• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Maag, Konsumsi 7 Makanan Ini

Mengidap Maag, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengidap Maag, Konsumsi 7 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Pengidap maag harus memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Sebab, asupan makanan dan minuman menjadi salah satu pemicu munculnya gejala sakit maag. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar gejala maag tidak kambuh, di antaranya makanan yang pedas, terlalu asam, serta mengandung lemak tidak sehat. 

Kalau ada makanan yang harus dihindari, maka ada juga makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap maag. Jenis makanan ini cukup aman untuk lambung dan bisa memberi rasa nyaman. Apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap maag? Cari tahu jawabannya di artikel berikut!

Makanan yang Baik untuk Pengidap Maag 

Sakit maag diartikan sebagai nyeri yang berasal dari lambung dan usus halus akibat sejumlah kondisi. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh adanya luka terbuka pada lapisan dalam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid, dan stres. Maag merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang terbilang mudah untuk disembuhkan. Namun, kondisi ini juga mudah menjadi parah apabila tidak segera ditangani.

Gejala sakit maag yang umum dialami adalah:

  • Cepat merasa kenyang saat makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan.
  • Mual.
  • Kembung pada perut bagian atas.
  • Sering bersendawa.
  • Nyeri pada ulu hati dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan.
  • Rasa panas pada perut bagian atas.

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Bagi pengidap maag, pola makan yang tepat adalah kunci menghindari kekambuhan. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk pengidap maag dan disarankan untuk dikonsumsi, di antaranya: 

1.Sayuran 

Salah satu makanan yang baik untuk pengidap maag adalah sayuran. Jenis makanan ini memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah, sehingga bisa membantu menurunkan asam lambung. Ada beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi, seperti brokoli, kentang, atau kembang kol. 

2.Jahe 

Jahe memiliki sifat anti inflamasi sehingga baik untuk pengidap maag. Kandungan dalam jahe bisa membantu meredakan sensasi terbakar alias heartburn yang dialami pengidap maag. 

3.Oatmeal 

Menu sarapan yang bisa dicoba oleh pengidap maag adalah oatmeal. Jenis makanan ini banyak mengandung serat yang disebut bisa membantu menurunkan kadar asam dalam lambung. 

4.Buah-Buahan 

Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan. Namun, pastikan untuk memilih jenis buah non-citrus atau buah yang tidak memiliki rasa asam, seperti melon, pisang, pir, dan apel. 

5.Daging dan Seafood 

Pengidap maag bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, ikan, dan makanan laut. Cobalah untuk mengolah makanan ini dengan cara dipanggang atau dikukus, jangan digoreng.

Baca juga: Perhatikan Menu Diet untuk Pengidap Sakit Maag

6.Putih Telur 

Saat mengidap maag, hindari konsumsi kuning telur. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi putih telur. Kuning telur banyak mengandung lemak dan bisa memicu naiknya kadar asam lambung. 

7.Lemak Sehat

Tubuh tetap membutuhkan asupan lemak. Kamu bisa mendapat asupan lemak sehat dari buah alpukat atau makanan sehat lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Sederhana untuk Mencegah Sakit Maag

Selain mengonsumsi makanan sehat, pastikan untuk selalu menyediakan obat maag untuk meredakan gejala yang muncul. Kamu bisa beli obat maag atau produk kesehatan lain dengan aplikasi Halodoc. Melalui layanan antar, pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.
Livestrong. Diakses pada 2021. Dyspepsia Diet.
WebMD. Diakses pada 2021. Indigestion.