07 November 2018

Lebih banyak Diidap Pria, Inilah Penyakit Langka Polisitemia Vera

Lebih banyak Diidap Pria, Inilah Penyakit Langka Polisitemia Vera

Halodoc, Jakarta - Dari berbagai kanker dan gangguan darah yang banyak terjadi, polisitemia vera tergolong cukup langka. Ya, salah satu jenis kanker darah ini jarang sekali terjadi, dan biasanya lebih banyak menyerang pria, ketimbang wanita, dalam kelompok usia di atas 60 tahun. Sama seperti penyakit kanker lainnya, kondisi medis yang satu ini tidak boleh dianggap remeh dan harus mendapat penanganan segera. Jika tidak, polisitemia vera bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Penyakit ini terjadi ketika produksi sel darah merah terlalu banyak, sehingga melebihi jumlah normal. Pemicu utamanya karena adanya kesalahan pada mutasi gen yang mengakibatkan produksi sel darah melonjak naik. Normalnya, sel darah merah bertugas untuk membawa oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Nah, selain produksi sel darah merah dalam tubuh sangat banyak, polisitemia vera juga ternyata meningkatkan jumlah produksi trombosit. Kedua hal tersebut akan membentuk gumpalan yang membuat darah menjadi semakin mengental. Hal ini kemudian akan memperlambat laju aliran darah.

Lambat laun, aliran darah yang semakin melambat dapat memengaruhi pasokan oksigen yang sampai ke jantung, otak, serta organ vital lainnya. Bahkan ada risiko aliran darah dalam pembuluh darah terhenti.

Gejala yang Ditimbulkan

Polisitemia vera jarang menyebabkan gejala yang signifikan meski pengidap sudah mengalaminya selama bertahun-tahun. Jika ada indikasi yang dirasakan oleh pengidap, tanda-tanda tersebut umumnya berupa:

  • Mudah lemas dan lelah.

  • Pusing atau sakit kepala.

  • Pandangan kabur.

  • Mimisan dan muncul lebam di beberapa bagian kulit.

  • Keluar keringat yang berlebihan.

  • Sendi yang bengkak dan sakit akibat penyakit asam urat atau penyakit gout biasanya pada ibu jari kaki. Gout adalah salah satu jenis peradangan pada sendi.

  • Sensasi kebas, geli, lemas, atau perih pada tangan atau kaki.

  • Sulit bernapas, terutama saat berbaring.

  • Kulit berubah merah, khususnya pada wajah.

  • Perut bagian atas terasa kembung akibat limpa yang membengkak.

  • Gatal-gatal, terutama sehabis mandi air hangat.

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu merasakan gejala-gejala tersebut, terutama yang tidak kunjung membaik. Pemeriksaan dan pengobatan yang dilakukan sedini mungkin dapat mencegah berbagai komplikasi serius yang mungkin muncul, seperti serangan jantung, stroke, emboli paru, serta trombosis vena dalam.

Metode Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Polisitemia vera termasuk penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dijalani oleh pasien bertujuan mengurangi jumlah sel darah, mencegah komplikasi, serta menurunkan keparahan gejala.

Ada beberapa metode pengobatan yang umumnya akan dianjurkan oleh dokter. Langkah-langkah pengobatan tersebut meliputi:

  • Mengeluarkan darah. Cara Ini dilakukan dengan prosedur yang sama seperti saat mendonor darah dan merupakan langkah penanganan pertama yang umumnya dianjurkan oleh dokter.

  • Menurunkan produksi sel darah merah dengan obat-obatan. Contoh obat yang diberikan adalah interferon dan hydroxycarbamide.

  • Mencegah penggumpalan darah melalui pemberian obat, seperti aspirin berdosis rendah.

Selain menjalani pengobatan dari dokter, pengidap polisitemia vera juga bisa melakukan beberapa langkah sederhana di rumah, seperti:

  • Menerapkan gaya hidup yang sehat dan seimbang, seperti menjaga pola makan, memiliki berat badan yang sehat, rajin berolahraga, serta berhenti merokok.

  • Mengurangi gatal-gatal dengan mandi air dingin.

  • Menghindari luka dan infeksi dengan tidak menggaruk kulit yang gatal secara berlebihan.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyakit langka polisitemia vera. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal penyakit ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu 1 jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: