30 November 2018

Pencegahan TBC Tulang Belakang pada Anak-Anak

pencegahan tbc tulang belakang pada anak-anak

Halodoc, Jakarta – Penyakit tuberkulosis atau penyakit TBC tidak hanya menyerang paru-paru saja. Penyakit tuberkulosis dapat menyebar dan menyerang tulang belakang. Penyakit TBC tulang belakang umumnya menyerang tulang pada area toraks bagian bawah dan vertebra lumbalis bagian atas. Penyakit ini merupakan komplikasi dari penyakit TBC paru-paru yang diakibatkan menyebarnya bakteri mycobacterium tuberculosis hingga ke tulang belakang. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun rentan mengalami penyakit ini.

Anak-anak yang mengalami TBC tulang belakang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tulang belakang. Tentu hal ini mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Biasanya, anak yang mengidap TBC tulang belakang mengalami beberapa gejala awal seperti demam, nyeri pada beberapa bagian tulang, kehilangan nafsu makan disertai penurunan berat badan yang cukup drastis, dan membatasi gerak anak akibat rasa nyeri serta kaku yang dirasakan pada bagian persendian.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan anak-anak mengalami TBC tulang belakang, daya tahan tubuh yang belum optimal dan kebersihan lingkungan bisa menjadi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anak-anak terpapar bakteri TBC tulang belakang.

Pencegahan TBC Tulang Belakang pada Anak

Menjaga kesehatan anak menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit TBC tulang belakang pada anak. Selain itu, ibu bisa melakukan beberapa cara untuk menurunkan faktor risiko penyebab TBC tulang belakang:

1. Makanan Sehat

Tentu dengan memberikan makanan yang sehat pada anak, kebutuhan gizi, dan nutrisi anak terpenuhi dengan baik. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan terpenuhinya kebutuhan gizi anak, salah satunya adalah daya tahan tubuh anak yang menjadi optimal. Penuhi gizi dan nutrisi dengan mencukupi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Ibu bisa memberikan camilan-camilan sehat pada anak yang dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak seperti buah-buahan yang mengandung vitamin C atau madu untuk tambahan minum anak. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air anak setiap harinya.

2. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan bisa ibu lakukan untuk menghindari anak dari penyakit TBC khususnya TBC tulang belakang. Sebaiknya, perhatikan sirkulasi udara yang baik agar udara dalam rumah terus berganti dan anak bisa menghirup udara yang segar setiap saat. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Pada kondisi yang lembap, virus TBC dapat bertahan hidup lebih lama. Tempat tinggal yang bersih dan nyaman tidak hanya menjauhkan anak dari penyakit TBC, tapi juga membuat kesehatan tubuh anak dan anggota keluarga lainnya tetap terjaga.

3. Berikan Anak Waktu Istirahat yang Cukup

Perhatikan waktu istirahat anak. Semakin anak kurang istirahat tentu daya tahan tubuh anak juga akan melemah. Waktu istirahat yang cukup membuat daya tahan tubuh anak lebih kuat dan tubuh anak lebih siap menghadapi infeksi bakteri.

4. Jauhkan Anak dari Pengidap TBC

Sebaiknya, hindari anak dari pengidap TBC. Sistem imun dan daya tahan tubuh yang belum optimal mempermudah virus TBC untuk menyerang anak-anak.

TBC tulang belakang bisa disembuhkan meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebaiknya selalu periksa kesehatan anak secara berkala khususnya jika menemui gejala TBC tulang belakang. Pengobatan sejak dini membantu anak untuk segera pulih dan mencegah komplikasi penyakit lainnya.

Ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: