02 March 2018

Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

Biar Sehat, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Penambah Darah

Halodoc, Jakarta – Sering merasa lemas dan lelah? Mungkin tubuh kurang darah. Biasanya kalau lagi diet atau sedang menstruasi, kamu berisiko lebih tinggi mengalami kurang darah atau anemia. Jangan dibiarkan saja, kurang darah harus segera diatasi, salah satunya dengan cara mengonsumsi 5 makanan untuk penambah darah ini.

Kondisi kurang darah atau anemia bisa terjadi jika jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun. Umumnya, hal ini disebabkan karena kamu kekurangan zat besi, sehingga tubuhmu tidak bisa memproduksi cukup hemoglobin, yaitu substansi dalam sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa lemas, letih, sakit kepala, dan mudah lelah. (Baca juga: Mudah Lelah, Waspada 7 Tanda Anemia yang Perlu Diatasi). Agar jumlah darah kembali normal, kamu dianjurkan untuk makanan untuk penambah darah yang kaya akan zat besi, vitamin B12, asam folat, dan protein.

  1. Daging-dagingan

Makanan untuk penambah darah yang pertama adalah daging. Hampir semua jenis daging-dagingan, baik daging merah (daging sapi, daging kambing, hati) maupun daging unggas (ayam dan bebek) mengandung zat besi tinggi yang berguna untuk menambah jumlah darah dan mencegah anemia. Konsumsilah daging-daging tersebut bersamaan dengan buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Namun, kamu sebaiknya juga tidak mengonsumsi daging secara berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Pilihlah daging yang rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

  1. Sayur-sayuran

Selain daging, sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sayuran lainnya yang bermanfaat menambah darah antara lain, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, lobak, kentang, brokoli, dan sawi. Dari berbagai sayuran tersebut, ubi adalah obat anemia terbaik, karena dapat mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

  1. Buah-buahan

Agar terhindar dari anemia, coba deh konsumsi buah-buahan seperti kismis, plum, apel anggur dan melon yang enggak hanya bermanfaat memperlancar aliran darah, tapi juga bisa menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh kamu. Buah jeruk dan limau juga bisa menambahkan zat besi dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kamu yang sering kekurangan darah bisa menjadikan kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai camilan sehari-hari nih. Dua jenis makanan ini termasuk makanan untuk penambah darah. Selain kaya akan zat besi, kacang-kacangan juga mengandung asam folat dan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah merah bari di dalam tubuh. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond. Mengonsumsi 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6% zat besi ke dalam tubuh. Sedangkan salah satu jenis biji-bijian yang baik untuk penambah darah adalah wijen.

  1. Roti, Oat, dan Sereal

Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi untuk tubuh jika kamu mengonsumsinya setiap hari. Sereal juga kaya akan vitamin B12 dan asam folat, sehingga bisa kamu santap setiap pagi sebagai sarapan untuk mencegah terjadinya anemia selama kamu beraktivitas.

Jika kelima jenis makanan tersebut masih belum cukup menambah darah, kamu bisa membicarakannya dengan dokter untuk meminta rekomendasi suplemen zat besi atau penambah darah lewat aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli suplemen dan produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc. Jadi, kamu enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order saja dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.