• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dekat dengan Anjing Newfoundland

Mengenal Lebih Dekat dengan Anjing Newfoundland

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengenal Lebih Dekat dengan Anjing Newfoundland

“Meski berukuran besar, anjing newfoundland agak jinak dan dapat senang hati menyesuaikan diri untuk tinggal di rumah. Kaki mereka sangatlah unik, karena lebar dan memiliki selaput di antara jari-jemari kakinya, layaknya seekor katak. Anjing tersebut gemar bersantai, tapi mereka juga membutuhkan aktivitas fisik. Sebab, anjing Newfoundland rentan untuk mengalami obesitas.”

Halodoc, Jakarta – Anjing Newfoundland merupakan jenis anjing yang berasal dari negara Kanada. Anjing tersebut termasuk anjing ras yang berukuran besar. Pada awalnya, anjing Newfoundland dipergunakan untuk mengangkut kayu dari hutan dan menarik jala nelayan. Oleh karena itu, anjing Newfoundland sempat dijuluki sebagai anjing pekerja. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai perenang yang handal. 

Kini, anjing yang umumnya berwarna hitam tersebut menjadi salah satu jenis anjing yang digemari untuk dipelihara. Bukan tanpa alasan, kepribadian dan kecerdasannya membuatnya sangat digemari. Apabila kamu berencana untuk memeliharanya, beberapa hal perlu diketahui untuk mengenalnya lebih dekat. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasannya di sini!  

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui agar dapat mengenal anjing tersebut lebih jauh, antara lain:

  1. Karakteristik Fisik

Anjing Newfoundlands memiliki kepala yang lebar dan besar dengan telinga kecil yang terletak dekat dengan kepala. Kaki mereka sangatlah unik, karena lebar dan memiliki selaput di antara jari-jemari kakinya, layaknya seekor katak.

Selain itu, anjing Newfoundlands juga memiliki bulu luar yang kasar dan tahan air. Kondisi fisiknya tersebut yang membuat anjing Newfoundland dikenal piawai berenang. Meski begitu, anjing Newfoundland juga memiliki lapisan bulu undercoat yang lembut dan padat. Oleh karena itu, anjing tersebut membutuhkan penyikatan setiap harinya.

Secara umum, anjing tersebut memiliki warna hitam pada bulunya. Namun, anjing tersebut juga dapat memiliki warna lain. Misalnya seperti kombinasi warna hitam dan putih, hingga berwarna coklat dengan cipratan putih di dada dan ujung ekor.

Anjing Newfoundlands jantan rata-rata tumbuh antara 130 hingga 150 pon (59-68 kilogram). Sedangkan, Newfoundlands betina memiliki kisaran berat lebih rendah, yaitu antara 100 hingga 120 pon (45-54 kilogram).

  1. Kebutuhan Fisik

Tidak seperti anjing ras besar pada umumnya, anjing Newfoundland senang untuk bersantai. Anjing tersebut dengan senang hati dapat menghabiskan berjam-jam bersantai di kaki pemiliknya. Akan tetapi, terlalu banyak bersantai dapat menyebabkan anjing tersebut mengalami obesitas. Maka dari itu, memiliki halaman yang luas atau sering mengajaknya jalan-jalan untuk berolahraga sangatlah penting.

Di samping itu, memiliki akses ke kolam khusus anjing atau sungai yang tidak terlalu dalam juga dibutuhkan. Pasalnya, anjing Newfoundlands cenderung memiliki keinginan untuk berenang, selain melakukan aktivitas fisik di darat.

Baca juga: Tidak Hanya Anjing, Kucing Juga Dapat Sebabkan Rabies

  1. Kepribadian

Meski berukuran besar, anjing Newfoundland sangat jinak dan dapat senang hati menyesuaikan diri untuk tinggal di rumah. Anjing tersebut juga sangat waspada, dapat dipercaya, dan toleran terhadap perilaku ‘menggemaskan’ anak-anak. 

Selain itu, anjing ras yang satu ini dikenal bersifat protektif dan dapat menempatkan diri secara fisik di antara keluarga dan orang asing.  Mereka sebenarnya tidak suka menggonggong, tapi anjing Newfoundland akan menunjukkan diri mereka sebagai anjing yang dapat melindungi keluarganya.

Sebagian orang yang mengadopsi anjing jenis Newfoundland mengatakan bahwa mereka sangatlah pintar. Sebab, anjing tersebut akan menggonggong kepada pemiliknya untuk memberitahu akan bahaya kebakaran di rumah. Tak hanya itu, anjing ras ini juga diketahui dapat menyelamatkan seseorang yang akan tenggelam di air.

  1. Kebutuhan Nutrisi

Anjing berukuran besar ini membutuhkan banyak makanan selama tahun pertama dalam pertumbuhannya. Nantinya, berat badannya akan bertambah hingga 100 pon sesuai dengan karakteristik fisiknya secara alami. Namun, apabila anjing tersebut telah mencapai kisaran berat 100 pon, maka metabolisme tubuhnya akan melambat. Oleh sebab itu, anjing ras tersebut tentu tidak boleh diberikan makanan sembarangan. 

Berikanlah makanan anjing berkualitas sesuai dengan kebutuhan nutrisinya berdasarkan usia dan ukuran. Baik yang diproduksi secara komersial, maupun yang disiapkan dengan persetujuan dokter hewan.

Selain itu, anjing ras yang berukuran besar rentan untuk mengalami obesitas tanpa terkecuali anjing Newfoundland. Maka, perhatikanlah konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Bila kamu ingin memberikannya camilan, porsinya pun harus diperhatikan dan jangan sampai berlebihan.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Itulah penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu diketahui apabila berencana memelihara anjing Newfoundland. Meski gemar bersantai, anjing tersebut juga tetap membutuhkan aktivitas fisik seperti berenang atau jalan-jalan secara outdoor. 

Selain itu, anjing Newfoundland dikenal sebagai anjing yang baik, pintar, dan setia terhadap pemiliknya. Mengenal lebih dekat karakteristik anjing Newfoundland tentu bermanfaat dalam masa adaptasi awal pemeliharaan.

Apabila kamu ingin memeliharanya, anjing Newfoundland perlu diberikan makanan yang berkualitas. Selain menunjang pertumbuhannya, makanan berkualitas yang bergizi seimbang tentu dapat menjaga kesehatan tubuhnya. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan makanan anjing sesuai dengan pilihan dan usia peliharaanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantri berlama-lama di Pet Shop. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Hill’s Pet. Diakses pada 2021. Newfoundland Dog Breed Information and Personality Traits
Rovers. Diakses pada 2021. 12 Newfoundland Dog Facts That Newfie Lovers Know by Heart
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Newfoundland