27 April 2018

4 Langkah Mencegah Tuberkulosis

4 Langkah Mencegah Tuberkulosis

Halodoc, Jakarta — Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang merusak jaringan paru-paru. Penyebab tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Meskipun termasuk ke dalam kategori penyakit menular, kamu bisa mencegah tuberkulosis dengan berbagai cara.

Salah satu cara mencegah TBC adalah dengan menghentikan penularan TBC dari satu orang ke orang lain. Ini bisa dilakukan dengan mengidentifikasi penderita TBC, kemudian merawat, dan memberikan pengobatan. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah tuberkulosis?

  1. Pemeberian Vaksin BCG

Vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) efektif untuk mencegah TBC sampai seseorang berusia 35 tahun. Efektivitas BCG bisa meningkat bila tidak ada pengidap TBC di lingkungan tempat tinggal kamu. Vaksin ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1920-an dan paling banyak digunakan untuk memvaksin hampir 80% bayi baru lahir di seluruh dunia.

  1. Diagnosis Sejak Dini

Pencegahan penyebaran TBC akan efektif bila dilakukan diagnosis dan pengobatan sejak dini. Seseorang dengan penyakit TBC dapat menularkan bakteri kepada 10-15 orang setiap tahunnya. Bisa kamu bayangkan bagaimana penyebarannya bila tidak dilakukan pengobatan?

(Baca juga: Gejala Tuberkulosis yang Harus Dikenali)

  1. Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal

TBC adalah penyakit yang menular melalui udara saat penderita TBC bersin atau batuk. Risiko infeksi bisa dikurangi dengan membuat sistem sirkulasi udara atau ventilasi yang bagus di rumah. Bakteri TBC dapat mengendap lebih lama dalam rumah apabila sistem ventilasi tidak bagus. Berikan juga pencahayaan yang cukup bagi rumah. Sinar UV dari matahari mampu membunuh bakteri TBC. Jadi, pastikan rumah kamu mendapatkan pencahayaan yang cukup ya!

  1. Tingkatkan Sistem Imun

Sistem imun bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Sistem imun yang baik membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk bakteri penyebab TBC ini.

Tentang mengatur pola makan yang sehat, kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Juga, kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang cara mencegah tuberkulosis. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin atau obat, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis, kan? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!

(Baca juga: Tak Hanya pada Bayi Saja, Ini 5 Alasan Mengapa Orang Dewasa Perlu Lakukan Imunisasi)