31 January 2019

Miom dan Tumor, Lebih Bahaya Mana?

Miom dan Tumor, Lebih Bahaya Mana?

Halodoc, Jakarta – Hampir semua wanita pasti akan merasa khawatir mendengar kata miom dan tumor apalagi jika mengalaminya. Terdiagnosis memiliki salah satu dari kedua penyakit tersebut bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa saja. Lantas, manakah yang lebih berbahaya di antara miom dan tumor? Apa perbedaan di antara kedua kondisi tersebut?

Mengenal Miom  

Miom adalah jenis tumor jinak yang menyerang organ reproduksi wanita. Kondisi ini terjadi, karena adanya pertumbuhan sel yang bersifat jinak pada otot dinding rahim. Miom alias mioma adalah tumor jinak yang tumbuh di otot atau jaringan ikat di rahim wanita. Hingga kini masih belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab munculnya miom.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga berkaitan dengan kondisi ini. Pertumbuhan miom diduga terjadi karena pengaruh dari hormon, yaitu hormon estrogen dan progesteron, serta kehamilan pada wanita. Sayangnya, kondisi ini sering tidak disadari wanita karena tidak menimbulkan gejala yang parah.

Baca juga: Mengenal Miom pada Rahim dan Bahayanya

Miom memang sering tumbuh tanpa memunculkan gejala apapun, sampai akhirnya menjadi semakin parah. Saat sudah memasuki tahap yang lebih parah, miom bisa menyebabkan perdarahan pada Miss V, sakit perut, nyeri panggul, sering buang air kecil, dan rasa sakit yang muncul saat berhubungan intim dengan pasangan.

Saat miom sudah mulai menunjukkan gejala, artinya penyakit ini sudah memasuki tingkat yang lebih parah. Sehingga, prosedur operasi pengangkatan mungkin perlu dilakukan untuk menangani miom pada rahim.

Apa Itu Tumor?

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa miom merupakan salah satu jenis tumor yang bisa terjadi pada wanita. Tumor sendiri merupakan pertumbuhan masa jaringan yang tidak normal yang berisi daging atau cairan. Jaringan tidak normal ini bisa tumbuh di mana saja pada tubuh manusia, mulai dari tulang, organ dan jaringan lunak.

Jaringan yang tumbuh sebagai tumor memiliki sifat jinak alias tidak berbahaya. Pada dasarnya, ada dua jenis tumor yang bisa menyerang, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak, seperti miom, biasanya hanya berada di satu tempat dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Miom & Ketahui Bahayanya

Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Berbahaya?

Miom merupakan salah satu jenis tumor yang bisa menyerang tubuh. Selain miom, masih ada banyak jenis tumor lain yang bisa terjadi pada manusia. Pada mulanya, baik miom maupun tumor di bagian tubuh lain mungkin tidak berbahaya, karena bersifat jinak.

Jika diobati dengan tepat, sebagian tumor jinak biasanya akan membaik dan merespon dengan baik. Sebaliknya, jika tidak diobati, maka kondisi ini bisa menjadi berbahaya karena tumor bisa terus tumbuh dan menyebabkan masalah serius karena ukurannya.

Baca juga: Lebih Bahaya Mana, Miom atau Kista?

Pada miom, jika sudah muncul gejala yang bersifat mengganggu, mungkin diperlukan operasi pengangkatan. Meski jarang berubah menjadi kanker, miom tetap bisa menjadi ancaman. Sebab, ada kemungkinan miom berubah menjadi kanker yang kemudian disebut dengan fibrosarkoma.

Cari tahu lebih lanjut mengenai perbedaan miom dan tumor dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan terpercaya dan tips menjaga kesehatan dengan lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!