22 December 2017

Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Halodoc, Jakarta – Salah satu hal yang terberat ketika sedang menjalani program diet adalah menahan diri untuk tidak “ngemil”. Biasanya keinginan ngemil sedang kuat-kuatnya pada waktu sore hari. Rasanya mulut ingin mengunyah sesuatu, tapi takut berat badan jadi naik. Kamu ternyata tetap bisa ngemil lho tanpa perlu khawatir jadi gemuk. Tubuhmu akan tetap langsing jika ngemil beberapa makanan berikut.

“Ngemil” tidak selalu membuat tubuh gemuk. Sekarang ini sudah semakin banyak bermunculan makanan-makanan sehat yang tidak hanya kaya akan nutrisi untuk tubuh tapi juga tidak akan memengaruhi berat badanmu saat dikonsumsi. Berikut adalah makanan sehat yang sedang tren dan bisa kamu jadikan sebagai camilan saat sedang diet:

1. Acai Bowl

Acai bowl sering disebut juga dengan smoothie bowl karena terbuat dari smoothie yang padat tapi bertekstur lembut seperti es krim, dan dilengkapi dengan tambahan buah-buahan berry, kacang-kacangan, chia seeds dan oats. Semangkuk acai bowl ini sangat menyegarkan saat dikonsumsi dan juga bisa bikin perutmu kenyang. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung dalam acai bowl sangat sehat dan bernutrisi, serta pastinya tidak akan membuat berat badanmu bertambah. 

2. Granola

Camilan lainnya yang juga tidak menggemukkan adalah granola. Granola adalah campuran dari kacang-kacangan, oats, dan buah-buahan kering. Kamu bisa memakannya secara langsung, ditambahkan madu sebagai pemanis, atau bisa juga ditambahkan susu rendah lemak agar lebih mengenyangkan. Karena granola terdiri dari oat dan kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi, makanan ini pun bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaanmu dan membuatmu kenyang lebih lama, sehingga baik untuk kamu yang sedang diet.

3. Yoghurt

Yoghurt adalah camilan yang sangat baik untuk menjaga berat badan, karena rendah kalori dan dapat melancarkan pencernaan. Saat ini sudah terdapat berbagai macam pilihan yoghurt yang rasanya enak dan dilengkapi dengan buah-buahan. Tapi jika takut gemuk, pilihlah yoghurt yang plain yang bebas dari gula.

4. Keripik Sayur

"Ngemil" keripik merupakan "dosa besar" untuk kamu yang sedang diet, karena keripik mengandung garam, lemak dan kalori yang tinggi. Tapi keripik yang satu ini dapat kamu jadikan camilan tanpa harus merasa bersalah saat mengonsumsinya, yaitu keripik sayur-sayuran. Kamu bisa membuat keripik sayur ini sendiri agar kamu dapat mengurangi kadar garamnya dan mengganti minyak goring dengan olive oil yang lebih sehat. Atau kamu juga bisa membeli keripik sayuran yang sudah jadi, tapi pilihlah yang rendah kalori dan lemak. Beberapa pilihan sayuran yang dapat dijadikan keripik adalah bayam, kangkung, dan brokoli.

5. Agar-agar

Camilan yang satu ini terkenal akan kandungan seratnya yang sangat tinggi dan rendah kalori, sehingga merupakan camilan yang sangat baik untuk diet. Saat masuk ke dalam perut, agar-agar dapat menyerap lemak jenuh yang dibuang bersama ampas makanan, sehingga pencernaanmu pun menjadi lancar dan mencegah sembelit.

Diet tidak selalu harus menyiksa diri. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi tapi rendah kalori seperti di atas, kamu tetap bisa menikmati enaknya "ngemil". Jika kamu punya pertanyaan seputar diet dan nutrisi, jangan ragu untuk langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.