Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar orang pernah menghadapi masalah wajah, mungkin kamu salah satunya. Masalah pada kulit wajah bisa berupa jerawat, noda hitam, kerutan, hingga pori-pori wajah yang tampak membesar. Pori-pori kulit yang terlalu besar bisa mengurangi rasa percaya diri, karena kulit menjadi tidak mulus dan mudah berminyak. Belum lagi dengan potensi munculnya jerawat yang sangat besar. 

Lubang pori-pori pada wajah memiliki ukuran yang berbeda, dan ini ditentukan secara genetik. Jika orangtuamu memiliki kulit wajah dengan pori besar, bisa jadi kamu juga demikian. Fungsi pori wajah ini sebagai tempat keluarnya minyak dan keringat berlebih. Beberapa hal bisa membuat pori kulit wajah terlihat lebih besar, misalnya setelah terkena paparan sinar matahari langsung atau akibat dari pembersihan wajah yang tidak tuntas. 

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Masker Alami

Kamu tidak bisa mengubah ukuran pori wajah. Meski begitu, kamu tetap bisa menyamarkannya dengan membersihkan kotoran dan minyak berlebih secara rutin. Lalu, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Mudah saja, kamu bisa menggunakan masker alami dengan paduan bahan berikut ini. 

  • Campuran Madu, Air Lemon, dan Putih Telur

Ternyata, telur, madu, dan air lemon tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Ketiga bahan ini juga bisa dipadukan menjadi masker alami untuk membantu mengecilkan pori pada wajah. Caranya, kamu pisahkan dulu kuning dan putih telur dan kocok putih telur hingga menghasilkan buih.

Lalu, campurkan putih telur sebanyak satu sendok makan dengan madu dalam jumlah yang sama, tambahkan beberapa tetes perasan air lemon. Aduk rata hingga adonan menjadi cukup kental dan tidak terlalu berbau. Oleskan pada wajah menggunakan kuas hingga merata, diamkan sekitar 30 menit. Lalu, bilas dengan sabun pembersih muka. 

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Perawatan Kulit Kering

  • Campuran Tomat, Baking Soda, dan Cuka Apel

Masker alami kedua bisa kamu buat dengan campuran tomat, baking soda, dan cuka apel. Namun, hati-hati jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, karena paduan masker alami ini justru bisa membuat kulit iritasi.

Campurkan irisan tomat segar yang sudah dihancurkan, setengah cangkir bubuk baking soda dan satu sendok makan cuka apel. Campurkan semua bahan dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum kamu membilasnya dengan sabun pembersih muka. 

  • Campuran Brown Sugar, Timun, dan Lidah Buaya

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan masker alami untuk kulit sensitif bisa menggunakan campuran bahan lidah buaya, timun, dan brown sugar. Pertama, siapkan dulu lendir dari lidah buaya secukupnya. Lalu, campurkan dengan timun yang sudah dilumatkan, tambahkan brown sugar. Setelah semua bahan tercampur, oleskan secara merata pada wajah menggunakan kuas, berikan pijatan ringan. Diamkan dulu antara 25 sampai 30 menit, lalu bilas sampai bersih. 

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Ternyata, memiliki pori wajah kecil tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Jika kamu khawatir akan dampak iritasi yang terjadi ketika menggunakan masker alami ini, kamu bisa bertanya pada dokter. Supaya lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc saja. Fitur chat dengan dokter membuat kamu lebih praktis bertanya dengan dokter di mana saja dan kapan saja. 

Referensi: 
Bustle. Diakses pada 2019. Want to Reduce Pore Size? These 3 All-Natural Face Masks Should Do the Trick.
Healthstatus. Diakses pada 2019. Natural Remedies to Reduce Skin Pores.
The Healthy. Diakses pada 2019. Unclog Pores with These DIY Face Masks.