• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mau Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Coba Masker Alami Ini

Mau Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Coba Masker Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Wanita mana sih yang enggak kepingin memiliki kulit wajah yang mulus, sehat, dan bercahaya? Sayangnya tak semua wanita beruntung mendapatkannya. Sebab, beberapa dari mereka pesti berhadapan dengan masalah kulit wajah. Contohnya, kulit berminyak, jerawat, hingga pori-pori wajah yang tampak membesar.

Omong-omong soal pori-pori wajah, kira-kira bagaimana sih cara mengecilkan pori-pori wajah? Nah, ternyata mengecilkan pori-pori wajah tidak melulu harus menggunakan obat kulit atau produk kecantikan. Sebab, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba.

Nah, berikut beberapa masker yang diduga mampu membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

1. Campuran Putih Telur, Madu, dan Air Lemon

Masker wajah dengan campuran bahan-bahan ini dinilai mampu mengecilkan pori-pori wajah. Bagaimana cara menggunakannya? Mudah kok. Pisahkan dulu kuning dan putih telur, lalu kocok putih telur hingga menghasilkan buih.

Langkah selanjutnya campurkan putih telur sebanyak satu sendok makan dengan madu dalam jumlah yang sama. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes perasan air lemon. Aduk rata hingga adonan menjadi cukup kental dan tidak terlalu berbau. Oleskan pada wajah menggunakan kuas hingga merata, diamkan sekitar 30 menit. Lalu, bilas dengan sabun pembersih muka. 

  1. Masker Tanah Liat

Cara mengecilkan pori-pori wajah juga bisa melalui masker tanah liat. Masker ini dinilai mampu menghilangkan minyak, kotoran, dan kulit mati, sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Kamu bisa menggunakannya sekali atau dua kali per minggu.

Namun, jangan menggunakan masker ini pada hari yang sama ketika akan melakukan eksfoliasi kulit. Sebab, hal hal ini bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Di samping itu, sebelum menggunakan masker tanah liat untuk mengecilkan pori-pori wajah, cobalah oleskan sedikit terlebih dahulu pada kulit. Tujuannya untuk melihat reaksi alergi pada kulit.

3. Kombinasi Tomat, Baking Soda, dan Cuka Apel

Selain dua hal di tas, masker yang satu ini juga bisa dijadikan cara untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal yang perlu digarisbawahi, bila kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari pengunaan masker ini. Sebab, paduan masker ini bisa membuat kulit iritasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan campuran tomat, baking soda, dan cuka apel untuk mengecilkan pori-pori wajah? Cukup sederhana kok. Campurkan irisan tomat segar yang sudah dihancurkan dengan setengah cangkir bubuk baking soda serta satu sendok makan cuka apel.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Perawatan Kulit Kering

Langkah selanjutnya, oleskan secara merata pada wajah secara merata. Lalu, diamkan selama 20 menit sebelum kamu membilasnya dengan sabun pembersih muka. 

4. Paduan Brown Sugar, Lidah Buaya, dan Timun

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan masker alami untuk kulit sensitif bisa menggunakan masker ini. Pertama, siapkan dulu lendir dari lidah buaya secukupnya. Lalu, campurkan dengan timun yang sudah dilumatkan, tambahkan brown sugar. Setelah semua bahan tercampur, oleskan secara merata pada wajah menggunakan kuas, berikan pijatan ringan. Diamkan dulu antara 25 sampai 30 menit, lalu bilas sampai bersih. 

Bagaimana, tertarik mencoba masker-masker di atas untuk mengcilkan pori-pori wajah? Bila masih ragu, kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Praktis, kan?

Sempurnakan dengan Cara Lain

Cara mengecilkan pori-pori wajah memang bisa melalui beberapa masker di atas. Namun, cobalah tambahkan dengan perawatan lainnya agar hasilnya lebih maksimal. Nah, berikut beberapa tips yang direkomendasikan American Academy of Dermatology untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

  1. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Pori-pori wajah yang tersumbat atau kulit berminyak dapat membuat pori-pori terlihat makin lebih besar. Oleh sebab itu, cobalah wajah dua kali sehari menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Caranya simpel kok.

  • Gunakan air hangat. Jangan menggunakan air panas sebab dapat mengiritasi kulitmu. Hal ini justru akan menyebabkan pori-pori makin membesar.

  • Cuci wajah dengan lembut.

  • Menggosok wajah terlalu keras bisa mengiritasi kulitmu, sehingga menyebabkan peradangan. Ketika kulit meradang, pori-pori cenderung lebih membesar.

  • Gunakan pembersih yang lembut dan nonkomedogenik. Produk nonkomedogenik, artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Sebab, beberapa produk kecantikan bisa menganadung bahan yang memicu komedo.

2. Tabir Surya

Cara mengecilkan pori-pori wajah juga bisa melalui sunscreen atau tabir surya. Cobalah lindungi kuli wajah dengan tabir surya setiap hari. Sebab, semakin banyak kulit wajah terpapar sinar matahari, maka risiko kulit rusak akan semakin besar. Dengan begitu, kekecangan kulit wajah pun juga akan menurun. Nah, hal inilah yang nantinya bisa membuat pori-pori wajah terlihat membesar.

Untuk hasil yang terbaik, gunakanlah tabir surya yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Tabir surya jenis ini bisa membantu mencegah kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengecilkan pori-pori wajah? Atau memiliki masalah kulit wajah lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call kamu bisa mengobrol kapan dan di mana saja dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2020. Want to Reduce Pore Size? These 3 All-Natural Face Masks Should Do the Trick.
Healthline. Diakses pada 2020. Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. What can treat large facial pores?