Ketahui Medical Check Up yang Tepat untuk Pria

Ketahui Medical Check Up yang Tepat untuk Pria

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang berpikir bahwa ke rumah sakit hanya dibutuhkan saat sedang kondisi sakit. Padahal, nyatanya berkunjung ke rumah sakit bisa dilakukan ketika kamu melakukan medical check up.

Baca juga: 3 Alasan untuk Medical Check Up Sebelum Tahun Baru

Medical check up adalah salah satu pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi kesehatan dan tubuh kamu. Dengan melakukan medical check up, tentu segala penyakit dan gangguan pada kesehatan kamu akan lebih mudah terdeteksi sejak dini.

Medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali khususnya bagi kamu yang sudah memiliki usia di atas 40 tahun. Dengan begitu, segala penyakit yang sudah muncul atau akan muncul dapat ditangani sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Pemeriksaan secara menyeluruh dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Faktanya bagi para pria, ada beberapa medical check up yang bisa dilakukan sesuai dengan usia:

1. Medical Check Up Untuk Usia 20 Tahun

Meskipun masih terbilang sangat muda, sebaiknya kamu jangan lewatkan medical check up di usia ini. Banyak pemeriksaan yang perlu kamu lakukan untuk mengecek kondisi tubuh seperti pemeriksaan fisik dasar, mendapatkan vaksin seperti vaksin tetanus, hepatitis A, hepatitis B serta meningitis.

Di usia 20 tahun biasanya para pria juga mendapatkan pemeriksaan mengenai penyakit menular seksual. Tes ini perlu dilakukan oleh pria sekalipun pria tersebut belum pernah melakukan hubungan intim. Terakhir, di usia ini para pria perlu melakukan pemeriksaan testis agar kondisinya selalu sehat dan terjaga.

2. Medical Check Up Untuk Usia 30 Tahun

Memasuki usia yang cukup matang, pria perlu melakukan pemeriksaan kesehatan yang berbeda untuk memantau kondisi kesehatannya. Pada usia 30 tahun, seseorang rentan dengan pola makan atau gaya hidup yang kurang baik, sehingga pada usia ini biasanya seorang pria akan dianjurkan untuk melakukan beberapa tes kesehatan seperti pengecekan gula darah dana juga tes kadar kolesterol dalam darah. Kondisi ini dilakukan untuk memantau kondisi gula darah serta kolesterol dalam tubuh agar tidak terjadi komplikasi. Penyakit jantung dan diabetes dapat mengintai jika kondisi kedua penyakit ini tidak segera ditangani.

Baca juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

3. Medical Check Up Untuk Usia 40 Tahun

Semakin bertambah usia, tentu fungsi kerja tubuh juga akan semakin menurun. Tidak ada salahnya melakukan medical check up untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menyerang para pria.

Mengecek tekanan darah, cek diabetes serta mengecek kesehatan mata menjadi beberapa pemeriksaan yang perlu dilalui oleh pria yang memiliki usia 40 tahun. Kondisi ini agar penyakit yang terdeteksi tidak menimbulkan gangguan atau komplikasi untuk kesehatan.

4. Medical Check Up Untuk Usia 50 Tahun

Tidak hanya pemeriksaan kondisi darah atau kolesterol saja, pada usia 50 tahun, seorang pria perlu melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya pemeriksaan jantung dan kolonoskopi. Kolonoskopi adalah pemeriksaan yang dilakukan pada bagian usus untuk melihat kondisi kesehatan usus. Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh pria apalagi jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker usus. Jika kondisi usus dinyatakan sehat, pemeriksaan bisa dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Jangan ragu untuk bertanya informasi mengenai medical check up. Kamu bisa memilih dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up