06 September 2018

Ini Alasan Pedicure Wajib Dilakukan

Pedicure, jari dan kuku, manfaat pedicure, perawatan kaki

Halodoc, Jakarta -  Keindahan dan kebersihan kuku wajib dijaga. Apalagi jika kamu sering bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Jari dan kuku yang terlihat bersinar akan memberikan kesan pertama yang baik.

Bukan hanya tangan saja yang perlu mendapatkan perawatan manicure, jari-jemari kaki pun wajib dirawat dengan pedicure. Marsha Bialo, seorang Manicurist Selebriti asal Los Angeles, mengatakan, "Ada dua alasan utama mengapa kaki harus mendapatkan pedicure. Yang pertama untuk membuat kaki bersih, dan yang kedua untuk mendapatkan jemari kaki yang seksi saat memakai sandal atau sepatu terbuka."

Ketika kamu pergi ke salon untuk memanjakan diri, biasanya pedicure tidak begitu penting untuk dilakukan. Kamu mungkin melewatkan perawatan kaki yang satu ini. Namun, tahukah kamu bahwa pedicure memiliki manfaat? Apa saja? Ini penjelasannya!

Manfaat Pedicure

1. Pedicure Mencegah Infeksi

Jika kamu tidak rutin menggunakan pelembap di kaki, pedicure merupakan salah satu cara ampuh untuk melembapkan kulit kaki. “Melembapkan kaki akan mencegah kulit pecah-pecah yang bisa menyebabkan infeksi,” ujar pakar penyakit kaki tersertifikasi Dr. Alan Bass.

2. Menghilangkan Kapalan

Pelembap ekstra juga bisa menghilangkan serta mencegah terjadinya kapalan. Memijat kaki dengan menggunakan losion berkhasiat untuk melembapkan telapak kaki yang rentan terkena kapalan.

3. Mendukung Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Banyak rumor yang menyebutkan bahwa pijat kaki bisa meningkatkan sirkulasi. Dr. Bass mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi secara tidak langsung, tetapi tetap efektif. Memijat kaki bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan memunculkan sensasi relaks yang menyenangkan bagi tubuh.

Penting untuk diketahui, di permukaan telapak kaki terdapat titik refleks yang dinamakan solar plexus. Solar plexus ini semacam titik yang berisi semua sumber stres dalam tubuh. Jika kamu rutin memijat atau melakukan refleksi pada kaki, kamu bisa membuang stres secara perlahan.

 

4. Baik untuk Persendian

Pedicure melibatkan kegiatan memijat dan merendam dalam air hangat. Kegiatan tersbeut nyatanya mampu mengurangi permasalahan pada persendian. Hal tersebut disebabkan karena pijatan pada kaki mampu mengurangi kekakuan pada persendian. Selain itu, merendam kaki pada air hangat juga mampu mengurangi tekanan dan rasa sakit pada persendian.

Tips Melakukan Perawatan di Rumah

Kalau kamu enggak punya cukup waktu untuk melakukan manicure dan pedicure di salon, perawatan kuku ini bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Alat-alatnya lebih terjamin, biayanya pun lebih murah.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa hal. Pertama, siapkan handuk berukuran sedang. Kemudian, siapkan juga baskom berukuran sedang untuk manicure dan baskom besar untuk pedicure. Jangan lupa juga untuk menyediakan minyak zaitun, garam, dan irisan lemon. Supaya hasilnya lebih maksimal, sediakan juga losion untuk perawatan tangan dan kaki, serta krim anti-jamur.

Selain peralatan yang telah disebutkan sebelumnya, ada baiknya kamu juga persiapkan peralatan manicure dan pedicure lainnya. Di antaranya adalah:

  1. Gunting kutikula untuk memotong lapisan kutikula yang timbul di bagian luar kuku.
  2. Gunting kuku. Siapkan dua ukuran, ukuran lebih kecil untuk manicure dan yang lebih besar untuk pedicure.
  3. Tweezer untuk mencabut bulu di sekitar jari.
  4. Alat kikir untuk membentuk kuku dan memperhalus ujung-ujung kuku.
  5. Nail Buffer untuk meningkatkan kilau alami pada kuku.
  6. Batu apung untuk mengangkat sel kulit mati pada kaki.
  7. Sikat untuk membersihkan daerah kuku pada kaki dan tangan.
  8. Sabun cair, sebaiknya pilih sabun bayi.
  9. Nail polish remover (aseton).
  10. Base coat untuk melapisi dan menguatkan kuku.
  11. Cat kuku.

Selain untuk kecantikan, pedicure juga penting untuk kesehatan. Dengan tips di atas, kamu bisa melakukan pedicure di rumah sambil bersantai dengan keluarga. Jika kamu mengalami masalah kesehatan lainnya, kamu bisa menanyakannya pada dokter di Halodoc. Dokter-dokter andalan akan selalu tersedia untuk menjawab pertanyaanmu kapan pun dan di mana pun. Jangan lupa untuk download aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: