• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan

Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 September 2022

“Salah satu faktor yang dapat memicu sariawan adalah kurangnya asupan vitamin B-12, zinc, folat (asam folat) dan zat besi. Nah, ada beberapa sayur dan buah yang diketahui memiliki asupan nutrisi tersebut.”

Nutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat SariawanNutrisi dalam Sayur dan Buah untuk Menjadi Obat Sariawan

Halodoc, Jakarta – Sariawan, atau canker sores merupakan  peradangan pada mulut yang menimbulkan rasa nyeri. Akibatnya, seseorang yang sedang memiliki sariawan, tidak nafsu makan atau sulit untuk berbicara. Sariawan memang dapat sembuh sendiri, tapi alangkah lebih baik jika diatasi sedari dini. 

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai obat sariawan. Sebab, beberapa sayuran dan buah-buahan tersebut mengandung nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Penasaran apa saja sayur dan buah tersebut? Yuk, simak informasinya di sini!

Nutrisi Sayur dan Buah Sebagai Obat Sariawan

Meski hingga saat ini penyebab pasti sariawan masih belum jelas, para ahli menduga bahwa kombinasi faktor berkontribusi terhadap kemunculannya. Salah satu faktor yang dapat memicu sariawan adalah kurangnya asupan vitamin B-12, zinc, folat (asam folat) dan zat besi. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi tersebut. Berikut adalah beberapa sayur dan buah yang perlu dikonsumsi sebagai obat sariawan: 

1. Sayuran bayam

Ada beberapa makanan yang diketahui tinggi akan zat besi, salah satunya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sayuran ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan tetapi mengandung kalori yang sangat sedikit. Nah, perlu diketahui bahwa sekitar 3,5 ons (100 gram) bayam mentah mengandung 2,7 miligram zat besi, atau 15 persen dari angka kebutuhan harian. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin C yang secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh.

2. Kentang dan ubi

Beberapa sayuran mengandung jumlah yang cukup dan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan mineral zinc sehari-hari. Misalnya, kentang yang besar mengandung 1,08 miligram, atau 9,8 persen kebutuhan harian untuk pria dan 13,5 persen kebutuhan harian untuk wanita. Sementara itu, ubi jalar besar mengandung setidaknya 0,576 miligram, atau 5,2 persen kebutuhan harian untuk pria dan 7,2 persen kebutuhan harian untuk wanita.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bergizi dan mengandung zat kaya vitamin yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.  Menariknya lagi, pisang juga merupakan salah satu buah kaya akan asupan vitamin B12 dan serat. Berdasarkan kandungan nutrisinya yang tinggi, pisang juga diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu dalam mengelola tekanan darah, mengurangi stres, menghilangkan sembelit dan masalah maag, hingga mengendalikan suhu tubuh total.

4. Buah jeruk 

Secara umum, jeruk mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C dan vitamin B. Nah, vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengatasi sariawan. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung senyawa beta karoten, antioksidan, kalsium. Beberapa nutrisi tersebut sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. 

Itulah penjelasan mengenai nutrisi dalam sayur dan buah untuk menjadi obat sariawan. Salah satu faktor yang dapat memicu sariawan adalah kurangnya asupan vitamin B-12, zinc, folat (asam folat) atau zat besi. 

Nah, ada beberapa sayur dan buah yang diyakini dapat menjadi obat sariawan bila dikonsumsi. Mulai dari sayuran hijau seperti bayam, kentang dan ubi, pisang, hingga buah jeruk. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, setiap harinya. Khususnya ketika kamu memiliki sariawan yang membandel. 

Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memenuhi segala kebutuhan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain dari makanan, kamu juga bisa memenuhinya melalui konsumsi suplemen kesehatan. Nah, jika saat ini kamu membutuhkan suplemen, kamu bisa cek kebutuhan suplemen dan vitamin melalui aplikasi Halodoc, lho. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Canker sore. 
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Healthy Foods That Are High in Iron. 
Healthline. Diakses pada 2022. The 10 Best Foods That Are High in Zinc. 
Star Health. Diakses pada 2022. Vitamin B12-rich fruits and vegetables. 
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores