• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pertolongan Pertama saat Anak Tersedak

Pertolongan Pertama saat Anak Tersedak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Tersedak merupakan salah satu kondisi berbahaya yang lebih sering dialami oleh anak-anak ketimbang orang dewasa. Saat tersedak, saluran napas akan tersumbat, sehingga tidak memungkinkan untuk bernapas. Karena bisa berdampak sangat fatal, orangtua wajib mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika anak tersedak.

Mengatasi tersedak pada anak dapat dilakukan jika ibu menemui sejumlah gejala, seperti kesulitan bicara, anak terlihat seperti tercekik, batu-batu, hingga kesulitan bernapas. Pada kasus yang jarang terjadi, kulit anak yang tersedak akan berubah menjadi kebiruan. Cara mengatasinya pun berbeda dengan orang dewasa ya, bu!

Baca juga: Back Hug, Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Si Kecil Tersedak, Lakukan Ini

Pada orang dewasa, tersedak dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan menepuk-nepuk punggung atau dada. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang tersedak? Berikut hal-hal yang dapat ibu lakukan:

  • Hindari Menggendong atau Mengangkat Anak

Ketika melihat Si Kecil tersedak, hindari menggendong atau mengangkatnya, ya! Pasalnya, kedua hal tersebut dapat membuat makanan atau benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan akan menuju ke paru-paru. Hal tersebut sangat berbahaya, karena akan membuat anak tidak bisa bernapas.

  • Coba Periksa Mulut Si Kecil

Panik merupakan hal yang sangat wajar ketika menemukan anak tersedak. Namun, ibu juga perlu melakukan hal-hal yang masuk akal, seperti memeriksa mulutnya. Bisa saja penyebab anak tersedak adalah adanya benda-benda asing yang tersangkut pada tenggorokan. Jika memang benar, ibu dapat meraih dan mengambilnya dengan tangan secara perlahan.

Baca juga: 9 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

  • Hindari Memberi Minum Saat Anak Tersedak

Jika orang dewasa dapat diatasi dengan mengonsumsi banyak air putih, tapi tidak dengan anak. Mengatasi anak tersedak dengan memberinya air minum akan membuat benda asing tersebut masuk semakin jauh menuju paru-paru. Ibu boleh saja memberikan air minum, tapi jika anak sudah mampu bernapas dengan teratur.

  • Lakukan Dorongan Kecil pada Bagian Dada

Cara mengatasi tersedak pada anak selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan dorongan kecil pada bagian dadanya. Caranya dengan merebahkannya secara terlentang dengan menyangga bagian lengan bawah dengan posisi kepala yang lebih rendah dari bagian dada. Kemudian, letakkan tiga jari tepat di bagian tengah dada, dan tekan sekitar 1,5 inci ke arah atas (tenggorokan). Lakukan dorongan sebanyak lima kali.

  • Coba Teknik Heimlich Maneuver

Heimlich maneuver merupakan teknik mengatasi tersedak pada anak yang dapat dicoba untuk anak di atas satu tahun. Caranya dengan mengambil posisi berdiri atau berlutut di belakang anak, lalu lingkarkan kedua tangan ibu pada tubuhnya. Kemudian, buat sebuah kepalan dan letakkan sedikit di atas pusar. Selanjutnya, tekan kepalan tangan dengan tangan yang lain. Lalu, lanjutkan dengan hentakan ke bagian atas dengan cepat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Mainan untuk Si Kecil

Jika kelima cara mengatasi anak tersedak tersebut tidak berhasil mengeluarkan benda asing penyebab anak tersedak, segera bawa anak ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan langsung ya, bu! Karena dampak tersedak akan sangat berbahaya, mulai saat ini ibu harus lebih teliti dalam memberikan mainan pada anak. Terlebih jika mereka masih suka memasukkan semua benda ke dalam mulutnya.

 

Referensi:

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Diakses pada 2020. Yang Harus Dilakukan Jika Anak Tersedak. 

Kidshealth.org. Diakses pada 2020. Household Safety: Preventing Choking.

Parents. Diakses pada 2020. 13 Tips To Help Prevent Kids From Choking.