Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Halodoc, Jakarta – Proses kehamilan yang panjang memang butuh usaha yang keras dan kesabaran yang tinggi dalam menjalaninya. Bagaimana tidak, minggu-minggu awal kehamilan berlangsung dengan begitu dramatis akibat tubuh berusaha menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan. Belum lagi gejala morning sickness yang bisa terjadi hampir sepanjang hari turut memperburuk kondisi ibu hamil. Tapi akhirnya, masa-masa sulit dan penuh perjuangan tersebut sudah berhasil ibu lewati.

Kini, usia kehamilan ibu memasuki usia 17 minggu. Beberapa gejala awal kehamilan yang menyiksa secara perlahan mulai berkurang. Ibu hamil pun bisa merasakan kondisi yang lebih nyaman dan kuat. Di usia 17 minggu ini, janin juga bertambah semakin besar dan kemampuannya sudah jauh lebih berkembang. Simak perkembangan janin pada minggu ketujuhbelas di sini.

Memasuki usia 17 minggu kehamilan, ukuran janin ibu kira-kira sudah sebesar lobak dengan panjang badan dari kepala sampai kaki sekitar 12 sentimeter dan berat badan sekitar 150 gram. Kini, tempurung kepala bayi yang tersusun dari tulang rawan mulai mengeras. Proses mengerasnya tulang-tulang dalam tubuh janin disebut juga dengan osifikasi. Kaki dan telinga bagian dalam lah yang akan menjadi bagian tubuh pertama yang mengeras.

Selain itu, saraf di bagian tulang belakang janin juga sudah membentuk mielin, yaitu lapisan pelindung protein dan substansi lemak yang bertugas melindungi syaraf untuk mendorong transmisi impuls listrik secara cepat dan efisien. Mielin merupakan lapisan yang sangat penting bagi sistem saraf agar bisa berfungsi dengan baik setelah lahir nanti.

Tapi, bagian dari janin yang paling berkembang pesat di usia 17 minggu kehamilan adalah plasenta. Plasenta janin sudah berkembang pesat dengan ribuan pembuluh darah yang dapat membantu mengoptimalkan fungsinya untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke janin dan membuat zat sisa janin. Tali pusatnya pun sudah menjadi lebih kuat dan tebal.

Bila ibu menjalani pemeriksaan USG di minggu ke-17 ini, dokter kandungan bisa memperdengarkan detak jantung Si Kecil pada ibu.

Baca juga: Kapan Ibu Bisa Mendengar Detak Jantung Janin?

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 17 Minggu Kehamilan

Di usia 17 minggu kehamilan ini, ibu akan mulai menyadari perubahan pada payudara yang ukurannya kian membesar. Sebenarnya payudara ibu sudah banyak mengalami perubahan sejak awal kehamilan. Ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang sedang mempersiapkan tubuh ibu untuk memproduksi ASI.

Di minggu ini, akan ada lebih banyak darah yang mengalir ke saluran ASI, sehingga payudara akan bertumbuh demi mempersiapkan ibu untuk menyusui. Kondisi inilah yang menyebabkan payudara ibu membesar selama masa kehamilan. Jadi, pastikan ukuran payudara ibu yang sudah membesar sekarang dan ganti bra yang biasa dikenakan dengan ukuran bra yang baru demi kenyamanan.

Baca juga: Tips Memilih Underwear yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

Pada perkembangan janin usia 17 minggu, ibu mungkin juga akan sering merasa panas dan mudah berkeringat. Ini terjadi karena hormon kehamilan meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu, metabolisme tubuh selama masa kehamilan juga meningkat yang menyebabkan ibu selalu basah oleh keringat.

Gejala Kehamilan di Usia 17 Minggu

Seiring janin yang terus berkembang, berat badan ibu juga akan meningkat secara bertahap. Jadi, bersiap-siaplah untuk menerima perubahan tubuh ini ya, bu. Di minggu yang ketujuhbelas ini juga, tanda-tanda stretch mark akan mulai bermunculan. Selain itu, aliran darah dalam tubuh ibu juga akan meningkat diikuti dengan meningkatnya cairan tubuh, seperti cairan Miss V, keringat, dan lendir.

Perawatan Kehamilan di Usia 17 Minggu

Beberapa wanita hamil mengeluhkan sering merasa pusing di minggu ketujuhbelas ini. Tapi, jangan khawatir, sebenarnya pusing adalah gejala yang cukup umum terjadi ketika hamil dan bukan kondisi yang berbahaya.

Bila ibu merasa pusing, cobalah untuk berbaring menghadap ke arah kiri dan angkat kaki setinggi mungkin. Ibu juga bisa duduk dan memposisikan kepala di antara lutut. Kemudian, ambil napas yang dalam dan longgarkan pakaian, sehingga tidak terlalu ketat.

Baca juga: Jangan remehkan Sakit Kepala saat Hamil

Nah, itulah perkembangan janin di usia 17 minggu. Bila ibu hamil sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.