Pertolongan Pertama saat Alergi Kacang Kambuh

alergi kacang

Halodoc, Jakarta - Ketika seseorang mengalami alergi, berarti mereka tengah mengalami gangguan hipersensitif pada kekebalan tubuh. Pada akhirnya, tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen, seperti makanan, obat, serbuk bunga, atau debu. Tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap alergen akan berbeda-beda dari tahap yang ringan sampai berat dan membahayakan nyawa. Nah, pada kasus seseorang dengan alergi kacang, apa pertolongan pertama yang harus dilakukan?

Baca juga: Ini Alasan Kacang Bisa Sebabkan Alergi pada Anak

Apa Itu Alergi Kacang?

Alergi kacang merupakan reaksi yang terjadi akibat tubuh mengira bahwa kacang merupakan salah satu alergen yang berbahaya bagi tubuh. Akibatnya, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi untuk melawan alergen. Kacang yang bisa menyebabkan alergi biasanya adalah kacang mete, kacang tanah, dan kacang almond.

Apa Gejala yang Muncul pada Pengidap Kondisi Ini?

Gejala pada alergi kacang biasanya akan muncul dalam hitungan detik hingga beberapa jam setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari olahan kacang. Gejala yang muncul biasanya berupa:

  • Adanya pembengkakan pada area wajah.

  • Ruam, gatal-gatal, hingga adanya pembengkakan pada kulit.

  • Tenggorokan terasa seperti tercekik.

  • Mual, muntah, kram perut, serta diare.

Sebanyak 30 persen pengidap alergi kacang mengalami serangan susulan dalam kurun waktu 8 jam setelah serangan pertama. Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang bisa membuat seseorang sembuh dari alergi ini.

Gejala yang muncul dan semakin parah akan memberikan efek yang fatal, seperti syok anafilaksis. Syok anafilaksis merupakan kondisi ketika tekanan darah menurun secara drastis dan saluran napas akan menyempit, sehingga pernapasan terhambat. Kondisi ini tidak dialami oleh semua pengidap alergi kacang.

Baca juga: Anak Alergi Kacang, Bisa Diobati?

Pertolongan Pertama saat Alergi Kacang Kambuh

Alergi merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dalam kasus yang ringan, alergi sering kali menyebabkan ketidaknyamanan. Nah, jika alergi kambuh secara tiba-tiba, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini untuk meringankan gejala yang kamu rasakan:

  1. Jahe. Rempah-rempah ini mengandung anti-inflamasi dan anti-mikroba. Kedua sifat tersebut efektif untuk mengurangi gejala alergi yang dirasakan.

  2. Lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu mengusir kotoran dan racun dari dalam tubuh. Hal ini akan meringankan dampak dari alergi. Selain itu, lemon juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  3. Teh hijau. Bahan alami ini mampu memberikan pertolongan pertama untuk menghilangkan racun penyebab alergi.

  4. Wortel dan mentimun. Kedua bahan ini bisa diolah menjadi jus dan digunakan untuk meringankan gejala alergi. Rutin minum jus wortel dan mentimun akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan perut.

  5. Cuka apel. Bahan ini merupakan obat alami kuno yang bermanfaat untuk menetralisir tubuh dari racun berbahaya penyebab alergi.

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Ini Tes untuk Mengetahui Alergi Kacang

Kamu bisa mencegah alergi kacang datang dengan memeriksa komposisi kandungan pada kemasan untuk memastikan makanan yang kamu konsumsi terbebas dari kacang.

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!