Lakukan 6 Hal Ini Agar Bau Kaki Hilang

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Lakukan 6 Hal Ini Agar Bau Kaki Hilang

Halodoc, Jakarta – Bau atau aroma tubuh seseorang berbeda-beda. Perhatikan beberapa bagian tubuh yang kadang mengeluarkan aroma yang cukup khas dengan menjaga kebersihan area tersebut, salah satunya adalah bagian kaki. Ada banyak penyebab yang membuat seseorang alami bau kaki, seperti keringat yang berlebihan pada bagian kaki, kaki yang tertutup dengan sepatu, kurang menjaga kebersihan area kaki atau adanya penyakit tertentu.

Baca juga: Aduh, Waspada Bau di 5 Bagian Tubuh Ini

Bau kaki yang dialami bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri. Jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan bau kaki atau bromodosis agar rasa percaya diri semakin meningkat. Ini ulasannya.

Cara yang Dilakukan untuk Hilangkan Bau Kaki

Meskipun kondisi bau kaki sangat umum terjadi, tidak ada salahnya mengatasi masalah ini agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Bromodosis bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Sebaiknya lakukan perawatan dengan rutin berikut ini:

  1. Bersihkan kaki dengan sabun antiseptik atau antijamur minimal satu kali dalam satu hari. Bersihkan kaki pada pagi hari atau setelah beraktivitas seharian. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki dengan baik setelah mencuci kaki. Pastikan sela-sela jari kaki juga kering. Kondisi sela jari kaki yang lembap meningkatkan risiko pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan kamu mengalami bau kaki.

  2. Tidak hanya kuku jari tangan, perhatikan juga kuku jari kaki untuk hindari kondisi bau kaki. Kuku kaki yang tidak terlalu panjang dan pendek lebih mudah untuk dibersihkan sehingga kamu terhindar dari kondisi bau kaki.

  3. Lakukan perawatan pada bagian kaki untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada pada area kaki. Menghilangkan sel kulit mati pada bagian kaki dapat membantu kamu untuk terhindar dari masalah bau kaki atau bromodosis.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

4. Hindari penggunaan sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut. Penggunaan sepatu yang sama dalam waktu yang cukup lama membuat sepatu menjadi lembap. Kondisi ini juga meningkatkan risiko bau kaki.

5. Pilihlah kaus kaki dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa untuk ganti kaus kaki setiap hari agar kelembapan kaki terjaga dan terhindar dari masalah bau kaki atau bromodosis.

6. Jika memungkinkan, pilihlah alas kaki yang tidak tertutup rapat agar kaki tidak berkeringat dan menjadi lembap.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara menghilangkan bau kaki yang tidak sedap, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter di mana saja dan kapan saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di smartphone, ya!

Gunakan Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Kaki

Bau kaki bukan masalah serius jika dapat segera diatasi dengan perawatan di rumah. Namun, jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami brodomosis yang disertai keringat berlebihan pada bagian kaki atau tubuh lain. Bisa jadi kondisi ini menjadi gejala dari adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Tidak ada salahnya mengetahui beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kaki, seperti rendaman air garam, cuka, rendaman baking soda untuk membantu mematikan bakteri yang berkembang pada kulit kaki dan rendaman air kopi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis)
NHS. Diakses pada 2019. How to Stop Smelly Feet