• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Perawatan Tubuh Ini sebelum Tidur

Lakukan Perawatan Tubuh Ini sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Tentunya kulit yang indah dan sehat menjadi impian semua orang. Tidak hanya pada wajah, kamu perlu menjaga kesehatan kulit tubuh secara keseluruhan. Berbagai manfaat bisa dirasakan ketika memiliki kulit yang sehat, salah satunya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada kulit. Selain itu, kulit yang sehat dan bersinar akan meningkatkan rasa percaya diri dan memiliki penampilan yang terlihat segar.

Baca juga: Lakukan 7 Kebiasaan Baik ini Sebelum Tidur

Lakukan beberapa perawatan tubuh berikut ini sebelum tidur agar kulit selalu sehat. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan sebelum tidur, yaitu:

1. Bersihkan Wajah dengan Pembersih Wajah

Sebelum tidur, pastikan wajah sudah benar-benar bersih. Hindari membiarkan diri tertidur dengan wajah masih dalam keadaan kotor. Selain sisa kosmetik, paparan debu dan polusi yang tidak dibersihkan menyebabkan gangguan masalah kulit pada wanita maupun pria.

Jarang membersihkan wajah meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori wajah yang berisiko menyebabkan munculnya jerawat. Kulit yang berkeringat dan berminyak pun jika tidak dibersihkan rentan tingkatkan infeksi jamur pada kulit wajah.

2. Rutin Mandi

Setelah membersihkan wajah, mandi menjadi salah satu cara perawatan tubuh lainnya yang perlu dilakukan. Kamu dapat memilih untuk mandi dengan air hangat. Banyak manfaat yang dirasakan dengan mandi air hangat setelah berkegiatan selama satu hari penuh, seperti meningkatkan mood, menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri otot, dan meningkatkan kualitas tidur. Pilihlah sabun dengan wangi favorit agar manfaat mandi air hangat terasa lebih optimal. Jadi, mulai sekarang, jangan pernah lewatkan mandi setelah beraktivitas.

Baca juga: 6 Cara Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

3. Gunakan Pelembap

Jangan lupa gunakan pelembap wajah maupun tubuh sebelum kamu tidur. Gunakan pelembap pada wajah dan tubuh sebagai cara sederhana untuk merawat tubuh sebelum tidur. Melansir Everyday Health, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan pelembap pada tubuh, seperti melembapkan dan melembutkan kulit tubuh. Selain itu, pijatan yang kamu lakukan saat penggunaan pelembap pada tubuh memberikan relaksasi pada tubuh.

4. Gunakan Krim Mata

Menggunakan krim mata dengan gerakan memijat lembut pada area mata juga tidak kalah penting kamu lakukan sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tanda penuaan yang muncul pada area sekitar mata.

5. Konsumsi Segelas Air Putih

Tentunya kamu mengetahui manfaat dari mengonsumsi banyak air putih, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit. Sebaiknya, setiap hari kamu konsumsi segelas air putih sebelum tidur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan tidak kering. 

Itulah perawatan tubuh yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan tentunya untuk menjaga kesehatan kulit tubuh agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada kulit. Selain perawatan dari luar jangan lupa untuk konsumsi berbagai makanan sehat agar nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Makanan Sehat yang Dapat Dikonsumsi Sebelum Tidur

Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan seputar kesehatan kulit. Gunakan aplikasi Halodoc agar keluhan kesehatan yang dialami dapat segera diatasi dan tidak semakin memburuk.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2020. 6 Health Benefits of Taking Baths
Everyday Health. Diakses pada 2020. The 7 Body Lotion Benefits