Mengidap Maag, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mengidap Maag, Konsumsi 7 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Maag bisa dikatakan sebagai gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi. Saking umumnya, kamu tentu tidak asing dan cukup sering menjumpai keluarga atau teman yang mengeluhkan penyakit ini, bukan? Dalam medis, maag diartikan sebagai nyeri yang berasal dari lambung dan usus halus akibat sejumlah kondisi.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh adanya luka terbuka pada lapisan dalam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid, dan stres. Maag merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang terbilang mudah untuk disembuhkan. Namun, kondisi ini juga mudah menjadi parah apabila tidak segera ditangani.

Gejala sakit maag yang umum dialami adalah:

  • Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan.

  • Mual.

  • Kembung pada perut bagian atas.

  • Sering bersendawa.

  • Nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan.

  • Rasa panas pada perut bagian atas.

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Makanan Apa yang Dianjurkan?

Pemilihan makanan untuk pengidap sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja saluran pencernaan. Selain itu, tindakan tersebut membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap sakit maag? Berikut di antaranya:

1. Bubur

Jika berpatokan pada prinsip, bubur merupakan salah satu kandidat terkuat dalam daftar makanan yang dianjurkan untuk pengidap maag, lantaran teksturnya yang lembut dan mudah dicerna. Ketika maag kambuh, kamu sebaiknya mengonsumsi bubur ayam untuk sementara waktu.

Tekstur bubur yang cenderung lembut dan mudah dicerna membuat sistem pencernaan dapat berfungsi dengan lebih baik. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan jeroan pada bubur ayam yang sulit untuk dicerna.

2. Makanan Lunak atau yang Dimasak dengan Baik

Selain bubur, pengidap maag juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bertekstur lunak lainnya, atau yang dimasak dengan baik hingga lembut. Makanan jenis ini dianjurkan untuk memudahkan lambung mencerna makanan.

Kerja sistem pencernaan pun menjadi tidak terlalu berat. Makanan lunak yang baik untuk dikonsumsi selain bubur adalah nasi tim, sayuran yang dimasak hingga lembut, kentang rebus atau tumbuk, telur rebus atau telur orak-arik, dan ikan.

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Terjadi pada Pengidap Maag Kronis

3. Yoghurt

Bakteri baik (probiotik) yang ada di dalam yoghurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya adalah membantu meringankan iritasi usus besar dan diare. Oleh sebab itu, pengidap maag sangat dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi yoghurt setiap hari ketika sakit maag kambuh sampai empat minggu setelahnya.

4. Kentang Rebus

Kuliner Indonesia begitu kaya. Dalam hal makanan pokok saja ada banyak sekali pilihan. Selain nasi, kentang rebus merupakan salah satu makanan pokok yang dapat mengenyangkan dan baik untuk pengidap maag. Hal ini karena kentang memiliki sifat alkali, yang bisa menetralisir asam lambung dengan cepat.

5. Kol

Salah satu sayuran yang mudah kita jumpai ini ternyata bisa memberikan perlindungan tambahan bagi lapisan mukosa lambung. Hal ini akan membuat dinding lambung tidak mudah terluka dan mengatasi masalah maag dengan cepat.

6. Brokoli

Meski banyak yang tidak suka rasanya, brokoli merupakan salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan bagi pengidap maag, terutama maag kronis. Hal ini karena kol mengandung kalium, vitamin C, dan sulfur yang bisa membantu meredakan gejala maag.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

7. Pisang

Pisang yang lembut dan manis bisa membuat perut kenyang sekaligus membuat asam lambung menjadi lebih stabil, sehingga sakit maag pun akan mereda.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan untuk pengidap maag. Jika kamu gejala maag tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!