15 March 2019

Pernah Diidap Jae DAY6, Inilah 5 Fakta Pankreatitis Akut

Pernah Diidap Jae DAY6, Inilah 5 Fakta Pankreatitis Akut

Halodoc, Jakarta – Fans K-Pop baru-baru ini dikejutkan dengan pemberitaan terkait salah satu boyband asal negara Korea Selatan, DAY6. Pasalnya, salah satu member di grup tersebut, Jae, dikabarkan mengidap penyakit pankreatitis akut. Karena hal itu, Jae harus mendapatkan perawatan dan tidak bisa mengikuti jadwal dan kegiatan bersama teman-temannya.

Apa sebenarnya penyakit pankreas akut dan perawatan seperti apa yang dibutuhkan? Pankreatitis akut merupakan peradangan yang terjadi di dalam pankreas dan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Agar lebih jelas, yuk cek fakta seputar penyakit ini!

1. Menyerang Pankreas

Seperti namanya, penyakit pankreatitis akut merupakan peradangan yang menyerang pankreas. Pankreas sendiri merupakan organ berukuran kecil yang terletak di belakang organ lambung dan di bawah tulang iga. Pankreas berfungsi untuk memproduksi enzim-enzim yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat, lemak, serta protein dari makanan yang dikonsumsi. Enzim yang dihasilkan organ ini juga berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh.

Baca juga: 6 Tanda Alami Gangguan Kesehatan pada Pankreas

2. Terjadi dalam Waktu Singkat

Peradangan pada penyakit ini bisa berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Meski begitu, penyakit ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Peradangan akibat pankreatitis akut bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada organ pankreas dan memicu komplikasi fatal. Menjaga kesehatan pankreas, nyatanya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Maka dari itu, segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala atau keluhan pada organ tersebut.

3. Gejala yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai tanda dari penyakit pankreatitis akut. Kondisi ini sering memicu rasa nyeri, seperti ditekan atau diremas pada bagian perut atas. Biasanya, rasa nyeri akan semakin bertambah buruk dan menjalar sepanjang punggung, hingga bagian bawah tulang belikat kiri.

Selain itu, kondisi ini juga bisa menimbulkan gejala berupa demam, mual dan muntah, serta diare. Pankreatitis akut juga bisa menyebabkan perut mengalami pembengkakan dan sakit saat disentuh serta kulit menjadi menguning alias penyakit kuning.

Baca juga: Kenali Tanda dan Gejala Pankreatitis Akut yang Sering Diabaikan

4. Penyebab Pasti Belum Diketahui

Pada dasarnya, belum diketahui secara pasti dan spesifik apa yang menjadi penyebab pankreatitis akut menyerang. Meski begitu, ada beberapa faktor yang disebut menjadi penyebab utama kondisi ini, seperti penyumbatan batu empedu dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Pankreatitis akut juga disebut bisa terjadi karena kerusakan pankreas akibat cedera atau bekas operasi di bagian perut, kadar kalsium tinggi dalam darah, serta hipertrigliserida. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh infeksi, parasit, penyakit autoimun, efek samping obat, serta kemoterapi.

5. Makanan yang Harus Dihindari

Kabar buruknya, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab gejala penyakit pankreatitis akut menjadi lebih parah. Rasa nyeri yang muncul sebagai gejala penyakit ini, biasanya akan menjadi lebih buruk saat pengidapnya mengonsumsi makanan yang berlemak serta minuman yang mengandung alkohol.

Pankreatitis akut yang disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi alkohol, biasanya baru akan menunjukkan gejala dalam enam jam setelah konsumsi minuman beralkohol. Saat kondisi semakin buruk, gejala dehidrasi atau hipotensi bisa muncul pada pengidap pankreatitis akut.

Baca juga: Pecandu Minol Rentan Kena Pankreatitis Akut, Benarkah?

Cari tahu lebih lanjut seputar pankreatitis akut dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!