• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menilik Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Menilik Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Banyak studi telah membuktikan, kalau asupan ibu hamil amat berkaitan dengan kesehatan bayinya kelak. Masalahnya, nutrisi apa saja sih yang dibutuhkan oleh ibu hamil? 

Dari banyaknya asupan gizi yang perlu dikonsumsi ibu hamil, asam folat, zat besi, antioksidan, dan serat merupakan nutrisi yang tak boleh dilupakan. Keempat nutrisi ini berperan penting bagi kesehatan ibu dan janin.

Nah, kira-kira makanan seperti apa sih yang mengandung nutrisi di atas? Ibu enggak perlu bingung untuk mencari sumber nutrisi-nutrisi di atas, konsumsi saja buah bit. Mudah, bukan? Nah, berikut ini manfaat buah buat bit untuk ibu hamil.

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Buah bit banyak mengandung asam folat yang baik bagi pertumbuhan jaringan di dalam tubuh. Tak cuma itu saja, asam folat juga bisa membantu perkembangan sumsum tulang belakang bayi, sehingga bisa meminimalkan risiko cacat lahir. 

Di samping itu, asam folat termasuk nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association mengatakan, Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. 

Nah, kebayangkan betapa pentingnya asam folat bagi kesehatan bayi kelak?

2. Mencegah Sembelit

Selain kaya asam folat, buah bit juga banyak mengandung serat yang bisa membantu bumil terhindar dari sembelit. Di samping itu, serat juga bisa merangsang perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, makanan yang banyak mengandung serat menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada trimester pertama. 

Menariknya lagi, buah bit juga banyak mengandung potasium yang bisa menyeimbangkan elektrolit dan mengontrol metabolisme. Potasium ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah ibu hamil.

3. Memperkuat Sistem Imun

Selain dua hal di atas, manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Ingat, ibu hamil amat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan. Tujuannya jelas, untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Baca juga: 6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Program Hamil

Menurut studi dari The Children’s Hospital of Philadelphia (CHP), wanita yang banyak mengonsumsi antioksidan sebelum dan selama hamil, bisa mencegah Si Kecil terserang diabetes dan obesitas. 

4. Mencegah Anemia

Buah bit juga banyak mengandung zat besi yang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah. Nah, nutrisi inilah yang bisa mencegah risiko anemia dengan memastikan asupan hemoglobin memadai. Ingat, jangan anggap remeh anemia, sebab kondisi ini bisa membuat ibu merasa pusing dan cepat merasa lelah. 

Kandungan zat besi bermanfaat untuk mengirimkan oksigen pada anak di dalam kandungan. Ibu harus berhati-hati, sebab kekurangan zat bisa berdampak negatif pada IQ anak kelak. Zat besi ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi oleh para ilmuwan di The University of Manchester dan Karolinska Institute di Swedia telah menemukan bahwa adanya hubungan antara buah bit dengan regulasi tekanan darah pada wanita hamil. Dalam studi tersebut, dua puluh wanita di rumah sakit Saint Mary, Manchester, dengan tekanan darah yang cukup tinggi, diberikan suntikan jus bit yang kaya akan nitrat sebanyak 70 mililiter setiap hari selama 8 hari. Hasilnya, sebagian besar wanita mengalami peningkatan kadar nitrat dan nitrit dalam darah mereka sekitar 2-3 jam setelah minum.

Sedangkan pada kelompok lain yang juga terdiri dari 20 wanita, diberikan minuman plasebo bit yang sudah dihilangkan kandungan nitratnya. Hasilnya, mereka tidak mengalami perubahan kadar nitrat atau nitrit dalam darah.

Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam perubahan tekanan darah antara kelompok wanita yang mengonsumsi bit tinggi nitrat dengan yang mengonsumsi plasebo bit tanpa nitrat. Namun, pada wanita yang minum jus bit yang kaya nitrat, terlihat adanya perubahan tekanan darah diastolik, yaitu tekanan ketika jantung beristirahat di antara denyut. Diduga hal ini dipengaruhi oleh nitrit plasma. Jadi, nitrat yang diperoleh dari bit diubah dalam tubuh menjadi nitrit yang akhirnya menjadi nitrat oksida yang dikaitkan dengan pembuluh darah yang sehat.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Tekanan Darah Selama Kehamilan

Efek Samping Buah Bit pada Kehamilan

Yang perlu digarisbawahi, meski memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, buah bit bisa saja memicu efek samping bila dikonsumsi terlalu banyak. Misalnya, memicu mual dan muntah, lemas, diare, hingga potensi batu ginjal.

Oleh sebab itu, bumil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah bit secukupnya. Bila perlu tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi buah ini. 

Nah, andaikan ibu ingin melakukan pemeriksaan kehamilan, ibu bisa kok langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan ibu di Halodoc. Mudah, kan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play! Mudah, kan?

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. Eating Beetroot During Pregnancy: Health Benefits And Side Effects.
Medical Xpress. Diakses pada 2020. Beetroot has blood pressure link in pregnant women.