• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan Sehat untuk Pengidap HIV

Pola Makan Sehat untuk Pengidap HIV

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Sejauh ini memang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV, tapi bukan berarti pengidap HIV tidak memiliki harapan untuk hidup. Dengan rutin mengonsumsi obat dan menjalankan pola hidup yang sehat, pengidap HIV tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa. Mereka akan membutuhkan asupan makanan yang sehat dengan gizi seimbang. 

Baca juga: Jarang Disadari, Awas Ini 6 Faktor Utama Penularan HIV

Upaya lain yang harus dilakukan adalah menjalani diet sehat guna mempertahankan kandungan gizi dalam tubuh, serta meningkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan penyakit. HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga pengidapnya akan membutuhkan banyak asupan, seperti lemak, vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein.

Pola Makan Sehat untuk Pengidap HIV

Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, diet juga dilakukan untuk membantu mengatasi gejala dan komplikasi pada pengidap HIV. Para pengidap biasanya akan memiliki masalah pada berat badan yang terus-menerus turun, diare, serta masalah infeksi pada tubuh.

Para pengidap HIV perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi guna meningkatkan daya tahan tubuh untuk memerangi virus atau infeksi penyebab HIV. Makanan sehat bergizi seimbang juga berfungsi dalam mencegah penyakit serius lainnya. Berikut makanan yang baik dikonsumsi pengidap HIV:

  • Buah Nanas

Buah nanas terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Tak hanya baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh saja, buah yang memiliki rasa asam ini juga dapat dijadikan pengganti obat ARV (antiretroviral), yaitu obat yang biasa diberikan kepada pengidap HIV guna menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memecah protein dalam virus HIV.

Baca juga: Alasan Pengidap HIV Rentan Terkena Difteri

  • Brokoli

Sudah tidak diragukan lagi jika brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Brokoli menjadi sayuran yang paling sehat, karena banyak mengandung serat, protein, zat besi, serta karbohidrat yang juga baik bagi pengidap HIV. Sayuran hijau yang satu ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melindungi tubuh dari serangan virus dan kuman penyebab penyakit.

  • Buah Bit

Hingga saat ini, masih jarang yang tahu manfaat dari buah bit. Jika ditelaah lebih dalam, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Lebih dari itu, buah bit juga memiliki kandungan senyawa nitrit yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga proses regenerasi sel-sel dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal.

  • Ubi Jalar

Diare merupakan salah satu komplikasi yang terjadi pada pengidap HIV. Dalam hal ini, pengidap dapat mengonsumsi ubi jalar yang kaya akan kandungan vitamin A. Selain dikenal baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga  bermanfaat untuk menjaga kesehatan lapisan saluran pencernaan.

Baca juga: Tanpa Gejala Khusus, Ketahui Tanda Awal Penularan HIV

Sebelum mengonsumsi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan, diskusikan terlebih dulu dengan dokter jika kamu memiliki masalah kesehatan lain, ya! Pasalnya, pola makan sehat untuk pengidap HIV dapat memengaruhi kesehatannya dalam jangka panjang. Jika salah konsumsi, alih-alih sehat, sistem imunitas tubuh bisa saja menurun.

Perhatikan pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap HIV. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi tersebut merupakan makanan yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh pengidap, sehingga dapat membahayakan kesehatannya. Beberapa makanan tersebut salah satunya adalah makanan mentah. Jadi, selalu perhatikan kesehatan tubuhmu, ya!

 

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2020. Nutritional Care of HIV.

NIH. Diakses pada 2020. HIV and Nutrition and Food Safety.

HIV.gov. Diakses pada 2020. Why Is a Good Diet Important for People with HIV?