15 January 2018

Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Halodoc, Jakarta – Rasa nyeri yang terjadi di perut sering diartikan sebagai gejala sakit maag. Padahal, masalah yang terjadi di sekitar perut dan pencernaan tidak melulu karena maag. Artinya ada penyebab lain, salah satunya adalah tukak lambung.

Maag dan tukak lambung adalah dua kondisi yang sering dianggap sama. Padahal, keduanya adalah penyakit yang berbeda, terutama perbedaan pada tingkat keparahannya. Tentunya hal ini membuat maag dan tukak lambung membutuhkan penanganan dan obat yang berbeda. Biar enggak salah, ketahui dulu apa perbedaan dari maag dan tukak lambung!

  • Pengertian, Gejala, Penyebab & Pengobatan Sakit Maag

Sakit maag memiliki nama lain gastritis. Secara bahasa gastritis berasal dari kata gaster yang berarti lambung dan itis yaitu peradangan atau inflamasi. Sehingga sakit maag berarti peradangan yang terjadi pada dinding lambung.

Biasanya penyakit ini terjadi karena kebiasaan makan yang kurang sehat. Seperti makan yang terlalu asam atau terlalu pedas. Penggunaan obat-obatan anti-inflamasi non-steroid juga bisa menyebabkan terjadinya radang.

Maag juga bisa terjadi karena adanya peningkatan kadar asam lambung, infeksi Helicobacter pylori serta kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Selaput lendir yang melindungi dinding lambung dapat rusak dan menipis karena kebiasaan tersebut sehingga menyebabkan terjadinya sakit maag.

Selain pola makan yang tidak teratur, naiknya asam lambung juga  bisa terjadi karena stres. Terutama stres dan tekanan yang berlebihan. Maka penting untuk memerhatikan betul apa saja pemicu sakit maag agar dapat menghindarinya.

Sakit maag biasanya ditandai dengan munculnya gejala seperti rasa yang tidak nyaman dan nyeri pada saluran pencernaan. Seperti perasaan mual, muntah, nyeri ulu hati, lambung tak nyaman dan kembung. Gejala lain yang juga sering muncul adalah sering bersendawa, perut terasa penuh dan cepat kenyang serta sering buang angin.

Pengobatan sakit maag pada dasarnya tidak terlalu sulit. Gejala-gejala sakit maag biasanya akan hilang setelah mengonsumsi obat khusus lambung. Diet makanan lunak dan menerapkan pola makan sehat serta mengelola stres juga bisa membantu mengurangi gejala maag.

  • Pengertian, Gejala, Penyebab & Pengobatan Tukak Lambung

Tukak lambung adalah tingkat yang lebih parah dari penyakit maag. Tukak lambung adalah kerusakan pada mukosa lambung yang menyebabkan terjadinya luka. Biasanya lambung disebut mengalami tukak jika mengalami luka dengan robekan berdiameter lebih dari 5mm.

Berbeda dengan maag yang sebatas peradangan, pada tukak lambung biasanya telah terjadi kerusakan yang menyebabkan hilangnya lapisan pelindung bahkan sebagian dinging lambung.

Penyebab tukak lambung umumnya tidak berbeda jauh dengan maag. Bahkan pada beberapa kasus, tukak lambung terjadi karena penyakit maag yang tidak ditangai dengan baik dan benar. Sehingga menyebabkan sakit yang lebih kronis.

Gejala yang sering muncul berupa nyeri yang tak tertahankan pada ulu hati yang disertai dengan rasa mual. Perut kembung hingga muntah darah dan perubahan warna feses menjadi gelap biasanya juga muncul pada kasus yang lebih parah.

Perubahan warna pada feses terjadi karena adanya perdarahan dalam lambung. Selain itu, perdarahan yang terjadi juga bisa menyebabkan seseorangan mengalami anemia. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan agar terhindar dari tukak lambung maupun maag.

Penanganan pada tukak lambung juga umumnya sama dengan maag. Yaitu dengan menjaga pola makan dan pemberian obat khusus lambung. Namun jika telah terjadi komplikasi, biasanya akan dilakukan tindak lanjut untuk menanganinya.

Dengan mengetahui perbedaan antara maag dan tukak lambung, kamu tentu jadi lebih mengetahui apa yang perlu dilakukan jika gejala tersebut menyerang. Namun ada baiknya untuk mencegah terjadinya tukak lambung dengan menjaga pola makan sehat serta menghindari makanan yang dapat melindungi lambung.

Jika sudah terlanjur memiliki riwayat maag, biasanya serangan mendadak adalah hal yang sulit dielakkan. Apalagi jika “pantangannya” dilanggar. Biar enggak salah langkah, kamu bisa meminta saran dokter lewat aplikasi Halodoc. Download Halodoc untuk mulai bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga bisa digunakan untuk membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium.