Langit-Langit Mulut Membengkak, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Langit-Langit Mulut Membengkak, Apa Sebabnya?

Halodoc, Jakarta – Mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang kesehatannya perlu diperhatikan. Hampir sama dengan kesehatan gigi, mulut nyatanya dapat sebabkan berbagai gangguan kesehatan jika tidak dirawat dengan baik. Gangguan kesehatan yang muncul bahkan bisa sebabkan banyak gejala, salah satunya langit-langit mulut yang mengalami pembengkakan.

Baca juga: Infeksi Jamur di Mulut, Ini Faktor Risiko Candidiasis Oral

Banyak yang kurang memerhatikan bagian langit-langit mulut, padahal gangguan kesehatan ini dapat mengakibatkan kesulitan berbicara dan kesulitan menelan. Sebaiknya ketahui penyebab dan cara menanganinya berikut ini.

Penyebab Langit-Langit Mulut Alami Pembengkakan

Ada berbagai penyebab seseorang alami pembengkakan pada langit-langit mulut yang perlu diwaspadai, di antaranya adalah:

1. Trauma atau Iritasi

Mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif. Kondisi ini membuat mulut lebih mudah terluka atau mengalami iritasi. Salah satu bagian yang mudah iritasi adalah langit-langit mulut. Mengonsumsi makanan yang terlalu panas dapat mengiritasi bagian langit-langit mulut. Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu keras dapat sebabkan bagian langit-langit mulut alami trauma yang akhirnya mengakibatkan pembengkakan pada langit-langit mulut.

2. Dehidrasi

Kurangnya cairan dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat sebabkan dehidrasi. Dehidrasi membuat mulut menjadi kering dan akhirnya bisa sebabkan pembengkakan pada langit-langit mulut. Tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan cairan agar kamu terhindar dari kondisi dehidrasi.

3. Penyakit pada Mulut

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan seseorang alami pembengkakan pada bagian langit-langit mulut, seperti papiloma skuamosa, kista yang muncul pada bagian mukosa mulut, dan infeksi jamur.

Baca juga: 5 Gejala Kanker Mulut yang Diabaikan

Tidak ada salahnya untuk segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami rasa nyeri yang cukup mengganggu pada bagian langit-langit mulut yang alami pembengkakan. Apalagi jika kamu merasakan nyeri pada area mulut yang tidak kunjung membaik. 

Jika kondisi ini membuat kamu demam, kesulitan untuk menelan, dan muncul bercak-bercak putih pada bagian mulut segera periksa kondisi kesehatan kamu kepada dokter. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penyebab gejala yang kamu alami.

Sebaiknya jangan sepelekan pembengkakan langit-langit mulut yang disebabkan karena adanya penyakit atau infeksi jamur. Pengobatan disesuaikan dengan penyebab pembengkakan pada langit-langit mulut. Pengobatan yang tepat membuat kamu terhindar dari berbagai komplikasi yang mungkin menyerang.

Langit-Langit Mulut Membengkak, Ini Cara Mengatasinya

Pembengkakan pada langit-langit mulut yang disebabkan karena trauma, cedera atau mengonsumsi makanan yang terlalu panas dapat diatasi dengan cara yang sederhana seperti mengonsumsi air putih yang cukup dingin untuk membuat kondisi mulut menjadi membaik. Air dingin yang dikonsumsi berfungsi untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Baca juga: 5 Masalah Gigi dan Mulut yang Harus Segera Ditangani

Selain itu, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi es krim atau yogurt dingin. Kamu juga bisa mengganti pola makan untuk beberapa saat dengan menghindari makanan yang terlalu asin, panas dan juga makanan yang memiliki tekstur keras. Sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak terlebih dahulu agar kondisi pembengkakan pada mulut dapat mereda.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Treat a Burn on The Roof of Your Mouth
Healthline. Diakses pada 2019. Swelling on The Roof of Your Mouth: Causes and More
Prevention. Diakses pada 2019. 6 Ways To Treat A Burn On The Roof of Your Mouth