21 October 2017

Tips Memililh Underwear yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

Tips Memililh Underwear yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Masih banyak ibu hamil yang mengenakan underwear lama yang ia kenakan sewaktu belum hamil. Untuk masa-masa awal kehamilan, mungkin tidak terlalu bermasalah mengenakan underwear biasa. Namun, jika sudah menginjak trimester kedua, ibu hamil mungkin ingin mengganti pakaian dalamnya dengan yang underwear khusus ibu hamil.

Usia kehamilan yang semakin bertambah akan membuat bentuk tubuh ibu pun juga ikut berubah, yaitu bagian perut dan payudara akan bertambah besar. Karena itu, pemililhan underwear dan bra sangat penting untuk membuat ibu hamil merasa nyaman selama kehamilan.   

Memilih Underwear yang Nyaman untuk Ibu Hamil
Memasuki usia kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu mengenakan underwear yang berukuran lebih besar atau underwear khusus untuk ibu hamil. Ada dua tipe underwear untuk ibu hamil, yaitu:

  • Maternity Briefs atau Grandma Panties.
    Underwear bermodel grandma panties menutupi bagian perut sampai di atas pusar. Karena modelnya yang memanjang ke atas tersebut, bagian perut ibu juga akan ikut terlindungi dan ibu tidak perlu merasa terganggu lagi dengan underwear yang kekecilan akibat perut yang besar.
     
  • Bikini Panties
    Underwear bermodel bikini panties memiliki potongan yang pendek dan hanya menutupi perut di bawah pusar.


Kedua tipe underwear di atas sama-sama nyaman dikenakan oleh ibu hamil, jadi pilihlah yang lebih ibu sukai. Selain tipe underwear, ibu juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Underwear bermodel grand panties memiliki kelebihan karena memiliki model yang bisa menyangga bokong dan perut secara penuh, sehingga ibu bisa lebih nyaman bergerak bebas. Tapi pilih juga model yang tidak terlalu ketat di selangkangan.
     
  2. Selama hamil, ibu akan sering berkeringat dan cairan miss V juga sering keluar, sehingga membuat daerah kewanitaan ibu menjadi lembap, dan berpotensi mengundang jamur dan bakteri. Jadi, pilihlah underwear yang berbahan katun atau kaus, karena mudah menyerap keringat dan dapat memudahkan udara mengalir dengan baik.
     
  3. Hindari memilih underwear yang ketat. Ibu akan merasa tidak nyaman saat menggunakannya akibat karet celana yang menekan perut, pinggang, dan lingkar paha.
     
  4. Beli underwear khusus kehamilan dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 10-12 helai, agar ibu bisa mengganti underwearnya minimal dua kali dalam sehari.
     
  5. Utamakan kualitas daripada harga. Underwear khusus kehamilan dengan bahan yang lembut dan potongan berkualitas baik pastinya akan berharga lebih mahal.


Memilih Bra yang Nyaman untuk Ibu Hamil
Pemilihan bra yang tepat tidak hanya untuk membuat ibu merasa nyaman, tapi juga penting agar aliran darah pada payudara tidak terganggu. Jenis bra yang sesuai juga dapat membantu menjaga bentuk payudara. Berikut adalah tips-tipsnya memililh bra untuk ibu hamil:
 

  • Pilih bra sesuai ukuran payudara
    Saat hamil, payudara membesar karena mulai memproduksi ASI, begitu juga dengan tulang rusuk, serta lingkar dada yang akan membesar sekitar 8-10 cm, sehingga menyebabkan ukuran bra berubah. Pada kehamilan akhir, ibu membutuhkan bra berukuran dua nomor lebih besar dari yang biasanya dipakai. Sebaiknya ibu membeli bra 1-2 minggu sebelum waktu persalinan, agar ukuran bra dan payudara lebih pas. Usahakan untuk selalu mencoba terlebih dahulu sebelum membeli bra.
     
  • Pilih model bra yang nyaman
    Kriteria bra yang nyaman dikenakan oleh ibu hamil adalah yang bahannya katun dan memiliki cup penuh yang dapat menyangga seluruh permukaan payudara. Selain itu, pilih juga bra yang bertali lebar agar tidak menyakiti bahu.
     
  • Jangan lagi mengenakan bra dengan kawat
    Bra berkawat akan membuat ibu merasa tidak nyaman, bahkan terasa sakit saat digunakan. Kawat penyangga pada bra yang sifatnya menekan juga akan mengganggu aliran darah pada payudara.
     
  • Pilih bra yang dapat menahan payudara agar tidak kendur
    Selain kenyamanan, pilihlah bra yang bisa menahan payudara tanpa menekan puting. Hindari bra bertali elastis karena tidak cukup kuat untuk menahan payudara dengan baik. Hal tersebut penting untuk diperhatikan karena jika payudara mengendur selama kehamilan, maka kemungkinan besar tidak akan kembali seperti semula.
     
  • Mulai persiapkan bra khusus menyusui
    Memasuki trimester ketiga, sediakan bra menyusui dengan pengait di depan. Bahkan para ahli menyarankan untuk mengenakan bra menyusui saja di usia kehamilan tersebut, karena bra menyusui dirancang khusus untuk menyangga payudara yang berisi ASI, sehingga bentuk payudara dapat tetap terjaga dengan baik. Selain itu, bra menyusui juga akan memudahkan ibu pada saat menyusui nanti, karena bra tersebut memiliki celah yang dapat mengeluarkan payudara tanpa harus membuka pengait. 


Ibu bisa bertanya lebih lanjut mengenai kehamilan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu ke rumah sakit, ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Tidak hanya itu, ibu juga bias mendapatkan vitamin dan produk kesehatan yang dibutuhkan di aplikasi Halodoc dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.