Melakukan Vaksinasi dapat Mencegah Pneumonia, Benarkah?

Melakukan Vaksinasi dapat Mencegah Pneumonia, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Infeksi paru-paru alias pneumonia adalah jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Kondisi ini menyebabkan sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru membengkak dan dipenuhi cairan. Penyakit ini seringnya terjadi karena serangan bakteri, yaitu Streptococcus pneumoniae.

Baca juga: Pneumonia, Sakit Radang Paru-Paru yang Luput dari Perhatian

Selain infeksi bakteri, penyakit ini juga bisa terjadi karena serangan virus lain atau faktor penyebab penyakit lainnya, seperti virus flu atau pilek yang kemudian berkembang menjadi pneumonia. Pneumonia juga bisa terjadi karena serangan jamur saat kekebalan tubuh rendah, hingga akibat dari menghirup objek asing, seperti makanan atau minuman.

Penyakit ini tidak boleh diremehkan, dan harus segera mendapat penanganan medis untuk menghindari dampak buruk yang mungkin bisa terjadi. Secara umum, penyakit ini ditandai dengan munculnya gejala-gejala, seperti batuk, demam, hingga kesulitan bernapas. Pneumonia bisa terjadi pada siapa saja, tapi pernah tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi pada anak-anak di seluruh dunia.

Organisasi kesehatan dunia alias WHO menyebut bahwa infeksi paru-paru menjadi pemicu kematian pada setidaknya 15 persen anak di bawah usia 5 tahun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini, salah satunya dengan vaksin. Apakah pemberian vaksin bisa membantu mencegah pneumonia? Jawabannya iya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Penyakit Paru-Paru Basah! Ini Ciri & Tips Mencegahnya

  • Vaksin untuk Pneumonia 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjalani vaksinasi. Pastikan untuk memilih jenis dan penyedia vaksin terbaik untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Perlu diketahui, vaksin pneumonia pada anak-anak akan berbeda dengan vaksin untuk orang dewasa.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang rendah menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit menyerang, termasuk penyakit pneumonia. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit. Ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu menjalani pola hidup sehat, cukup beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi, dan rutin berolahraga.

  • Jaga Kebersihan

Mencegah penyakit pneumonia juga bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan rutin mencuci tangan setiap sebelum dan sehabis beraktivitas. Kebiasaan ini bisa membantu mencegah penyebaran virus atau bakteri penyebab pneumonia yang mungkin ada di telapak tangan. 

  • Berhenti Merokok

Nyatanya, kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko infeksi paru-paru terjadi. Asap rokok bisa memicu terjadinya kerusakan pada paru-paru. Kalau itu yang terjadi, organ paru-paru akan lebih mudah mengalami infeksi yang berujung pada pneumonia. 

  • Hindari Minuman Beralkohol

Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa meningkatkan risiko penyakit ini menyerang. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol untuk menghindari penyakit pneumonia menyerang. Sebab, kebiasaan ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan daya tahan tubuh, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Kondisi ini bisa membuat paru-paru rentan mengalami pneumonia dan komplikasi yang bisa membawa dampak buruk.

Baca juga: Penumpukan Cairan di Paru-Paru Bisa Sebabkan Efusi Pleura

Cari tahu lebih lanjut seputar vaksin dan cara-cara pencegahan penyakit pneumonia dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!