• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Terjadinya penurunan terhadap sel darah merah dalam tubuh biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi. Ini artinya, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup. Hemoglobin sendiri merupakan zat yang ada di dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Tidak heran jika kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh sangat mudah lelah dan terasa lemas. Terdapat dua jenis yang berasa dari makanan yang kamu konsumsi, yaitu:

  • Heme. Jenis zat besi ini berasal dari hemoglobin. Biasanya terdapat dalam makanan hewani, seperti ikan, daging merah, dan daging unggas.
  • Non-heme. Bentuk zat besi ini banyak ditemukan dalam makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau, kentang, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan biji-bijian.

Dibandingkan dengan zat besi non-heme, tubuh akan lebih mudah menyerap zat besi heme yang bersumber dari makanan hewani. Penyerapan zat besi akan lebih mudah apabila kamu mengonsumsi makanan sumber vitamin C bersama dengan makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Nutrisi yang Terkandung dalam Daging Sapi dan Daging Kambing

Beragam Jenis Makanan Sehat Penambah Darah

Sebenarnya, tidak perlu harus mengonsumsi obat penambah darah untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan penambah darah yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi berikut ini.

1. Daging Merah dan Daging Unggas

Sumber makanan tinggi zat besi pertama, yaitu daging merah, seperti daging sapi maupun daging kambing dan daging unggas. Kedua jenis makanan ini paling mudah ditemui. Setidaknya, ada sekitar 2,7 miligram zat besi yang terdapat dalam 100 gram daging merah. Jumlah ini sudah memenuhi sekitar 15 persen dari total asupan harian yang disarankan.

Sementara itu, mengonsumsi sebanyak 100 gram daging unggas, seperti daging ayam, sudah memenuhi sekitar 13 persen dari jumlah total asupan harian zat besi. Tidak hanya daging ayam, daging bebek juga cocok menjadi jenis makanan penambah darah dari golongan unggas.

Baca juga: Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi

2. Jeroan

Bagian dalam hewan, seperti hati, jantung, dan otak ternyata juga mengandung zat besi dalam jumlah yang terbilang tinggi. Bahkan, 100 gram hati sapi mengandung zat besi sebesar 6,5 miligram yang telah memenuhi sekitar 36 persen asupan harian. Sementara itu, 100 gram hati ayam mengandung zat besi sebesar 15,6 miligram. 

3. Seafood

Makanan laut atau seafood, terutama kerang dan tiram juga kaya akan kandungan zat besi. Sebanyak 100 gram kerang mengandung zat besi sebesar 28 miligram atau sekitar 155 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Meski begitu, kandungan zat besi yang terdapat dalam kerang sangat beragam, tidak semua jenis kerang mengandung zat besi tinggi.

4. Sereal, Kacang, dan Biji-Bijian

Kini, beberapa jenis sereal telah mengandung zat besi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Banyak sekali jenis sereal di pasaran yang bisa kamu pilih sesuai selera. Tidak hanya sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung zat besi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian. Beberapa contohnya, seperti kacang arab, kacang hitam, kacang merah, kedelai, biji labu, dan biji wijen.

Baca juga: Aneka Jenis Kacang yang Baik untuk Kesehatan

5. Sayuran Berdaun Gelap

Bayam dan brokoli menjadi dua jenis sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena termasuk sumber zat besi yang baik. Tidak hanya itu, sayuran berdaun gelap lain pun kaya akan zat besi. Namun, pastikan kamu sudah memasak sayuran tersebut hingga matang, karena proses pemasakan akan memudahkan tubuh menyerap zat besi.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh. Jika memang diperlukan, kamu bisa menanyakan pada dokter apakah tubuh membutuhkan obat penambah darah. Agar lebih mudah, download aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter maupun membeli obat dan suplemen melalui layanan pharmacy delivery.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Healthy Foods That Are Great Sources of Iron.
WebMD. Diakses pada 2021. Iron-Rich Foods.
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Healthy Foods That Are Very High in Iron.