• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pendarahan pada Mata, Berapa Lama Waktu untuk Pulih?

Pendarahan pada Mata, Berapa Lama Waktu untuk Pulih?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Mata adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Jika mata mengalami gangguan, kamu mungkin mengalami kesulitan untuk beraktivitas. Meski begitu, mungkin saja kamu mengalami sesuatu yang di luar dugaan, sehingga mata dapat mengalami perdarahan.

Gangguan tersebut disebut juga dengan perdarahan subkonjungtiva yang membuat pembuluh darah pada mata pecah. Banyak orang takut jika gangguan ini dapat menimbulkan sesuatu yang berbahaya, padahal tidak ada risiko yang dapat terjadi dan dapat sembuh dengan sendirinya. Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk seseorang sembuh dari perdarahan mata? Berikut ulasannya!

Baca juga: Mata Berdarah? Ini Penyebab Terjadinya Perdarahan Subkonjungtiva

Waktu yang Dibutuhkan agar Perdarahan Mata Pulih

Gangguan perdarahan mata atau subkonjungtiva adalah suatu kejadian yang menyebabkan pembuluh darah pecah di bagian putih mata seseorang. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya bercak merah yang tampak seperti memar pada kulit. Konjungtiva adalah lapisan tipis yang menutupi bagian dalam kelopak mata dan permukaan mata. Bagian ini mengandung banyak pembuluh darah kecil yang membawa oksigen dan nutrisi ke mata.

Pada kasus yang jarang, seseorang dapat mengalami pembuluh darah di konjungtiva terbuka dan berdarah. Darah yang keluar tersebut kemudian terkumpul di bawah konjungtiva dan membuat bagian putih pada mata tersebut terlihat merah. Meski begitu, gangguan ini dapat terjadi pada semua orang di segala rentang usia. Pun, tidak ada bahaya yang dapat timbul saat seseorang mengalaminya.

Meski begitu, kebanyakan penyebab dari perdarahan pada mata terjadi secara spontan tanpa penyebab yang jelas. Selain itu, seseorang yang mengalami gangguan ini tidak merasakan sakit dan dapat tersadar saat bercermin lalu melihat matanya memerah. Jadi, sebenarnya berapa lama gangguan ini dapat sembuh dengan sendirinya?

Memang umumnya seseorang yang mengalami perdarahan pada mata tidak membutuhkan perawatan. Namun, kamu dapat menggunakan air mata tiruan yang dijual bebas dan diaplikasikan pada mata jika terjadi iritasi ringan. Saat perdarahan tersebut berhubungan dengan trauma, dokter mata akan menentukan perawatan lainnya yang diperlukan agar dapat mengatasi cedera yang terjadi pada mata.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah di Mata

Jika tidak disebabkan oleh cedera, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu setelahnya. Pemulihan umumnya tidak menimbulkan masalah jangka panjang, tetapi menimbulkan gejala mirip memar ringan di bawah kulit. Memar kulit tersebut juga dapat berubah menjadi berwarna hijau, hitam, dan biru saat sembuh. Perdarahan pada mata terbilang sangat jarang untuk terjadi pada lokasi yang sama di bagian mata yang sama. 

Ahli medis juga akan lebih fokus terhadap perawatan yang menjadi penyebab seseorang mengalami perdarahan subkonjungtiva jika saat diperiksa benar ada. Salah satu yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah konsumsi obat tekanan darah saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang dapat berisiko untuk menyebabkan perdarahan pada mata.

Itulah pembahasan mengenai waktu yang dibutuhkan agar perdarahan mata dapat sembuh dengan sendirinya. Penting untuk tidak menggunakan obat apapun pada mata tanpa persetujuan dari dokter. Jika kamu menggunakan obat secara sembarangan, bukan tidak mungkin gangguan lainnya pada mata dapat terjadi.

Baca juga: Pembuluh Darah Mata Pecah, Apa Penyebabnya?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait gangguan perdarahan pada mata. Dengan mengetahui semua hal terkait gangguan tersebut, rasa khawatir kamu dapat diredam. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. Subconjunctival Hemorrhage.
All About Vision. Diakses pada 2020. Subconjunctival hemorrhage (blood in eye): Causes and treatment.