Pentingnya Memakai Masker saat Naik Motor

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Manfaat Masker

Halodoc, Jakarta - Motor merupakan kendaraan paling umum yang paling banyak digunakan untuk bepergian. Namun, banyaknya polusi dan debu dapat mengganggu perjalanan menggunakan kendaraan yang satu ini. Nah, agar berkendara tetap nyaman, kamu perlu melindungi diri dari berbagai gangguan tersebut dengan menggunakan masker. Berikut manfaat menggunakan masker saat berkendara:

Baca juga: Polusi Udara Bisa Sebabkan Kemandulan?

Melindungi Wajah dari Polusi

Ketika mengendarai motor, kamu harus mewaspadai polusi, debu, serta bau tidak sedap yang biasanya muncul. Dengan menggunakan masker, wajah akan tetap aman saat berkendara. Masker wajah sendiri dijual bebas dengan berbagai macam jenis dan bahan. Dalam hal ini, kamu dapat memilih masker sesuai dengan kebutuhan.

Melindungi dari Udara Dingin

Berkendara motor bisa saja menjadi hal yang sulit dilakukan saat udara dingin menyerang. Akibatnya, napas menjadi dingin dan hidung terasa sangat tidak nyaman. Dalam hal ini, kamu dapat memilih masker wajah yang membuatmu dapat menghirup napas dengan hangat selama perjalanan, meskipun udara sedang dalam suhu yang sedang dingin.

Perjalanan Jauh Terasa Aman

Tak hanya melindungi wajah dan memudahkan perjalanan saat cuaca sedang dingin, masker juga memungkinkan pengendara untuk melakukan perjalanan jauh dengan nyaman dan aman. Dalam hal ini, kamu hanya tinggal memilih bahan masker sesuai kebutuhan.

Baca juga: Awas, Polusi Udara Bisa Mengendap di Plasenta 

Mencegah Paparan Matahari Langsung

Ini merupakan salah satu manfaat utama masker wajah, yaitu menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Ketika wajah terus-menerus mendapat paparan sinar matahari langsung, berbagai macam masalah pada kulit, seperti kulit kusam dan flek hitam bisa saja muncul sewaktu-waktu.

Mencegah Sakit Kepala

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa saja muncul ketika kamu melakukan perjalanan panjang menggunakan motor, tanpa menggunakan masker. Hal ini terjadi karena polutan beracun yang terhirup masuk ke dalam tubuh. Polutan yang ada di jalanan memang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh akan mengalami sejumlah masalah kesehatan jika polutan ini banyak masuk ke dalamnya.

Hal tersebut dapat diatasi jika kamu menggunakan masker. Ketika menggunakannya, kamu akan memiliki kualitas penyaringan udara yang baik, sehingga polutan tidak terhirup masuk ke dalam tubuh.

Berkendara Menjadi Lebih Sehat

Ketika kamu menghirup udara bersih, jumlah oksigen dalam aliran darah otomatis akan meningkat. Namun, tidak sebaliknya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut zat-zat polutan berbahaya yang kamu hirup ketika berkendara tidak menggunakan masker:

  • Karbon monoksida yang dikeluarkan oleh knalpot dan proses industri lainnya.

  • Nitrogen oksida yang dikeluarkan oleh knalpot. Polutan jenis ini dapat menggelembungkan lapisan paru-paru, sehingga menyebabkan batuk dan iritasi permanen.

  • Ozon yang terbentuk di permukaan tanah yang telah tercampur dengan nitrogen oksida dan gas lainnya. Polutan jenis ini dapat menyebabkan asma, serta iritasi pada mata dan hidung.

  • Timbal di udara yang ada di daerah perindustrian. Polutan jenis ini dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

  • Partikel seperti jelaga, kotoran, debu, dan serbuk sari.

Baca juga: Kenali Infeksi Saluran Pernapasan Akibat Polusi Udara

Tak hanya mengganggu kesehatan organ dalam tubuh, paparan langsung sinar matahari juga dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan kulit, seperti kanker kulit. Hal tersebut terjadi karena kulit terus-menerus terpapar radikal bebas. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kamu wajib menggunakan masker saat berkendara.

Jika kamu mengalami sejumlah masalah kesehatan terkait dengan paparan polutan di udara saat berkendara, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan sejumlah pemeriksaan yang tepat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat menyerang sistem pernapasanmu.

Referensi:
Medium. Diakses pada 2019. Why Wear Motorcycle Face mask During Riding Bike?
Totobobo. Diakses pada 2019. Benefits of a Motorcycle Face Mask Filter.