Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?

Halodoc, Jakarta - Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan yang mungkin perlu kamu lakukan sesekali. Sebab, meski kamu merasa sehat-sehat saja kamu tetap perlu memeriksakan kesehatanmu untuk mengetahui risiko penyakit yang tak terduga.

Medical check up juga tidak hanya dilakukan orang dewasa saja lho, Si Kecil juga mungkin memerlukannya agar ibu bisa lebih aware dengan penyakit yang mengintainya. Biar kamu lebih memantapkan diri untuk melakukan pemeriksaan ini, yuk ketahui manfaat medical check up di bawah ini

Baca Juga: Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up

1. Mengetahui Risiko Penyakit

Rutin melakukan medical check up bisa menghindarkan dirimu dari peluang terkena penyakit. Karena, setelah selesai melakukan berbagai tes dan tubuh dinyatakan baik-baik saja, kamu tetap akan diberi nasihat oleh dokter seputar kesehatan dan penyakit yang berpotensi menghampirimu. Tentunya, hal ini bisa membuat dirimu lebih peka akan kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup.

Bahkan, pemeriksaan ini juga bisa mendiagnosis penyakit yang ada pada tubuhmu. Itu sebabnya mengapa penting untuk rutin melakukan medical check up, agar penyakit yang kamu idap tidak semakin berkembang serta membantu dokter untuk memilih metode pengobatan yang cocok untuk kamu.

Sebagian besar orang mungkin merasa "ngeri" untuk melakukan medical check up. Mereka mungkin takut untuk melihat hasil dan konsekuensi yang harus ditanggung apabila mengidap penyakit tertentu. Namun, akan lebih baik jika mencegah daripada mengobati bukan? Kalau penyakitnya terdeteksi lebih dini, maka penyakitnya bisa segera diobati dong?

Baca Juga: Selalu Enggak Puas, Sindrom Imposter Buat Orang Takut Kelihatan Gagal

2. Mencegah Komplikasi Penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, medical check up bisa mendeteksi penyakit yang diidap sejak dini. Ini menjadi poin plus karena penanganan penyakit bisa dilakukan sesegera mungkin, sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi. Penyakit yang belum berkembang bisa memangkas biaya pengobatan karena dan lebih mudah disembuhkan. Namun, poin paling penting adalah memantau kesehatan secara rutin bisa menambah produktivitas seseorang.

3. Mencegah Masalah Psikis

Melakukan medical check up secara rutin bisa mendiagnosis masalah psikis terkait penyakit tertentu sebelum menjadi parah. Melalui pemeriksaan ini, dokter akan membantumu untuk mengelola dan memerangi penyakit yang berhubungan dengan stres dengan tepat. Bagi orang yang punya kondisi normal, melalui medical check up dokter dapat mengajarkan perilaku hidup sehat agar kamu enggak gampang alami stres.

Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?

Menurut ahli dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat (AS), medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali. Misalnya, di akhir tahun atau awal tahun agar tenggat waktunya mudah diingat. Selain itu, medical check up sebaiknya dilakukan ketika sudah memasuki usia 18 tahun ke atas. Bagi seseorang yang telah menginjak usia 40 tahun keatas atau mengidap penyakit tertentu sebaiknya lakukan medical check up lebih dari satu kali dalam setahun. Namun, hal tersebut fluktuatif tergantung penyakit apa yang sedang diidap.

Baca Juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Nah, jadi sudah tahu kan seberapa pentingnya melakukan medical check up? Kalau kamu perlu melakukan medical check up, biar lebih praktis sekarang bisa lho buat janji dengan rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!