

Ini belum selesai. Kamu yang membatasi asupan makanan biasanya akan merasa lapar pada waktu yang tidak bersahabat, misalnya malam hari. Serba salah, kalau makan diet bisa gagal, tidak makan rasanya lapar sekali. Solusi pun datang, yaitu makan camilan. Namun, tidak sembarang, ini camilan sehat yang aman dikonsumsi tanpa bikin diet gagal. Apa saja?

  • Puding Rendah Lemak

Makanan ini aman dikonsumsi, asalkan kamu bisa membuatnya sendiri. Tentu saja dengan tidak menambahkan gula dan susu dalam takaran yang berlebihan, karena jelas menyumbang kenaikan berat badan paling signifikan. Supaya kamu kenyang kala menyantapnya, kamu bisa menambahkan topping buah-buahan. 

Baca juga: 6 Bahaya Ngemil di Malam Hari bagi Kesehatan

  • Sereal

Coba sediakan sereal di rumah. Makanan ini menjadi penyelamat ketika lapar kapan saja tanpa takut berat badan bertambah. Namun, sereal yang dikonsumsi juga tidak boleh asal, pilih yang memiliki kandungan serat tinggi dan rendah gula. Bukan tanpa alasan, serat membantu melancarkan pencernaan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

  • Yogurt

Yogurt yang paling baik dikonsumsi adalah tanpa rasa. Lebih sehat lagi kalau kamu mengonsumsinya bersama potongan buah-buahan. Camilan sehat ini bisa menjadi sumber kalsium yang baik dan tentu saja sangat bermanfaat. Kamu juga bisa menambahkan campuran bahan lain sesuai selera untuk menambah kenikmatannya. 

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang juga sangat baik dijadikan camilan sehat. Kacang almond, kacang mete, dan kacang tanah memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Lebih enak lagi, camilan ini sangat mudah dibawa-bawa dan ringan, serta bisa dikonsumsi kapan saja. Kalau kamu suka kacang kedelai dan edamame, ini juga bisa jadi pilihan yang baik. Di dalam satu cangkir edamame, mengandung 180 kalori dan 17 gram protein, magnesium, zat besi, dan asam folat. 

Baca juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

  • Biskuit

Tidak sembarang biskuit, jenis biskuit yang mengandung gandum utuh dan rendah lemak baik dijadikan sebagai camilan sehat. Kamu juga dapat menambahkan susu tanpa lemak, krim keju rendah lemak atau parutan keju untuk menambah cita rasanya. 

  • Popcorn

Punya waktu luang? Tidak ada salahnya membuat popcorn sendiri. Namun, pilih popcorn yang rendah lemak dan tidak memiliki kandungan rasa. Ketika membuatnya, kamu disarankan untuk tidak menambahkan mentega maupun karamel. Kalau kamu suka pedas, tambahkan sedikit bubuk cabe tidak jadi masalah. Popcorn yang tidak mengandung mentega atau gula kaya akan serat yang sangat baik untuk diet. 

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Itu tadi beberapa jenis camilan sehat yang bisa kamu konsumsi tanpa takut bikin gemuk ketika sedang diet. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa kok bertanya dulu pada dokter ahli gizi. Tidak perlu datang ke rumah sakit, kamu cukup pakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter dan ahli gizi tentang camilan sehat, bergizi, dan juga mengenyangkan. Mudah dan praktis, kan? 

Referensi: 
Health. Diakses pada 2020. Best Snacks for Weight Loss.
WebMD. Diakses pada 2020. 25 Super Snacks with 100 Calories or Less.
Healthline. Diakses pada 2020. 29 Healthy Snacks that Can Help You Lose Weight.