Orang Jepang Panjang Umur? Ini 4 Rahasianya

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Orang Jepang Panjang Umur? Ini 4 Rahasianya

Halodoc, Jakarta – Orang Jepang dikenal memiliki masa hidup yang panjang alias lebih panjang umur dibanding penduduk dunia lainnya. Ternyata, ada resep rahasia di balik hal itu. Cara hidup penduduk negeri sakura tersebut diyakini menjadi alasannya. Lantas, bagaimana sebenarnya cara orang Jepang hidup agar bisa panjang umur? 

Jepang diketahui menjadi negara yang paling banyak memiliki centenarian, yaitu orang yang bisa hidup hingga usia lebih dari 100 tahun. Hal ini mungkin bisa membuat banyak orang merasa iri, sebab hidup lama dengan tingkat kesehatan yang baik bisa jadi menjadi impian banyak orang. Menjalani hidup sehat dan penuh cinta ternyata menjadi salah satu alasan orang Jepang panjang umur. Biar lebih jelas, yuk intip resep panjang umur dari negara ini! 

Baca juga: 5 Kebiasaan Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Mengenal Rahasia Panjang Umur Orang Jepang 

Tidak sedikit orang Jepang yang dikenal memiliki usia yang panjang, dan disertai dengan tingkat kesehatan yang baik. Di wilayah Okinawa, Jepang, bahkan ada ratusan warga yang masih hidup hingga berusia lebih dari 100 tahun. Dengan semua hal tersebut, ternyata caranya tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini resep rahasia panjang umur orang Jepang yang bisa dicontoh! 

  • Makan Sehat 

Asupan makanan nyatanya menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh, dan hal itu dipahami betul oleh penduduk negara Jepang. Orang Jepang terbiasa untuk mengonsumsi produk makanan segar dan jarang mengonsumsi makan olahan. Malahan, anak-anak sekolah di sana terbiasa membawa kotak makan alias bekal makan siang yang diolah sendiri di rumah. 

Orang Jepang diketahui rutin mengonsumsi sayuran dan buah musiman. Selain itu, mereka juga jarang melewatkan makanan laut. Jenis makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 

  • Mencintai Kehidupan

Salah satu nilai kehidupan yang dijunjung tinggi masyarakat Jepang adalah Ikigai. Dalam konsep ini, mereka diajarkan untuk lebih mencintai kehidupan dan menjalani hidup dengan melakukan hal-hal yang dicintai. Makna dari konsep ini bisa sangat luas, tetapi Ikigai sering diartikan sebagai Iki yang berarti hidup dan Gai berarti reason. Dengan kata lain, Ikigai bisa dimaknai sebagai konsep menjalani hidup dengan alasan-alasan tertentu. Umumnya, alasan hidup seseorang pastilah merupakan sesuatu yang dicintai, dan nyatanya hal itu berkaitan dengan tingginya angka harapan hidup. Orang yang menjalani hidup dengan penuh cinta disebut lebih jarang mengalami stres dan terserang penyakit fisik. 

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

  • Berolahraga

Orang Jepang juga dikenal gemar berolahraga, salah satunya adalah berjalan kaki. Aktivitas kecil ini nyatanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ jantung. Rutin berjalan kaki yang dibarengi dengan penerapan pola makan sehat, bisa membantu mencegah obesitas. Kelebihan berat badan alias obesitas bisa memicu berbagai penyakit menyerang. 

  • Akses Kesehatan Mudah

Melansir Telegraph, akses kesehatan di Jepang diketahui sangat mudah. Nyatanya, hal ini juga berkaitan dengan tingginya angka harapan hidup penduduknya. Memiliki pelayanan kesehatan yang baik dan mudah diakses membuat penduduk negara Jepang menjadi lebih sehat dan jarang mengidap penyakit menahun atau penyakit yang tidak disadari.

Baca juga: Untuk Pecinta Makanan Jepang, Ini Manfaat Makan Tempura Udang

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Stylist. Diakses pada 2019. These Japanese beauty and wellness tips could be the secret to a longer life
CNBC. Diakses pada 2019. This Japanese secret to a longer and happier life is gaining attention from millions around the world.
Telegraph. Diakses pada 2019. Japanese people live longer than the rest of us – so what's their secret?