Mata Gempi Minus dan Silinder, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mata Gempi Minus dan Silinder, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit anak-anak yang gemar menonton acara di TV, terutama kartun. Begitu pun dengan Gempita, putri dari Gisel dan Gading. Kegemarannya menonton televisi menyebabkan mata Gempi minus. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mencegah terjadinya mata minus pada anak.

Tidak hanya mata minus, Gempi juga mengalami mata silinder. Karenanya, sang ibu sangat merasa bersalah karena tidak membatasi jam menonton untuk anaknya. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan segala kegiatan yang dilakukan Si Kecil.

Baca juga: Ini 3 Cara Alami Sembuhkan Rabun Jauh Tanpa Harus Operasi

Cara Mencegah Mata Minus pada Anak

Saat ini, anak-anak familiar dengan peralatan elektronik dan bahkan menjadikannya sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Kondisi tersebut menjadikan anak-anak lebih rentan mengalami masalah kesehatan, termasuk mata. Tidak terkecuali Gempi, yang mengalami mata minus karena kebiasaan tersebut. Diketahui bahwa Gempi yang belakangan ini heboh karena menyanyikan lagu HONNE ini memang sering menonton sambil tiduran.

Mata minus, atau biasa disebut dengan rabun jauh, adalah salah satu gangguan pada mata yang menyebabkan pengidapnya sulit melihat objek pada jarak jauh. Gangguan pada mata ini memang sangat berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari, terutama pada anak yang sangat sering menggunakan gadget dan menonton televisi.

Mata minus dan silinder terjadi karena adanya kelainan refraksi pada mata. Hal tersebut dapat menyebabkan cahaya yang masuk ke mata tidak masuk ke titik fokus di retina. Seiring dengan bertambahnya usia anak, jika tidak mendapatkan pengobatan, penggunaan kacamata pun harus dilakukan seumur hidup.

Baca juga: 4 Penyebab Rabun Jauh pada Anak-Anak

Disebutkan bahwa sekitar 60 persen anak mengalami rabun jauh. Anak-anak berusia 11 hingga 16 tahun sangat mudah terserang mata minus. Maka dari itu, pencegahan yang dapat menyebabkan gangguan mata pada anak ini sangat diperlukan. Berikut cara mencegah mata minus pada anak:

  1. Membatasi Penggunaan Alat Elektronik

Salah satu cara mencegah mata minus pada anak adalah dengan membatasi penggunaan alat elektronik, seperti gadget dan televisi. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan mata anak mengalami gangguan jika digunakan dalam waktu yang lama dan tidak teratur. Kebiasaan tersebut juga sangat tidak dianjurkan pada anak berusia di bawah 18 tahun. 

Orangtua harus melakukan pembatasan kegiatan yang berhubungan dengan gadget atau tv, supaya mata anak tetap sehat. Pada anak dengan usia 2 hingga 5 tahun, sebaiknya batasi penggunaan hariannya maksimal satu jam. Sedangkan pada berusia lebih dari 6 tahun, pembatasan per harinya adalah maksimal 2 jam.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah kesehatan pada anak, ibu bisa mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, komunikasi dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Ini Penyebab dan Tanda Si Kecil Idap Rabun Dekat

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Cara mencegah mata minus pada anak lainnya adalah dengan memberikannya makanan sehat dan bergizi. Beberapa makanan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari gangguan mata minus seperti yang dialami oleh Gempi. Makanan sehat yang bisa ibu siapkan untuk Si Kecil adalah wortel, sayuran berwarna hijau, buah-buahan, dan ikan yang mengandung omega 3 tinggi.

  1. Penerangan yang Cukup

Sebagai orangtua, ibu dan ayah juga harus selalu memastikan kualitas penerangan di rumah. Dengan melakukan hal tersebut, kesehatan mata anak pun dapat terjaga dengan lebih baik. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya mata minus pada anak.

Referensi:
WebMD.Diakses pada 2019.What Is Myopia (Nearsightedness)?
Health Line.Diakses pada 2019.Nearsightedness (Myopia)