• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Makanan untuk Tingkatkan Trombosit saat DBD

Ini 5 Makanan untuk Tingkatkan Trombosit saat DBD

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Di musim pancaroba ini, nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat dan penyebaran berbagai macam penyakit pun dapat terjadi dengan mudah. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah demam berdarah atau DBD. Gangguan ini dapat menyebabkan dampak yang berbahaya, karena mampu menurunkan trombosit di dalam tubuh.

Padahal, trombosit sangat penting untuk menyembuhkan luka yang terjadi pada tubuh. Maka dari itu, gangguan tersebut harus diatasi supaya tidak berakibat fatal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang dapat tingkatkan trombosit pada tubuh. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Alasan Demam Berdarah Bisa Berakibat Fatal

Makanan yang Efektif Tingkatkan Trombosit pada Tubuh

Saat demam berdarah menyerang, pengidapnya akan mengalami penurunan kadar trombosit dalam tubuhnya. Trombosit yang terlalu rendah dapat menyebabkan pengidapnya mengalami kelelahan, tubuh mudah memar, hingga perdarahan pada hidung dan gusi.

Trombosit yang terlalu rendah harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan yang fatal. Mengonsumsi beberapa makanan sehat ini bisa membantu. Berikut di antaranya:

  1. Konsumsi Bayam

Salah satu cara untuk meningkatkan trombosit melalui konsumsi makanan adalah dengan banyak makan bayam. Pasalnya, bayam kaya akan vitamin K yang sangat baik untuk tingkatkan trombosit. Kamu dapat mengolahnya dengan cara meminum air rebusannya. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsinya secara langsung saat diolah menjadi sop.

  1. Jambu Biji

Mengonsumsi jambu biji juga dapat dilakukan sebagai cara untuk tingkatkan trombosit pada tubuh saat mengidap demam berdarah. Memang sudah terbilang umum jika seseorang yang terkena DBD diberikan buah ini. Beberapa orang akan mengolahnya menjadi jus atau juga dikonsumsi secara langsung. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi buah ini ketika terserang penyakit karena nyamuk tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Demam Berdarah Sembuh?

  1. Makanan Kaya Vitamin B-12

Saat tubuh kamu mengalami penurunan terhadap trombosit, maka penting untuk meningkatkannya dengan cara perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B-12. Kekurangan vitamin tersebut dapat berkontribusi pada penurunan trombosit. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi, di antaranya adalah daging-dagingan, telur, dan ikan. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi susu sapi sebagai alternatif lainnya.

  1. Makanan Kaya Zat Besi

Kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sebagai cara untuk menambah kadar trombosit. Zat besi mempunyai peran penting dalam meningkatkan kadar trombosit pada tubuh. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah kacang merah, kerang hijau, hati sapi, atau tahu. 

  1. Daun Pepaya

Makanan lainnya yang baik untuk tingkatkan kadar trombosit pada tubuh adalah daun pepaya. Makanan dengan rasa pahit ini dapat meningkatkan trombosit dan sel darah merah dengan baik. Kamu dapat merebusnya selama 15 menit hingga kira-kira matang. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut beberapa sendok dalam sehari. Selain itu, mengonsumsi daun pepaya juga dapat berdampak baik bagi tubuh.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi sebagai cara untuk tingkatkan trombosit yang menurun karena demam berdarah. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan tubuhmu akan cepat pulih dari DBD dan siap beraktivitas normal kembali seperti sedia kala.

Baca juga: 7 Ciri Tingginya Jumlah Trombosit Dalam Darah

Kamu juga dapat bertanya pada dokter di Halodoc terkait makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika mengidap demam berdarah atau trombosit mengalami penurunan. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How can I increase my platelet count naturally?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Naturally Increase Your Platelet Count.