• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Minum Kopi Bisa Mencegah Batu Empedu?

Mitos atau Fakta, Minum Kopi Bisa Mencegah Batu Empedu?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kopi bukan hanya terkenal karena aroma dan kenikmatan rasanya saja, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kopi yang belum terkenal adalah mencegah penyakit batu empedu. Sedangkan manfaat kopi yang sudah dikenal banyak kalangan adalah mampu menambah energi, memperbaiki suasana hati, meredakan sakit kepala, serta menambah fokus dan konsentrasi saat bekerja. Berikut fakta tentang manfaat kopi untuk mencegah penyakit batu empedu!

Baca juga: 5 Gejala Batu Empedu


Manfaat Kopi dalam Mencegah Penyakit Batu Empedu, Ini Faktanya

Kopi dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. Batu empedu yang terbentuk dapat terakumulasi dalam saluran empedu, yang berakibat terblokirnya saluran-saluran di dalamnya. Saat kondisi tersebut terjadi, gejala yang dirasakan adalah sakit perut sebelah kanan, hingga ulu hati. Dari penelitian yang dilakukan, konsumsi lebih dari 6 gelas kopi sehari dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu sebanyak 23 persen.

Bagi seseorang yang hanya mengonsumsi 1-2 gelas per hari saja tetap dapat menurunkan risiko terbentuknya batu empedu, meski dalam persentase yang sedikit. Seseorang yang hanya mengonsumsi 1 gelas kopi per hari dapat mengalami penurunan terbentuknya batu empedu sebanyak 3 persen. Sedangkan pada orang-orang yang mengonsumsi 3-6 gelas kopi per hari, mereka akan mengalami penurunan risiko terjadinya batu empedu sebanyak 17 persen.

Untuk mengetahui manfaat kopi lebih dalam mengenai hal tersebut, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Ini Bedanya Batu Empedu dan Batu Ginjal


Begini Cara Kerja Kopi Dalam Mencegah Penyakit Batu Empedu

Kafein yang dikeluarkan melalui cairan empedu mampu mengurangi jumlah kolesterol yang ditemukan dalam cairan empedu. Hal tersebutlah yang memungkinkan adanya penurunan risiko terbentuknya batu empedu, karena terbentuknya batu empedu akan tergantung pada keseimbangan kadar kolesterol dan asam empedu.

Kafein juga mampu menstimulasi kontraksi otot yang menggerakkan isi makanan dalam saluran pencernaan, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya batu empedu saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan cokelat. Bagi seseorang yang mengidap masalah kesehatan tertentu dan tetap ingin mengonsumsi kafein, diskusikan dulu dengan dokter, ya!

Baca juga: Viral Boba Sumbat Usus, Ternyata Batu Empedu


Selain Mengonsumsi Kopi, Ini Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu

Selain mengonsumsi kopi, ada beberapa cara lain guna mencegah terbentuknya batu empedu. Beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Mengubah pola makan dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh. Makanan yang harus dihindari adalah daging berlemak, mentega, keju, kue dan biskuit, serta makanan yang mengandung minyak kelapa atau minyak sawit.
  • Perbanyak konsumsi sayur, dan buah-buahan, setidaknya lima porsi dalam sehari. Konsumsi pula gandum utuh.
  • Konsumsi kacang tanah dan kacang mete.
  • Jangan mengonsumsi alkohol berlebihan.
  • Kurangi berat badan berlebih.

Saat kamu memiliki berat badan berlebih, turunkan secara bertahap, jangan secara drastis. Konsumsi kalori yang terlalu rendah dapat mengganggu proses kimiawi dari cairan empedu, sehingga memicu terbentuknya batu empedu. Dengan minum kopi 1-2 gelas per hari, kamu sudah bisa merasakan manfaat kopi dalam mencegah pembentukan batu empedu. Selamat mencoba!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. More coffee, fewer gallstones.
WebMD. Diakses pada 2020. Drink Coffee, Avoid Gallstones?
Coffee & Health. Diakses pada 2020. Gallstones.