• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras

Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Agustus 2021
Ketahui Perbedaan Anjing Kampung dan Anjing Ras

“Ada banyak hal yang membedakan antara anjing kampung dan anjing ras. Mulai dari perawatannya sampai pakannya. Perawatan anjing ras tentu cenderung lebih sulit daripada anjing kampung. Meskipun banyak perbedaan, semuanya tergantung pada kebutuhan dan alasan seseorang untuk memelihara anjing”

Halodoc, Jakarta – Anjing sering disebut sebagai sahabat manusia karena kesetiaannya. Tak heran, hewan yang satu ini sering dijadikan hewan peliharan. Selain bisa dijadikan sahabat, anjing juga bisa menjadi penjaga rumah, peternakan, bahkan berburu. Namun, bagi beberapa orang, memelihara anjing pun bisa jadi karena tren dan gengsi semata. Untuk alasan ini, beberapa orang mungkin lebih memilih anjing ras untuk dipelihara.

Anjing-anjing ras seperti bulldog, husky, rottweiler, dan jenis lainnya biasanya bisa dipelihara untuk dilombakan. Namun, tak sedikit pula orang yang memelihara anjing dengan kondisi seadanya. Karena cara memeliharanya yang terkesan bergaya kampung, orang sering menyebutnya sebagai anjing kampung. 

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Perbedaan Anjing Kampung dan Ras

Ada banyak hal yang membedakan antara anjing ras dan anjing kampung. Kalau kamu memutuskan memelihara anjing ras, tentu perawatannya akan lebih sulit dan biaya yang tidak sedikit. Hal ini dilakukan supaya kesehatan fisik maupun mentalnya dapat terjaga dengan baik.  Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat merawat anjing ras adalah jumlah dan asupan makanan. 

Sementara itu, merawat anjing kampung tidak akan sesulit anjing ras. Malahan, banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat memelihara anjing kampung. Anjing kampung bisa berkualitas jika dirawat dengan baik. Kalau dibanding anjing ras, harga anjing kampung tidak terlalu mahal, pakannya pun tidak harus istimewa. 

Karena terbiasa berkeliaran di alam bebas, anjing kampung juga tidak butuh perawatan khusus dan lebih mudah beradaptasi. Bisa dibilang, anjing kampung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan tidak mudah sakit. Sebab pada dasarnya anjing kampung adalah anjing liar yang hidup di alam bebas.

Yang tak kalah penting, anjing kampung dikenal pemberani dan tak kenal takut, kecuali pada tuannya. Karena alasan ini, anjing kampung sering dijadikan anjing pemburu, penjaga rumah dan juga penjaga peternakan.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Lantas, Mana yang Lebih Baik Dijadikan Peliharaan?

Pada dasarnya, anjing diklasifikasikan dari ukuran dan berat badan seperti ras anjing mini (tiny breed), ras anjing kecil (small breed), ras anjing sedang (medium breed), ras anjing besar (large breed) dan ras anjing raksasa (giant breed). Terlepas dari klasifikasi tersebut, setiap orang punya alasan masing-masing untuk memelihara anjing. 

Dari klasifikasi tersebut, kamu dapat menentukan jenis anjing apa yang sesuai dengan alasan kamu ingin memelihara anjing. Bila alasan kamu memelihara anjing untuk teman berburu dan menjaga rumah, anjing kampung mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Namun, apabila kamu ingin memelihara anjing hanya untuk dijadikan sahabat atau sesekali ingin diperlombakan, kamu mungkin bisa mempertimbangkan anjing ras. 

Selain klasifikasi di atas, klasifikasi lain yang harus diperhatikan adalah bulu anjing. Beberapa anjing yang tidak berbulu seperti peruvian atau chinese crested dan  berbulu lebat seperti samoyed, komondor, dan lain-lain. Alasan ini juga harus diperhatikan karena cara perawatannya yang cukup sulit. 

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Itulah perbedaan antara anjing ras dan anjing kampung yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan anjing, hubungi dokter hewan lewat Halodoc saja. Kamu dapat menghubungi dokter kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan. Download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Doglime.com. Diakses pada 2021. Mongrel Dog Breed Information.
City Dogs Life. Diakses pada 2021. How to Know If My Dog is a Small, Medium or Large Breed (A Size Guide).
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Dog Breeds