• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Perut adalah bagian yang mempunyai banyak organ penting di dalamnya. Namun, apabila sudah merasakan perih pada perut bagian bawah, umumnya orang menyebut apabila sakit maag tengah menyerang. Padahal, bukan hanya sakit maag saja yang dapat menimbulkan gejala tersebut, bisa juga kamu ternyata mengalami tukak lambung.

Tidak sedikit orang yang salah melakukan diagnosis, sehingga salah mengonsumsi obat untuk mengatasinya. Memang, gejala yang mirip membuat seseorang untuk membedakan antara sakit maag dan tukak lambung. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk diketahui. Berikut adalah pembahasan agar semua orang mengetahui tentang perbedaan antara sakit maag dan tukak lambung!

Baca juga: Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Perbedaan Sakit Maag dan Tukak Lambung yang Harus Diketahui

Faktanya, seseorang yang mengidap sakit maag atau tukak lambung terbilang sulit untuk ditentukan. Hal tersebut diakibatkan gejala yang hampir sama timbul ketika salah satunya menyerang. Dengan itu, kamu benar-benar harus mengetahui perbedaan antara sakit maag dan tukak lambung. Pasalnya, penanganannya dapat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sakit maag termasuk dalam gangguan pada tukak lambung. Hal yang membedakannya adalah bagian saluran pencernaan yang terserang. Beberapa orang mungkin saja mengidap kedua gangguan tersebut sekaligus. Maka dari itu, penting untuk mengetahui perbedaan yang dapat terlihat di antara kedua penyakit tersebut. Berikut perbedaan antara sakit maag dan tukak lambung:

  1. Pengertian Sakit Maag dan Tukak Lambung

Seseorang yang mengidap sakit maag atau tukak lambung terjadi karena lambung dan usus kecil yang mengalami gangguan. Ketika hal ini terjadi, beberapa gejala dapat timbul, seperti sakit perut, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, hingga penurunan berat badan. Walau begitu, terdapat perbedaan mendasar dari sakit maag dan tukak lambung.

Kedua gangguan tersebut memang menyerang lapisan perut. Namun, maag termasuk dalam peradangan umum dan tukak lambung adalah terjadinya lapisan perut yang terkikis. Artinya, tukak lambung adalah gangguan yang lebih parah dari penyakit maag. Beberapa gejala yang dapat timbul ketika seseorang mengidap salah satu penyakit ini adalah rasa sakit yang intens, risiko terjadinya perdarahan, hingga mengalami perforasi perut.

Memang hal ini terbilang membingungkan, tetapi kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc untuk penjelasan yang lebih pasti. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Baca juga: Bukan Maag, Ini Ciri Tukak Lambung

  1. Penyebab Sakit Maag dan Tukak Lambung

Kedua penyakit ini dapat disebabkan oleh hal yang berbeda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit maag dan tukak lambung:

  • Penyakit Maag

Seseorang dapat mengidap maag disebabkan oleh terjadinya iritasi pada lambung karena gangguan muntah kronis, penggunaan alkohol berlebihan, muntah yang kronis, stres, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, kamu juga dapat mengalami gangguan ini disebabkan oleh bakteri dan infeksi, seperti refluks empedu, infeksi bakteri H. pylori, dan anemia pernisiosa. Gangguan ini harus segera diatasi agar tidak meningkatkan terjadinya kanker perut.

  • Tukak Lambung

Penyebab paling umum terjadinya tukak lambung adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori. Bakteri ini dapat hidup dan berkembang biak pada lapisan mukosa yang berguna untuk melindungi jaringan pelapis lambung dan usus kecil. Dikarenakan pelapis lambung tersebut semakin sedikit, bakteri dengan mudah menyerang dan menimbulkan penyakit.

Gangguan ini juga dapat disebabkan oleh konsumsi pereda nyeri yang diminum teratur. Pengobatan tertentu yang dijual bebas dapat mengiritasi lapisan perut dan usus kecil. Beberapa obat tersebut adalah aspirin, ibuprofen, naproxen, ketoprofen, dan lainnya. Penyakit maag lebih sering terjadi pada orang yang kerap mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

  1. Gejala dari Sakit Maag dan Tukak Lambung

Perbedaan lainnya dari sakit maag dan tukak lambung yang dapat terlihat adalah gejala yang ditimbulkan. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul ketika seseorang mengidap salah satu penyakit ini dan pembedanya:

Gejala sakit maag:

  • Mengalami radang perut.
  • Mengidap mual dan muntah.
  • Perut kembung dan terasa sakit.
  • Terjadinya gangguan pencernaan.
  • Perasaan terbakar saat waktu makan atau malam hari.
  • Cegukan.
  • Keluarnya darah saat buang air besar.

Gejala tukak lambung:

  • Perut yang terasa sakit.
  • Mengalami gangguan pencernaan atau dispepsia.
  • Merasakan kembung dan kenyang.
  • Kerap bersendawa dan regurgitasi.
  • Masih merasa sangat lapar meski baru makan.

Baca juga: Gastritis dan Tukak Lambung, Kenali Perbedaannya

Itulah beberapa perbedaan yang dapat diketahui dari sakit maag dan tukak lambung. Dengan mengetahui perbedaannya, diharapkan agar kamu dapat cepat tanggap agar tidak salah mengonsumsi obat. Akhirnya, gangguan tersebut tidak cepat untuk menjadi penyakit yang parah.

 

Referensi:
Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?