Musik Bisa Meredakan Gangguan Kecemasan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Musik Bisa Meredakan Gangguan Kecemasan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Musik merupakan suatu hal yang menyenangkan ketika dilakukan terutama saat mendengarkan lagu favorit. Dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu bahagia, tubuh akan ikut menuju arah yang positif. Maka dari itu, banyak ahli terapi yang menggunakan musik untuk mengatasi beberapa masalah.

Tidak sedikit orang yang gemar mendengarkan musik sambil bekerja atau mengisi waktu luang. Ternyata, musik mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meredakan gangguan kecemasan. Hal tersebut karena musik dapat membuat kamu rileks. Berikut pembahasan selengkapnya mengenai hal tersebut!

Baca juga: Apa Beda Gangguan Panik dan Gangguan Kecemasan?

Redakan Gangguan Kecemasan dengan Musik

Musik yang kamu dengarkan setiap hari ternyata dapat meredakan gangguan kecemasan. Hal tersebut disebut dengan terapi musik yang mampu menurunkan perasaan tertekan yang dirasakan. Metode ini telah terbukti berdampak positif terhadap fisik, sosial, dan psikologis.

Berbagai macam jenis musik dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang berbeda-beda pada setiap orang. Contohnya, ahli terapi akan menggunakan musik rock untuk mengatasi ketidaknyamanan dan disebut dapat meningkatkan kemampuan dalam mentolerir rasa sakit. Selain itu, untuk mengatasi stres umumnya menggunakan musik klasik.

Bagaimana cara musik dapat meredakan gangguan kecemasan? Disebutkan seseorang yang kerap mendengarkan musik dapat membantu untuk menghilangkan stres dan gangguan kecemasan. Hal tersebut terjadi karena peningkatan suasana hati dan kesegaran tubuh. Disebutkan seseorang yang mengalami stres, tubuhnya akan terasa tegang.

Ahli terapis menggunakan musik sebagai alternatif untuk membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, terapi musik juga umumnya digunakan agar otot menjadi lebih santai sehingga rasa cemas akan menurun. Dengan tubuh yang lebih rileks, stres yang menyerang pikiran juga akan berkurang.

Gangguan kecemasan juga umumnya terjadi bersamaan dengan gangguan lain, seperti penyalahgunaan zat dan gangguan suasana hati lainnya. Dengan begitu, sangat penting untuk mengobati semua gangguan yang menyerang secara bersamaan karena keduanya saling berhubungan.

Contohnya, apabila gangguan tersebut terjadi disebabkan oleh gangguan bipolar. Maka perawatan yang dilakukan untuk kedua gangguan tersebut dapat lebih efektif agar diatasi secara bersamaan dibanding hanya merawat salah satunya karena memungkinkan untuk kambuh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan kecemasan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar dari rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Benarkah Mendengarkan Musik Bisa Menurunkan Risiko Gangguan Jiwa?

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Memang manfaat dari mendengarkan musik sudah umum diketahui orang banyak. Hal tersebut dapat meredakan stres dan meredam gangguan kecemasan yang terus timbul. Walau begitu, masih banyak manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari mendengarkan musik:

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Manfaat lainnya dari mendengarkan musik selain meredakan gangguan kecemasan adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Seseorang yang mendengarkan musik sekaligus memainkan alat musik mempunyai fungsi kognitif dan intelektual diri yang lebih tinggi dibandingkan orang yang terbilang jarang melakukannya.

  1. Berdampak Baik untuk Diet

Di samping mengatasi gangguan kecemasan, mendengarkan musik juga baik untuk program diet. Hal tersebut karena musik yang mempunyai tempo lambat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, kamu akan makan dengan tempo yang lebih pelan dan merasa lebih cepat untuk kenyang.

Baca juga: Gangguan Kecemasan dan Serangan Panik, Sama atau Beda?

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang terasa lebih nyenyak juga dapat terjadi ketika seseorang melakukan terapi dengan musik. Hal tersebut karena saraf-saraf yang lebih rileks, sehingga gangguan yang berhubungan dengan tidur dapat diatasi. Dengan mendengarkan musik jenis klasik dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2019. Music Soothes Anxiety, Reduces Pain
Portland Music Therapy. Diakses pada 2019. Can Music Therapy Reduce Stress and Anxiety?