16 July 2018

3 Cara Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil

perawatan kulit saat hamil,ibu hamil,perawatan ibu hamil

 

Halodoc, Jakarta – Kehamilan merupakan momen yang spesial bagi wanita. Untuk itu, kebanyakan wanita yang tengah hamil akan melakukan segala hal yang terbaik selama hamil. Termasuk dalam hal perawatan kulit dan wajah.

Pasalnya, selain keluhan-keluhan yang umum terjadi selama hamil, ada kondisi lain yang juga bisa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita. Misalnya, kulit yang terasa kusam atau tidak secantik biasanya. Hal itu bisa saja terjadi, sebab saat hamil seorang wanita mungkin akan mengalami perubahan hormon. Untuk mengatasi masalah kulit pada ibu hamil pun tidak boleh sembarangan.

Nyatanya, ada beberapa zat yang sering ditemukan dalam produk kecantikan yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Supaya ibu tidak mengalami masalah kulit, perlu tahu nih cara menjaga kecantikan kulit saat hamil. Gimana sih?

Baca juga: Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

1. Rutin Membersihkan Kulit

 

 

Bedanya, selama hamil ibu disarankan untuk menghindari produk pembersih kulit yang mengandung residu atau gliserin. Bahkan, jika ibu hamil memiliki kulit yang cenderung kering, sebaiknya hindari membersihkan wajah dan kulit dengan sabun. Sebagai gantinya, gunakanlah air bersih untuk membasuh wajah. Selain itu, jangan lupa lengkapi perawatan wajah dengan pelembap.

2. Lindungi dari Sinar Matahari

 

 

Agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga, pastikan untuk selalu mengoleskan pelembab atau tabir surya selama beraktivitas di luar ruangan. Mengoleskan tabir surya saat akan beraktivitas di bawah sinar matahari adalah cara terbaik untuk menghindari perubahan warna kulit. Tapi tentu saja, pastikan produk kesehatan yang dipilih aman digunakan ibu hamil, ya!

3. Make up dasar

 

 

Tidak ada salahnya jika ibu hamil ingin tampil cantik dan menawan. Namun sebaiknya, keinginan untuk memakai makeup tebal alias full makeup sebaiknya ditahan dulu, ya. Percayalah bahwa ibu tetap bisa tampil menawan meskipun hanya dengan make up yang tipis.

Terkadang beberapa kandungan yang ada dalam produk makeup “tidak ramah” bagi ibu hamil. Artinya, jika memaksakan diri untuk tetap menggunakannya, bisa memicu risiko masalah kulit yang berbahaya. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan makeup dasar saja selama hamil.

Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Perawatan Kulit Alami untuk Ibu Hamil

Jika ibu ragu dan merasa khawatir menggunakan produk kecantikan yang ada di pasaran, cobalah untuk menggunakan bahan alami saja. Nyatanya, beberapa bahan alami pun bisa menjadi perawatan kulit yang efektif dan tentu saja aman untuk wanita hamil.

  • Perasan Jeruk Nipis

Salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk menjaga kecantikan kulit adalah jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan kulit secara alami. Untuk pengaplikasiannya, oleskan campuran perasan jeruk nipis dengan madu atau air ke bagian kulit. Jangan mengoleskannya pada bagian yang sensitif seperti mata dan bagian kulit yang terluka.

  • Minyak Zaitun

Alternatif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah dengan minyak zaitun. Gunakan minyak ini untuk pembersih wajah. Selain aman, minyak zaitun juga sangat ampuh untuk membersihkan wajah secara maksimal.

Baca juga: 8 Tips Bagi Ibu Hamil untuk Merawat Kecantikan

Jika ibu tidak memiliki cukup banyak waktu, sebenarnya membersihkan wajah dengan air bersih saja sudah cukup. Asal dilakukan dengan rutin setidaknya dua kali sehari.

Punya keluhan atau pertanyaan seputar kehamilan? Sampaikan pada dokter di aplikasi Halodoc saja! Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!