24 May 2018

Hati-hati, Jantung Koroner Bisa Menurun Pada Anak!

Hati-hati, Jantung Koroner Bisa Menurun Pada Anak!

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang patut diwaspadai. Biasa juga disebut silent killer karena menyerang dengan tiba-tiba dan berakibat fatal, bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Ternyata, yang lebih mengejutkan adalah bahwa risiko penyakit jantung dapat diwariskan dari seorang ayah kepada anaknya. Beberapa penyakit jantung memang berisiko sebagai penyakit jantung turunan.

(Baca juga: Ketahui 7 Gejala Awal Sakit Jantung)

Penyakit jantung turunan tersebut adalah penyakit jantung koroner. Kecenderungan risiko mengidap penyakit ini diwariskan dari ayah kepada anak melalui kromosom Y pada laki-laki. Kromosom Y adalah bagian dari DNA pada pria dan diduga berperan penting mewariskan penyakit jantung koroner.

Penelitian di University of Leicester di Inggris menganalisis DNA lebih dari 3.000 orang pria yang tidak terkait secara biologis di Inggris dan menemukan bahwa 90 persen diantaranya memiliki varian kromosom Y yang disebut haplogroup I. Pria yang memiliki kromosom Y dari haplogroup I inilah yang memiliki risiko 50 persen lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner dibanding pria lain.

Orang yang memiliki kromosom Y haplogroup I dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berisiko memicu sakit jantung seperti merokok dan pola makan tinggi kolesterol yang bisa melipatgandakan risiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Penyempitan inilah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Penyakit jantung koroner menyerang pria sekitar sepuluh tahun lebih awal dibandingkan wanita.

(Baca juga: Gaya Hidup Enggak Sehat, Waspada Penyakit Jantung Turunan)

Ketahui penyebab dan gejala penyakit jantung turunan lainnya dengan menanyakan ke dokter ahli di Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, kamu juga bisa beli obat ataupun vitamin yang bisa sampai hanya dalam 1 jam. Cek lab pun bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Ayo! Unduh Halodoc di App Store atau Play Store sekarang juga.